Jadi Sarang Bakteri Berbahaya, Jangan Pernah Pesan 8 Makanan Ini di Restoran!
SerbaSerbi

Banyak penyakit bisa disebabkan oleh beberapa makanan yang harusnya tidak kamu pesan dan makan di restoran berikut ini.

WowKeren - Berwisata kuliner menjadi favorit semua orang. Bahkan, berwisata kuliner telah menjadi gaya hidup modern. Terbukti, banyak restoran bermunculan. Orang-orang juga semakin rajin membagikan foto dan cerita mereka saat menyantap sebuah hidangan di restoran.

Meskipun berwisata kuliner bukanlah hal yang sepenuhnya buruk, ada hal lain yang membuatnya menjadi sebuah bencana. Apa itu? Kebersihannya.

Beberapa makanan di restoran rupanya bisa menjadi sarang bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Jika dikonsumsi, bukan tidak mungkin kamu akan te

Seberapa lama sebuah botol saus sudah ada di meja restoran? Seberapa segar ikan-ikan yang kamu santap di restoran seafood? Jangan sampai makanan-makanan tersebut justru membuatmu malah berakhir di rumah sakit.

Jangan sampai salah memesan, apa saja makanan-makanan yang bisa berpotensi menjadi sarang bakteri? Ini dia daftarnya.

1. 1. Garnish di Minuman


1. Garnish di Minuman

Seorang koki pribadi sekaligus pendiri Migh Be Vegan, Kimberly Barnes, merekomendasikan kita untuk menghindari memakan hiasan-hiasan yang ada di minuman. Meskipun hiasan-hiasan tesebut merupakan benda yang bisa dimakan, misalnya irisan jeruk, strawberry dan dedaunan lain, sebaiknya tak kita sentuh.

Alasannya mungkin akan cukup mengejutkanmu. Sebuah studi mengatakan bahwa 76 lemon di 21 restoran yang berbeda di The Journal of Environmental Health menemukan bahwa 53 dari hiasan tersebut mengandung mikroba. Beberapa bahkan mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli.

2. 2. Kecambah Mentah


2. Kecambah Mentah

Kecambah mentah mungkin sudah sangat akrab kamu dapati di berbagai restoran vegan dan juga Asia untuk sandwich ataupun menambah kerenyahan pada salad. Hmm... tapi rupanya memesan dan memakannya di restoran secara mentah juga harus mulai kamu hentikan.

Menurut Barnes, suhu lembap yang dibutuhkan untuk menumbuhkan kecambah tersebut juga bisa menjadi sarang bakteri berkembang biak. Bakteri-bakteri seperti Salmonella, Listeria, dan juga E. coli bisa tumbuh subur di sana. Bahaya banget kan?

3. 3. Tap Water


3. Tap Water

Barnes juga mewanti-wanti mengenai air keran yang ada di sebuah restoran. Ia menyarankanmu untuk tetap membeli air minum dalam kemasan meski mungkin harganya akan lebih mahal.

Air keran masih bisa mengandung sejumlah kecil kontaminan berbahaya. Zat-zat seperti timbal, klorin, merkuri, dan herbisida masih bisa tersisa meski sudah melalui proses penyaringan.

4. 4. Tiram dan Ayam Mentah


4. Tiram dan Ayam Mentah

Tiram merupakan salah satu pilihan paling berisiko di menu makanan restoran seafood terbaikpun. Binatang ini merupakan pembawa dua penyakit bawaan penyakit yang disebabkan oleh makanan, yakni Norovirus dan juga Vibrio. Jika kamu pernah mendengar berita mengenai bakteri pemakan daging, itulah Vibrio.

Sementara pada ayam mentah yang sedang menjadi tren dengan kudapan ayam sashimi, kamu juga harus berhat-hati. Berbeda dengan sashimi dari ikan yang kebanyakan aman dimakan secara mentah, sedikit rebusan saja pada daging ayam tidak akan membunuh Salmonella yang bersarang di sana.

5. 5. Jus Buah Segar yang Baru Diperas


5. Jus Buah Segar yang Baru Diperas

Jika kamu mempertimbangkan hal ini sebagai pilihan menumu di sebuah restoran, kamu mungkin harus berpikir ulang. Sama seperti memakan hiasan di minuman, memesan jus buah segar yang baru diperas bisa juga berbahaya.

Tak seperti jus yang sudah dipasteurisasi, jus buah yang baru saja diperas bisa saja penuh dengan bakteri. Jadi, kamu mungkin bisa berpikir kembali untuk memilih menenggak jus yang baru saja diperas ini.

6. 6. Produk Olahan Tepung Mentah


6. Produk Olahan Tepung Mentah

Beberapa restoran pizza akan memberi pelanggan mereka adonan pizza untuk dimanikan dan membuat pizza mereka sendiri. Akan tetapi, bakteri berbahaya pada adonan itu juga harus kamu perhatian.

Produk tepung mentah bisa saja membawa wabah E.coli. Hal itu karena produk tepung mentah belum dibuat untuk membunuh bakteri-bakteri yang berbahaya. Bermain atau menangani adonan mentah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang dibawa oleh makanan.

Selain itu, telur dalam adonan mentah juga mungkin saja mengandung Salmonella. Jadi, pastikan bahwa makanan apapun yang kamu pesan di restoran dan mengandung adonan dan telur telah ditangaani dengan hati-hati dan juga dimasak.

7. 7. Jangan Makan Ikan di Hari Senin


7. Jangan Makan Ikan di Hari Senin

Chef Anthony Bourdain memberikan peringatan bagi kamu yang suka mengunjungi restoran makanan laut di hari senin. Ia mengatakan kemungkinan bahan-bahan yang sudah tidak segar dan bahkan sudah disimpan selama 3 hari.

Anthony menyatakan bahwa kebanyakan pasar ikan akan tutup di akhir pekan. Hal itu berarti tidak akan ada hidangan laut segar hingga hari senin. Oleh karena itu, kemungkinan besar, hidangan yang dipesan di hari Senin berasal dari sisa bahan dari minggu sebelumnya.

8. 8. Saus di Meja


8. Saus di Meja

Dari sekian banyak bumbu-bumbu tambahan yang ada di restoran, salah satu yang benar-benar harus kamu hindari adalah saus. Bumbu tambahan yang biasanya disajikan dalam sebuah botol kaca dan disiapkan di atas meja restoran tersebut bisa menjadi sarang dari bakteri berbahaya.

Selain itu, kamu mungkin juga tidak tahu sejak kapan saus itu berada di meja. Jangan-jangan, saus tersebut sudah dibiarkan terbuka sejak beberapa bulan yang lalu dan dipenuhi bakteri-bakteri yang tak bisa kamu lihat.

Loading...

You can share this post!

Related Posts