Marak Kecurigaan Sajaegi di Industri K-Pop, Bos JYP Entertainment Beri Tanggapan
Musik

Park Jin Young mengungkap beberapa agensi lain tengah meminta Kementrian terkait melakukan penyelidikan.

WowKeren - Industri musik K-Pop saat ini tengah diguncang dengan maraknya kecurigaan kasus sajaegi (manipulasi chart digital). April lalu, publik dibuat geger dengan posisi pertama yang diraih lagu "Pass" Nilo di chart musik padahal saat itu grup-grup besar K-Pop juga sedang comeback.

Kini, kecurigaan kembali timbul pada lagu "Way Back Home" Shaun yang belum lama ini mendadak menguasai chart musik. Shaun bahkan sukses mengalahkan Black Pink dan Twice yang baru saja comeback.

Melihat berbagai kecurigaan ini, bos JYP Entertainment yakni Park Jin Young pun ikut memberikan tanggapan. Ia mengungkap jika dirinya dan beberapa agensi lain tengah meminta Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata untuk segera melakukan investigasi agar kecurigaan ini tak berlarut-larut.

공정한 경쟁과 평가는 어느 분야가 발전하는데 초석이 됩니다. 최근 음원순위 조작에 관한 의혹들이 제기되어 의혹을 제기하는 분들과 또 의혹을 받는 분들 모두 힘든 시간을 보내고 있습니다. 이미 유관부서인 문화체육관광부에 조사를 의뢰한 회사도 있는 걸로 알고 있습니다. 저희 또한 , 업계의 여러 회사들과 이 문제에 대해서 논의를 마치고 문화체육관광부, 공정거래위원회에 우선 조사를 의뢰하고 추가 결과에 따라 검찰에도 이 문제를 의뢰할 계획입니다. 제기되고 있는 의혹들이 명백히 밝혀져 하루빨리 아티스트들과 회사들이 본래의 업무에 집중할 수 있게 되기를 바랍니다. Fair competition and evaluation is the cornerstone for any industry. Recently there are suspicions regarding music chart fabrication and it's hurting all parties related to it. We heard there're already requests made to the Ministry of culture, sports and tourism by another company. We are currently discussing this matter with other companies and planning to request investigations to the Ministry of culture, sports and tourism and the KFTC. Depending on the result we are planning to take this to the prosecutors' office. Hope these suspicions get cleared so we can all go back to our real job.


Sebuah kiriman dibagikan oleh J.Y. Park (@asiansoul_jyp) pada

"Kompetisi dan evaluasi yang adil adalah landasan bagi industri apapun. Baru-baru ini, kecurigaan manipulasi chart digital (sajaegi) tengah marak dan mereka yang membuat kecurigaan serta mereka yang menerima kecurigaan mengalami kesulitan karena hal itu," tulis Park Jin Young.

"Kami mendengar bahwa ada perusahaan yang sudah meminta Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata untuk menyelidiki. Kami juga mendiskusikan masalah ini dengan beberapa agensi dan merencanakan untuk meminta investigasi dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata dan Komisi Keadilan Perdagangan Korea," imbuh Park Jin Young.

"Berdasarkan hasilnya, kami berencana membawa masalah ini ke kejaksaan. Kami berharap kecurigaan yang marak ini akan terselesaikan sehingga para musisi dan agensi akan lebih fokus pada tugas utama mereka," tutup Park Jin Young.

(wk/amal)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait