Kelihatan Tak Berguna, 7 Anggota Tubuh Manusia Ini Ternyata Punya Fungsi Menakjubkan
SerbaSerbi

Bagian-bagian yang ada di tubuh ini ada yang merupakan sisa evolusi dan tampak seperti tak memiliki kegunaan, namun jangan salah dulu.

WowKeren - Tubuh manusia menyimpan banyak misteri. Meskipun demikian, tak berarti kita harus membiarkannya untuk tetap menjadi misteri. Sama halnya dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang Yunani kuno, kita harus mampu mengenal diri sendiri terlebih dahulu, tentu saja hal itu termasuk organ-organ tubuhmu.

Sudah tahukah kamu mengenai fungsi dari semua anggota tubuhmu? Bukan hanya yang terlihat dan sering digunakan saja, lho. Akan tetapi, juga termasuk organ-organ di dalam tubuh yang tidak bisa kita lihat.

Misalnya saja mengenai fungsi bagian berwarna merah muda di ujung matamu, atau mungkin kamu termasuk orang yang memiliki lubang kecil tambahan di telinga? Nah, sudah tahukah kamu apa fungsi anggota-anggota tubuh tersebut?

Meski terlihat tidak berguna, ternyata, beberapa anggota tubuh yang ada pada diri kita punya fungsi yang khusus dan menakjubkan, lho. Agar tak lagi bertanya-tanya, ini dia 7 anggota tubuh yang tampak tak berguna tapi sesungguhnya punya fungsi khusus yang menakjubkan.

1. 1. Sisa-Sisa DNA


1. Sisa-Sisa DNA

Dalam tubuh kita, terdapat banyak sekali DNA. Sementara itu, kamu mungkin berpikir kalau DNA-DNA tersebut tidak melakukan hal apa-apa.

DNA tersebut tidak membuat protein dan tampaknya justru membuat kita menjadi lebih rentan terhadap beberapa penyakit, tapi DNA menciptakan bagian signifikasn dari genom kita. Jika memang tidak berguna, evolusi mungkin saja sudah menghapus apa yang disebut "Junk DNA" atau sampah DNA tersebut dalam diri kita, tapi semua itu tidak terjadi. Karena apa?

Baru-baru ini, para penelliti telah menemukan apa fungsi bagian tubuh ini. Ternyata, DNA-DNA tersebut berperan penting dalam mempertahankan genom agar tetap bersama dengan cara memastikan kromosom terikat dengan benar di dalam inti sel di dalam sel kita. Tanpa fungsi tersebut, sel-sel akan mati, jadi sepertinya, sampah-sampah DNA tersebut bukanlah benar-benar sampah dan tidak berguna.

2. 2. Sel Imun


2. Sel Imun

Kita memiliki sel-sel kekebalan di dalam tubuh kita yang kita sendiri kadang tidak tahu untuk apa mereka ada. Hal itu karena limfosit yang "dibungkam" ini tampaknya hanya muncul untuk menyerang tubuh dalam penyakit autoimun. Jadi, apa sih fungsi sebenarnya dari sel-sel imun yang menjadi bagian tubuh kita?

Ternyata, sel-sel tersebut mewakili jenis kekebalan baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Mereka menyerang infeksi-infeksi berbahaya di dalam tubuh yang kerap menyamar menjadi bagian dari tubuh kita. Sebuah fungsi pertahanan yang cukup berguna untuk dimiliki, bukan?

3. 3. Usus Buntu


3. Usus Buntu

Kamu mungkin sering mendengar beberapa orang harus dioperasi lantaran terkena penyakit usus buntu. Lalu sudah tahukah kamu apa fungsi sebenarnya dari anggota tubuh tersebut selain sebagai sebuah sisa evolusi semata?

Penelitian terbaru menemukan bahwa usus buntuk mungkin memiliki peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh kita. Mereka menyimpan bakteri baik yang membantu melawan infeksi. Berguna banget, kan?

4. 4. Lubang Kecil Tambahan di Telinga


4. Lubang Kecil Tambahan di Telinga

Jika kamu perhatian bagian telingamu, kamu mungkin termasuk beberapa orang istimewa yang memiliki sebuah lubang kecil tambahan di sana. Lalu, apa sebenarnya fungsi lubang kecil yang ada di antara daun telinga dan juga sisi samping kepala tersebut?

Lubang tambahan ini disebut dengan sinus preauricular. Hanya sebagian kecil orang saja yang memilikinya. Perlu kamu tahu kalau sebenarnya bagian tubuh ini merupakan cacat lahir yang langka. Adanya lubang tambahan pada telinga tersebut pertama kali didokumentasikan oleh Van Heusinger pada tahun 1864.

Meski tampak tak memiliki fungsi dan dikenal sebagai cacat lahir langka, lubang kecil ini ternyata punya kegunaan juga. Ahli biologi evolusi, Neil Shubin dari Universitas Chicago berhipotesis bahwa lubang tersebut merupakan sisa insang ikan evolusioner. Hmm... cukup unik juga ya?

5. 5. Jari Keriput


5. Jari Keriput

Setelah lama berenang atau mungkin lama melakukan kontak dengan air, kamu mungkin sering mendapati jari-jarimu berubah keriput. Tidak jarang pula kamu bahkan seolah tak lagi merasakan kulitnya. Wah, kok bisa gitu?

Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Biology Letters pada tahun 2013, mereka menemukan bahwa objek bawah laut yang dimanipulasi jauh lebih tangkan dengan jari-jari keriput daripada tidak. Hal itu sekaligus menunjukkan bahwa fitur tersebut ada dalam tubuh untuk membuat kita lebih aman saat memegang sebuah objek ataupun berjalan di permukaan yang basah. Masuk akal, bukan?

6. 6. Bagian Merah Muda di Sudut Mata


6. Bagian Merah Muda di Sudut Mata

Jika melihat ke cermin, kamu mungkin akan mendapati sedikit jaringan konjungtiva berwarna merah muda di sudut mata. Bagian tersebut dinamakan plica semilunaris. Tahukah kamu apa fungsi bagian merah muda kecil yang ada di sudut mata itu?

Ia ternyata berfungsi sehari-hari untuk membantu drainase air mata serta mobilitas bola mata. Akan tetapi, suatu saat, membran tersebut juga akan mengecil, kita biasa sebut dengan kelopak mata ketiga.

Jika kamu memiliki kucing atau anjing, kamu mungkin juga akan melihat anggota tubuh ini. Manusia dan sebagian primata lainnya tidak membutuhkan fitur ini lagi. Oleh karena itu, bagian tubuh tersebut berevolusi meski kita masih memiliki sebagian jaringannya.

7. 7. Interstitium


7. Interstitium

Tanpa kita sadari, kita punya organ yang melilit organ kita yang lain. Ya, organ yang baru dikalsifikasikan tersebut bernama interstitium.

Sebelumya, para ilmuwan menganggap organ tersebut hanya merupakan organ biasa saja yang bertujuan untuk mengisi ruang di antara organ-organ kita yang lain. Namun, interstitium ini sebenarnya diisi cairan dan didukung oleh kisi kolagen yang membantu kita dari guncangan eksternal saat bergerak. Mereka bekerja sama persis seperti bantalan udara dalam sepatu.

Loading...

You can share this post!

Related Posts