Bukan 'Avengers: Infinity War', Marvel Lebih Jagokan 'Black Panther' Jadi Jawara Oscar
The Mary Sue
Film

Marvel rela lakukan hal ini agar 'Black Panther' memenangkan piala Best Picture di Oscar.

WowKeren - Marvel Studios diketahui merilis tiga film sekaligus di tahun 2018 ini. Mulai dari "Black Panther, "Avengers: Infinity War", serta yang terakhir adalah "Ant-Man and The Wasp".

Dirilis dalam waktu yang berdekatan, bisa dibilang ketiga film tersebut menjadi ujung tombak bagi Marvel untuk meraup untung berlebih di paruh pertama 2018. Meski demikian, tak bisa dipungkiri jika performa "Black Panther" lebih menonjol dibandingkan dua film lainnya. Meskipun sebelumnya "Avengers: Infinity War" lah yang digadang-gadang bakal menjadi blockbuster tahun ini.


Bicara mengenai "Black Panther", bukan rahasia lagi jika film yanng dibintangi oleh Chadwick Boseman itu mendulang kesuksesan besar sejak dirilis pada bulan Februari lalu. Bahkan film garapan Ryan Coogler tersebut tercatat hampir meraup keuntungan hingga USD 1 miliar (sekitar Rp 146 triliun) secara global.

"Black Panther" juga menuai pujian dan kritik positif dari berbagai pihak lantaran sukses menyuguhkan narasi yang luar biasa dan memberikan pesan moral yang merefleksikan kondisi masyarakat. Oleh karenanya, tak heran jika film superhero kulit hitam pertama tersebut digadang-gadang layak untuk masuk nominasi Best Picture piala Oscar.

Tentunya jika hal ini terjadi, "Black Panther" akan menjadi film superhero pertama yang masuk nominasi Best Picture. Selain Oscar, beberapa penghargaan bergengsi yang akan diselenggarakan musim gugur tahun ini pun sepertinya juga akan menyertakan "Black Panther" sebagai kandidat kategori film terbaik.

Sebenarnya, selama beberapa tahun terakhir Oscar memang tidak pernah memberikan kesempatan bagi film-film populer bertemakan superhero untuk meraih penghargaan tertinggi. Namun beberapa waktu lalu, pihak The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Academy Awards atau Oscar baru saja menambah kategori baru untuk penghargaan Oscar tahun depan.

Pihak Academy telah resmi menambahkan kategori bertajuk "Best Achievement in Popular Film". Ini berarti, kategori terbaru itu akan memberikan penghargaan kepada film-film super populer. Maksudnya adalah film-film yang terkenal di kalangan penonton dan memang pantas untuk mendapatkan piala tertinggi industri perfilman tersebut.

Melihat kesempatan tersebut, Kevin Feige selaku presiden Marvel Studios pun tak menyia-nyiakannya. Bahkan Kevin merekrut penyiasat Oscar, Cynthia Swartz untuk melakukan kampanye yang akan menyoroti "prestasi kreatif film dan dampak global yang dibuatnya".

Menurut Kevin, "Black Panther" layak masuk nominasi Best Picture karena keunikan dan visi dari Ryan Coogler dalam menggarap film tersebut. Selain Best Picture, seharusnya beberapa kategori juga memasukkan "Black Panther" dalam nominasi. Misalnya nominasi Best Supporting Actor untuk Michael B. Jordan karena sukses memerankan karakter Erik Killmonger dan dianggap sebagai villain terbaik di jagat MCU.

Terlepas dari hal tersebut, voting untuk nominasi Oscar sendir akan dibuka pada 7 Januari 2019 dan ditutup tujuh hari kemudian. Sedangkan daftar lengkap nominator akan diumumkan pada 22 Januari mendatang.

You can share this post!

Related Posts
Loading...