Zumi Zola Pernah Pecat Kepala Dinas Gara-Gara 'Setoran' Kurang, Netter Murka
Instagram/zumizolazulkifliforjambi
Selebriti

Jaksa menyebutkan bahwa 'setoran' tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan Zumi Zola dan keluarga.

WowKeren - Sidang dakwaan atas Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Kamis (23/8). Dalam sidang tersebut terungkap sejumlah fakta yang mengejutkan. Diantaranya adalah fakta bahwa Zumi Zola pernah memecat Kepala Dinas (Kadis) lantaran "setoran" fee proyek kurang.

Sejak dilantik, Zumi Zola meminta orang kepercayaannya untuk mengumpulkan uang demi kebutuhan pribadi dan keluarga. Hal tersebut diungkap oleh Jaksa dalam surat dakwaan yang dibacakan pada sidang kemarin. Jaksa menyebutkan dua nama timses sekaligus asisten pribadi Zumi Zola yang ditunjuk untuk mengumpulkan "setoran".

"Terdakwa diangkat dan dilantik sebagai Gubernur Jambi periode 2016-2021," kata Jaksa kepada KPK saat sidang. "Terdakwa setelah dilantik kemudian memerintahkan Apif Firmansyah dan Asrul Pandapotan selaku timses Pilgub Jambi sekaligus sebagai asisten pribadi terdakwa untuk mengumpulkan dana untuk memenuhi kebutuhan terdakwa serta keluarganya."


Zumi Zola Pernah Pecat Kepala Dinas Gara-Gara \'Setoran\' Kurang, Netter Murka

Source: Instagram

Disebutkan dalam dakwaan bahwa Zumi Zola menerima uang gratifikasi melalui Apif Firmansyah sebanyak Rp 34,6 miliar. Melalui Asrul Pandapotan Rp 2,77 miliar dan sejumlah uang USD 147300 serta 1 mobil Toyota Alphrad. Zumi juga menerima pemberian melalui Arfan Rp 3,06 miliar dan USD 30 ribu serta SGD 100 ribu yang berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

Dalam dakwaan tersebut, Jaksa menyebutkan bahwa Zumi Zola memberhentikan Arfan dari jabatan Kabid Binamarga Dinas PUPR pada November 2016 lantaran "setoran" kurang. "Karena terdakwa (Zumi Zola) kecewa fee proyek yang dikumpulkan tidak memenuhi target," ujar Jaksa. Fakta ini menjadi bahasan hangat usai dibagikan ulang oleh akun gosip @mami.gosip.

Sejumlah netter murka saat mengetahui soal fakta tersebut. "Luar biasaa.... dibalik wajah kalem ternyata... astaghfirullah, teganya mengkhianati kepercayĆ an rakyat n menafkahi keluarga dg uang haram," kata netter. "Muka ganteng hati setan... Di pengaruhi ketamakan dan kerakusan," seru lainnya. "Gak nyangkaaaa," celetuk lainnya kecewa. "Gile! Ini baru korupsi ... silakan nikmatin kerak neraka," timpal akun @kultxxxx.

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru