Hati-Hati, Terlalu Banyak Duduk Ternyata Bisa Menyebabkan 7 Penyakit Ini Hingga Berujung Kematian
msn
SerbaSerbi

Tak hanya menimbulkan berbagai penyakit, terlalu banyak tetapi juga kematian lho. Penyakit apa saja ya?

WowKeren - Dalam kehidupan sehari-hari, kegiatan manusia saat ini didominasi dengan duduk. Banyak orang bekerja dengan duduk di depan komputer hingga berjam-jam. Saat di rumah pun juga menghabiskan waktu untuk duduk menonton televisi atau bermain gadget.

Tidak banyak aktivitas bergerak yang dilakukan setiap harinya. Hal tersebut rupanya berbahaya untuk tubuh. Tak hanya menimbulkan berbagai penyakit, tetapi juga kematian lho. Simak beberapa akibat yang ditimbulkan oleh terlalu lama duduk.

(wk/nris)

1. Mengakibatkan Penuaan Dini


Mengakibatkan Penuaan Dini
msn

Duduk terlalu banyak menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sindrom metabolik dan tekanan darah tinggi.

Menurut Dr. Mercola, semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk dalam sehari, akan semakin memperpendek umur seseorang. Salah satu studi mengemukakan bahwa duduk di bawah tiga jam perhari dapat meningkatkan harapan hidup seseorang selama 2 tahun.

2. Osteoporosis Bagi Lansia


Osteoporosis Bagi Lansia
msn

Penyakit lainnya karena duduk terlalu lama adalah osteoporosis. Penyakit ini biasnya menyerang orang-orang yang lebih tua.

Pencegahan osteoporosis dapat dilakukan dengan lebih sering beraktivitas. Pasalnya, hal itu dapat mengatur pemeliharaan tulang dan menstimulasi pembentukan tulang termasuk penumpukan mineral, memperkuat otot dan memperbaiki keseimbangan.

3. Hati-Hati Obesitas


Hati-Hati Obesitas
msn

Bagi seseorang yang menghabiskan waktunya untuk duduk, memungkinkan untuk bertambah berat badan. Pada suatu penelitian, beberapa orang diminta untuk mempertahankan berat badan tanpa olahraga.

Hasilnya banyak diantara mereka yang mengalami kenaikan berat badan. Sementara lainnya dapat mempertahankan berat badan karena tidak sengaja bergerak lebih banyak dalam sehari.

4. Selalu Merasa Lelah


Selalu Merasa Lelah
msn

Jika seseorang sering merasa lelah, mungkin saja itu disebabkan karena kurangnya bergerak tiap hari. Setiap orang yang berolahraga, memiliki lebih banyak energi. Bahkan seseorang dengan penyakit kanker membaik setelah mulai berolahraga dengan teratur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat mengurangi rasa lelah sebanyak 65 persen. Hal itu juga meningkatkan energi sebanyak 20 persen.

5. Terserang Penyakit Jantung


Terserang Penyakit Jantung
msn

Terlalu banyak duduk juga meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Dr. Min Lee, seorang profesor kedokteran Harvard Medical School mengatakan bahwa terlalu banyak duduk memiliki efek berbahaya pada gula dan metabolisme lemak.

Hal itu yang menyebabkan terlalu banyak duduk sangat dekat dengan resiko terkena diabetes dan penyakit jantung. Jika masih malah bergerak, siap-siap terkena penyakit ini.

6. Berbagai Jenis Kanker Juga Disebabkan Karena Terlalu Banyak Duduk


Berbagai Jenis Kanker Juga Disebabkan Karena Terlalu Banyak Duduk
msn

Penyakit kanker juga dapat terjadi karena terlalu banyak duduk. Kanker usus besar, endometrium dan paru-paru siap menyerang individu yang tidak banyak beraktivitas.

Sebuah penelitian mengamati lebih dari 4 individu dari 68,934 kasus kanker, disebabkan karena seseorang tersebut tidak memiliki aktivitas fisik yang banyak. Resiko terkena kanker semakin memburut setiap dua jam peningkatan waktu duduk.

7. Berakibat Fatal Hingga Kematian


Berakibat Fatal Hingga Kematian
msn

Terlalu banyak duduk memang dikaitkan dengan pengurangan harapan hidup seseorang. Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa seseorang yang berusia 25 tahun ke atas berkurang 22 menit harapan hidupnya setiap satu jam menonton TV.

Duduk berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolestrol. Hal tersebut yang menyebabkan seseorang terkena berbegai penyakit yang menyebabkan kematian.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait