6 Manfaat Menakjubkan Durian untuk Kesehatan Hingga Kecantikan
Gettyimages
Health

Menjadi raja dari segala buah, durian tak hanya diminati karena rasanya tapi juga menyimpan segudang manfaat.

WowKeren - Mendengar kata "Durian", apa yang kemudian terlintas di pikiranmu? Selain bentuk buahnya yang istimewa penuh dengan duri, kamu mungkin juga sempat memikirkan mengenai baunya yang menyengat.

Akan tetapi, tahukah kamu di balik baunya yang menyengat dan banyak tidak disukai orang tersebut, durian menyimpan segudang manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, lho. Durian ternyata juga bermaanfaat untuk kesehatan mental hingga kecantikan.

Rupanya, julukan "Raja dari Segala Buah" yang disematkan pada buah durian memang bukan tanpa alasan, ya? Lalu, apa saja sih manfaat buah yang banya ditemukan di negara-negara di Asia Tenggara ini? Ini dia daftarnya.

(wk/silm)

1. Punya Segudang Nutrisi


Punya Segudang Nutrisi
Gettyimages

Durian merupakan tablet multivitamin alami yang bisa kamu konsumsi. Buah ini diperkaya dengan zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, potasium dan serat makanan.

Durian memiliki semua nutrisi yan dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhmu. Buah ini juga bisa meningkatkan pembentukan sel darah merah dalam tubuhmu. Hebatnya lagi, durian pun diketahui bisa membuat kulitmu lebih sehat.

2. Bantu Buat Tidur Lebih Berkualitas


Bantu Buat Tidur Lebih Berkualitas
Gettyimages

Makan durian benar-benar bisa meningkatkan kualitas tidurmu. Durian mengandung tryptophan, yakni sejenis asam amino yang membantu meningkatkan kadar hormon melatonin dalam tubuhmu.

Nah, semakin tinggi kadar melatonin dalam tubuhmu, maka akan semakin mudah bagimu untuk tertidur pulas. Jika kamu menderita insomnia, mungkin kamu bisa coba mengakalinya dengan durian.

3. Durian Meningkatkan Energi Tubuh Secara Alami


Durian Meningkatkan Energi Tubuh Secara Alami
Gettyimages

Jika kamu termasuk penggemar durian, maka lupakan semua minuman peningkat energi lainnya. Durian diketahui mampu meningkatkan energi tubuh secara alami.

Buah ini mengandung sejumlah besar karbohidrat. Mengonsumsinya akan membantu meningkatkan energi dalam sekejap saja.

4. Durian Bisa Membuatmu Sangat Bahagia


Durian Bisa Membuatmu Sangat Bahagia
Gettyimages

Tak hanya bisa membantu meningkatkan kesehatan fisikmu saja, durian juga berperan untuk kesehatan mentalmu. Jika kamu mendapati dirimu merasa bahagia usai memakan durian hari ini, bisa jadi memang disebabkan karena durian itu sendiri.

Hal itu terjadi bukan tanpa alasan. Daging buah durian diketahui mengandung zat kimia yang merangsang serotonin neurotransmitter yang menghasilkan perasaan relaksasi dan kebahagiaan.

5. Membantu Mengontrol Tekanan Darah dan Tingkat Kolesterol


Membantu Mengontrol Tekanan Darah dan Tingkat Kolesterol
Gettyimages

Buah durian merupakan sumber potasium yang baik. Hal itu dapat membantumu menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Mengonsumsi durian secara teratur juga bisa mencegah hipertensi dan penyakit lain yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, durian juga sebenarnya bebas dari kolesterol. Buah ini juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bermanfaat banget, kan?

6. Mencegah Penuaan Dini


Mencegah Penuaan Dini
Gettyimages

Kabar paling baik dari makan durian adalah bahwa buah itu bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Loh kok bisa?

Durian mengandung sejumlah antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika radikal bebas tersebut dapat ditangkal, maka tubuhmu akan terhindar dari keriput, rambut rontok, gigi keropos, dan beberapa penyakit lain yang menyebabkan wajahmu terlihat cepat tua.

Bagaimana? Sudah lebih bahagia kan mengetahui bahwa raja dari segala buah ini memang punya manfaat yang menakjubkan untuk tubuh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru