Waspada, 10 Tanda-Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui
medicalnewstoday
Health

Gejala diabetes tidak hanya dikenal dari rasa lapar dan haus yang berlebihan, luka yang sulit sembuh, penurunan berat badan dan infeksi jamur. Masih banyak tanda-tanda yang jarang diketahui orang. Cari tahu di sini, yuk.

WowKeren - Diabetes merupakan penyakit yang mempengaruhi banyak organ dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi pada penderita diabetes menyebabkan banyak komplikasi lainnya. Sebut saja organ jantung, ginjal, mata, pembuluh darah bahkan sistem saraf dapat terganggu karena penyakit ini.

Penyakit diabetes melitus dikenal juga dengan nama kencing manis. Kondisi masalah pada gula darah ini disebabkan karena beberapa hal yakni kurangnya produksi insulin oleh pankreas, kurangnya respon tubuh terhadap insulin dan adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin.

Memangnya apa sih insulin itu? Insulin merupakan hormon alami yang diproduksi pankreas yang berguna agar tubuh dapat mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh. Jika produksi insulin berkurang, maka gula dalam darah tidak terkontrol dan menyebabkan diabetes.


Untuk dapat mengontrol gula darah dalam tubuh, penderita diabetes dapat melakukan beberapa cara. Yang pertama adalah dengan mengurangi asupan gula ke dalam tubuh. Jadi kerja insulin yang sedikit tadi menjadi lebih mudah. Selain itu, suntik insulin juga menjadi solusi penyakit satu ini.

Lalu, bagaimana cara mengetahui seseorang menderita diabetes? Tanda-tanda penyakit ini tidak hanya dikenal dari rasa lapar dan haus yang berlebihan, luka yang sulit sembuh, penurunan berat badan dan infeksi jamur. Masih banyak gejala lain yang kadang tidak kita sadar.

Berikut terdapat 10 tanda-tanda diabetes yang jarang diketahui. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Napas yang Manis dan Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Diabetes


Napas yang Manis dan Bau Mulut Bisa Jadi Tanda Diabetes
medicalnewstoday

Gejala yang mudah diketahui adalah dengan bau napasnya. Beberapa penelitian menyebutkan, penderita diabetes memiliki aroma napas yang "manis". Aroma napas dapat tercium manis dikarenakan tingginya kadar gula dalam darah.

Selain itu, ketika tubuh tidak dapat membuat insulin, sel-sel tidak dapat menerima glukosa yang mereka butuhkan untuk dijadikan energi. Untuk mengimbanginya, tubuh akan membakar lemak. Pembakaran lemak tersebut menghasilkan keton yang menumpuk dalam darah dan urine. Tingginya keton ini sering menyebabkan bau mulut pada penderita diabetes.

2. Buang Air Kecil Jadi Tak Terkontrol Akibat Gula Darah Tinggi


Buang Air Kecil Jadi Tak Terkontrol Akibat Gula Darah Tinggi
livescience

Tanda-tanda kalian mengidap diabetes adalah intensitas buang air kecil yang meningkat. Hal ini terjadi bahkan pada malam hari. Tingginya kadar gula dalam darah dan rendahnya insulin memicu ginjal untuk mengeluarkannya lewat urine.

Hal ini yang membuat penderita diabetes memiliki kebiasaan buang air kecil lebih sering. Kondisi tersebut akan membuat kalian mudah sekali haus karena kehilangan banyak cairan.

3. Penderita Diabetes Bisa Mengalami Rambut Rontok


Penderita Diabetes Bisa Mengalami Rambut Rontok
momjunction

Jika kalian mengalami kerontokan rambut disertai dengan gejala diabetes lain, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, penderita diabetes dengan aterosklerosis mungkin juga mengalami rambut rontok atau rambut menipis.

Hal tersebut terjadi karena ada penebalan dinding pembuluh darah arteri yang sempit ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Pembuluh darah sempit menandakan kurangnya oksigen, yang menyebabkan gejala seperti kehilangan rambut dan kulit mengkilap dan menebal. Rambut rontok tidak hanya terbatas pada satu area tertentu dari tubuh.

4. Penglihatan Menurun Karena Gula Darah Tinggi


Penglihatan Menurun Karena Gula Darah Tinggi
healthline

Penderita diabetes biasanya mengalami masalah pada kesehatan mata. Kadar gula yang tinggi menyebabkan cairan alami mata meresap ke dalam lensa sehingga menyebabkan mata bengkak. Hal itu berangsur-angsur akan mengubah bentuk lensa mata dan membuatnya kehilangan fokus.

Hal itu bisa saja terjadi tiba-tiba ketika gula darah sedang tinggi. Mata bisa saja normal kembali seiring turunnya gula darah. Selain itu, kondisi gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan protein di dalam lensa mata yang menimbulkan katarak.

5. Penglihatan Tiba-Tiba Menjadi Jelas


Penglihatan Tiba-Tiba Menjadi Jelas
sagacity-ministries

Tidak hanya penglihatan yang menurun, kalian juga patut curiga jika pandangan mata tiba-tiba menjadi jelas atau normal. Karena hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa kandungan gula dalam darah kalian sedang meningkat drastis. Rupanya, hal itu disebabkan karena kadar cairan di dalam tubuh berpindah termasuk di bagian mata yang berujung pada penglihatan tak menentu.

6. Timbulnya Bercak Cokelat di Kulit Merupakan Gejala Diabetes


Timbulnya Bercak Cokelat di Kulit Merupakan Gejala Diabetes
agoramedia

Pembuluh darah dapat rusak karena kadar gula yang tinggi, termasuk yang berada di bawah kulit. Rusaknya pembuluh darah menyebabkan timbulnya berbagai masalah kulit seperti sisik atau bintik cokelat kemerahan di ketiak, selangkangan atau leher.

7. Gejala Diabetes Bisa Dikenali Dari Rasa Gatal Berlebihan


Gejala Diabetes Bisa Dikenali Dari Rasa Gatal Berlebihan
shape

Jika kalian merasakan gatal tanpa henti di area kulit tanpa penyebab yang pasti, sepertinya kalian harus berhati-hati karena bisa menjadi gejala terkena diabetes. Hal itu merupakan reaksi alergi pada beberapa orang ketika gula darah sedang tinggi. Segera periksakan diri ke dokter jika rasa gatal tersebut berlebihan.

8. Biasanya Penderita Diabetes Cepat Merasa Lelah


Biasanya Penderita Diabetes Cepat Merasa Lelah
wired

Rasa lelah sering kali dirasakan oleh penderita diabetes. Kelelahan merupakan efek samping dehidrasi. Intensitas buang air kecil yang meningkat, terutama pada malam hari dapat membuat penderita menjadi kurang tidur dan lemas. Kinerja tubuh keesokan harinya juga bisa berkurang.

9. Sering Merasa Kesemutan Mungkin Tanda Kalian Menderita Diabetes


Sering Merasa Kesemutan Mungkin Tanda Kalian Menderita Diabetes
sdneuropathy

Bagi kalian yang sering merasakan kesemutan atau kebas pada bagian kaki, jangan salah menyangka hal itu karena asam urat. Pada beberapa kasus, penderita diabetes kerap merasakan hal yang sama, terutama pada kaki dan persendian. Kesemutan terjadi karena kerusakan pada serabut saraf.

10. Warna Alis yang Tetap Hitam Pada Penderita Diabetes


Warna Alis yang Tetap Hitam Pada Penderita Diabetes
mentalfloss

Mungkin kalian tidak menyangka bahwa warna alis bisa menjadi tanda diabetes. Jika sebagian rambut di tubuh memutih atau mulai beruban, namun warna alis tetap gelas, kalian wajib waspada akan hal itu. Segera periksakan kadar gula darah. Karena kadar gula darah yang meningkat menghambat proses rambut alis yang mulai memutih.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru