7 Kebiasaan Mudah Agar Kulit Terlihat Cerah
lamdepantoan.org
Lifestyle

Ingin kulit terlihat lebih cerah tanpa harus ribet dan mahal? Segera jadikan 7 kegiatan ini sebagai rutinitas wajibmu.

WowKeren - Memiliki kulit yang cerah dan bersinar sudah menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun, seringkali orang-orang merasa kesulitan untuk mendapatkannya secara alami. Oleh karena itu, mungkin banyak yang akhirnya memutuskan untuk melakukan serangkaian perawatan mahal.

Padahal, kulit yang sehat dan cerah bisa banget didapatkan hanya dari beberapa kebiasaan mudah, lho. Ya, dengan rutin melakukan beberapa kebiasaan mudah ini, kamu sudah bisa mendapatkan kulit cerah yang menawan.

Apa saja sih kebiasaan mudah yang mampu mencerahkan kulitmu ini? Ayo segera ketahui di sini.

(wk/silm)

1. Cuci Muka Dua Kali Sehari untuk Cerahkan Wajah


Cuci Muka Dua Kali Sehari untuk Cerahkan Wajah

Malas mencuci muka usai menggunakan make up di ujung hari sudah jadi masalah lama bagi para wanita. Ya, saat sudah lelah, kita sering kali akan langsung menuju tempat tidur tanpa menghapus make up terlebih dahulu. Padahal, hal itu sangat buruk bagi kulit.

Ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat kulitmu tidak terlihat cerah. Sebagai solusinya, sebaiknya kamu terapkan kebiasaan mudah untuk mencuci muka dua kali sehari. Tetap merasa malas? Tenang, masih ada solusinya.

Jika kamu sering melewatkan rutinitas mencuci bersih mukamu sebelum tidur, kamu bisa mengatasinya dengan micellar water. Sediakan micellar water dan beberapa kapas di samping tempat tidurmu. Jika kamu malas untuk mencuci muka, kamu bisa dengan segera tetap membersihkan make up dengan produk ampuh tersebut.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah


Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan bukan hanya baik untuk kesehatan secara umum. Rajin memberikan asupan bagi tubuh yang berasal dari bahan-bahan alami juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah.

Masyarakat belakangan ini banyak sekali mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani. Padahal, makanan yang bersumber dari produk hewani bisa membuat manusia lebih rentan terkena peradangan hingga penuaan dini.

Untuk itu, beralih ke pola makanan yang berfokus pada tanaman akan membuat kesehatan kulit lebih stabil. Dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah, kulit akan terlihat lebih cerah dan jauh dari peradangan, noda, danjuga iritasi.

Banyak mengonsumsi buah dan sayur juga akan membuat kulit terasa lebih lempab. Kandungan baik dalam sayur dan buah juga akan melindungi kulit dari radikal bebas dan polutan.

3. Rutin Melakukan Pijat Drainase Limfatik


Rutin Melakukan Pijat Drainase Limfatik

Tak hanya untuk tubuh, sistem limfatik juga penting untuk kulit yang cerah. Sistem limfatik akan memompa semua limbah metabolik yang ada dalam sel-sel tubuh. Kabar buruknya, sistem limfatik yang melambat inilah yang akan berpengaruh dalam kecerahan kulitmu.

Banyak efek-efek buruk yang akan muncul pada tubuh jika sistem lifatikmu melemah, beberapa di antaranya adalah kantung mata dan lingkaran hitam yang memburuk. Sebagai solusinya, kamu bisa melakukan pijat drainase limfatik dengan lebih rutin.

Untuk melakuan pijat drainase limfatik ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit saja. Mudah bukan? Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Mulai di titik tengah dahi dan gerakkan jari-jarimu dengan lembut ke pelipis, kemudian turun di depan telinga, di atas rahang, dan ke bawah leher. Ulangi tiga kali. Setelah itu, dengan menambahkan krim mata, jalankan jari-jari tangan di atas mata dan keluar ke arah pelipis dan bawah wajah. Jika sudah, lakukan hal yang sama di bawah mata. Ulangi ini tiga kali juga. Untuk tahap akhir, mulailah di depan setiap telinga dan jalankan jari-jari tangan ke bawah rahang dan leher Anda. Ulangi tiga kali, dan selesai.

4. Perbanyak Minum Air Putih dan Air Perasan Jeruk Lemon


Perbanyak Minum Air Putih dan Air Perasan Jeruk Lemon

Memperbanyak minum air putih menjadi kebiasaan wajib selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk kulit tampak cerah. Air putih akan membantumu membuang zat-zat yang buruk dalam tubuh. Hal itu juga termasuk kotoran-kotoran yang menempel pada wajah dan membuatnya kusam. Selain itu, memperbanyak mengonsumsi air putih juga sangat bagus untuk melancarkan sistem metabolisme. Semakin lancar metabolisme dalam tubuh, maka semakin cerah pula kulitmu.

Selain air putih, kamu juga bisa menambah kebiasaan untuk mengonsumsi air perasan jeruk lemon. Kandungan antioksidan dalam jeruk lemon bisa membantu tubuh menangkal radikal bebas yang membuat kulit tampak kusam. Lihat manfaat minum air perasan jeruk lemon tiap bangun tidur di sini.

5. Cukupkan Waktu Tidur


Cukupkan Waktu Tidur

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu kebiaasaan yang wajib yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang cerah. Jumlah tidur yang disarankan bagi orang dewasa berkisar antara 7 hingga 8 jam sehari. Jika kurang dari itu, kamu bisa mendapatkan serangkaian masalah, termasuk kulit kusam dan juga mata panda.

Pada saat tidur, kulit akan melakukan proses regenerasi untuk membuatnya terlihat lebih cerah dan segar di pagi hari. Oleh karena itu, waktu tidur yang kurang akan mengganggu proses tersebut. Jadi, usahakan jangan suka begadang untuk bisa punya kulit yang cerah alami, ya.

6. Rajin Menggunakan Masker


Rajin Menggunakan Masker

Selain perawatan dari dalam, untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah alami, kamu juga harus melakukan perawatan dari luar. Salah satunya adalah dengan rajin menggunakan masker. Kebiasaan rutin untuk mengaplikasikan masker ini akan membuat kulit wajah yang sehat akan semakin bersinar.

Tidak perlu masker yang macam-macam, beberapa masker dari bahan alami juga bisa membantu mencerahkan kulit yang kusam. Malahan beberapa masker alami untuk wajah cerah ini bisa kamu buat sendiri, lho.

7. Jangan Lupa Pakai Tabir Surya


Jangan Lupa Pakai Tabir Surya

Satu kebiasaan penting yang masih banyak diabaikan untuk mendapatkan kulit cerah adalah rajin menggunakan tabir surya. Padahal, kebiasaan ini sangat penting, lho. Bukan hanya akan membuat wajahmu tampak lebih cerah, memakai tabir surya juga melindungimu dari bahaya radiasi sinar matahari.

Sinar matahari yang membakar dan merusak jaringan akan membuat kulit tampak lebih kusam. Dengan konsisten menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan, kamu akan mendapatkan kulit cerah alami dan juga sehat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru