Susul Harvey Weinstein, Komedian Bill Cosby Tersandung Skandal Pelecehan Seksual
zimbio/Mark Makela/Getty Images
Selebriti

Bill dijatuhi hukuman 10 tahun penjara dan bisa terbebas jika membayar jaminan sebsar Rp 13,7 miliar.

WowKeren - Dunia hiburan Hollywood kembali tercoreng. Usai sederet aktor serta produser yang terlibat skandal pelecehan seksual seperti James Franco dan Harvey Weinstein, kali ini giliran komedian Bill Cosby yang tersandung kasus serupa.

Dilansir CNN pada Jumat (27/4), Bill Cosby dinyatakan bersalah atas tuduhan pembiusan dan juga penyerangan seksual pada tahun 2004 silam. Putusan sidang atas kasus tersebut telah dibacakan pada Kamis (25/4) kemarin.

Bill sendiri hanya bisa menunduk dengan ekspresi sedih saat putusan hakim dibacakan. Sedangkan Lily Bernard dan Andrea Constand, dua dari sekian wanita yang menjadi korban Bill juga hadir dalam persidangan tersebut.

Berdasarkan putusan sidang, Bill dihukum 10 tahun penjara atas tiga tuduhan terhadap Andrea setelah sidang tiga minggu di pengadilan Montgomery County di Norristown, Pennsylvania. Hakim Steven O'Neill memutuskan bahwa Bill bisa tetap bebas dari penjara dengan membayar uang jaminan USD 1 juta (sekitar Rp 13,7 miliar) sambil menunggu hukuman.

Di sisi lain, pengacara Bill mengatakan bahwa kasus ini belumlah usai. Tanggal vonis sendiri biasanya dikeluarkan dalam waktu 60 hingga 90 hari. Seorang jaksa wilayah bernama Kevin Steele meminta agar Bill langsung dipenjarakan, karena komedian tersebut memiliki potensi untuk melarikan diri dengan pesawatnya.


Mendengar tudingan tersebut, Bill pun geram. "Aku tak punya pesawat!" kata Cosby sambil memaki dengan kata-kata kasar dalam persidangan.

Sementara itu, para wanita yang korban Bill dilaporkan terlihat saling berpelukan, menangis, dan bertepuk tangan di luar ruang sidang. "Kemenangan ini bukan hanya untuk kami yang berani maju, tapi juga untuk semua korban kekerasan seksual, laki-laki dan perempuan. Aku merasa seperti kepercayaan akan kemanusiaan sudah pulih," ujar salah satu korban tersebut.

Di sisi lain, kasus tudingan pelecehan seksual yang dilakukan Bill Cosby sebenarnya sudah muncul sejak 2005 silam. Namun kasus itu tak pernah selesai. Hingga kini, setidaknya ada 50 wanita secara terbuka yang mengaku dilecehkan secara seksual olehnya.

"Dia menggunakan selebritasnya. Dia menggunakan kekayaannya, jaringan pendukungnya untuk membantu dia menyembunyikan kejahatannya. Sekarang kita tahu siapa yang berada di belakang hal ini, siapa Bill Cosby yang sebenarnya," ungkap korban Bill yang lain.

Bill yang sedang berada di puncak popularitasnya kerap dianggap sebagai mentor untuk mereka yang hendak meniti karier. Para korban Bill yang datang kepadanya mengatakan bahwa aktor berkulit hitam tersebut memberikan pil kepada mereka. "Dia (Bill) menyebut kalau itu adalah pil relaks," kata Kelly Johnson, salah satu korban Bill.

Kelly menambahkan, dia sebenarnya pura-pura menelan pil tersebut dan disembunyikan di bawah lidahnya. Tetapi Bill mengeceknya untuk memastikan ia menelannya. Tak lama setelahnya, Kelly bangun dengan keadaan separuh sadar dan dalam kondisi setengah telanjang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru