8 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih Secara Cepat
Health

Mengatasi infeksi saluran kemih tak harus pergi ke dokter. 8 bahan alami ini juga ampuh untuk mengatasinya.

WowKeren - Infeksi saluran kencing (ISK) merupakan infeksi bakteri yang menyerang daerah saluran kemih pada tubuh. Penyakit ini terjadi karena kuman masuk ke dalam saluran kemih dan bergerak menuju uretra.

Penderita infeksi saluran kemih biasanya merasakan sakit saat sedang mengeluarkan urin. Penderita juga mengalami gejala lain seperti selalu merasa ingin kencing, air seni berwarna keruh atau terdapat darah, perut bawah di sekitar kemaluan terasa kram, demam dan sakit pada punggung.


ISK sendiri disebabkan oleh gaya hidup yang tidak baik. Bakteri dapat masuk ke dalam saluran kemih tentunya karena penderita tidak membersihkan alat kelamin dengan benar. Penyakit ini bisa juga disebabkan karena kurang minum air putih sehingga penderita jarang membuang air kecil dan urin menjadi pekat. Selain itu, seks bisa jadi salah satu penyebabnya, lho. Biasanya terjadi karena wanita tidak membuang air kecil sesudah melakukan hubungan seksual.

Untuk menyembuhkan infeksi saluran kencing, terdapat 8 bahan alami yang ampun banget, nih. Simak bersama di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Konsumsi Air Putih yang Banyak Agar Infeksi Saluran Kemih Dapat Sembuh


Konsumsi Air Putih yang Banyak Agar Infeksi Saluran Kemih Dapat Sembuh

Sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu penyebab timbulnya infeksi saluran kemih adalah karena konsumsi air putih yang sedikit. maka, untuk mengatasi penyakit tersebut kalian dapat menambah asupan air mineral setiap hari.

Mengonsumsi delapan hingga 10 gelas air putih per hari dapat membentuk menghilangkan bakteri melalui urin yang dikeluarkan. Selain itu, kalian harus mengurangi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda. Minuman beralkohol juga jadi pantangan buat penderita infeksi saluran kemih.

2. Atasi Infeksi Saluran Kemih dengan Jus Cranberry


Atasi Infeksi Saluran Kemih dengan Jus Cranberry

Buah cranberry mungkin tidak banyak dijual di Indonesia. Buah ini rupanya mampu membantu menyembuhkan infeksi saluran kencing dengan menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Kandungan nutrisinya juga ampuh untuk mencegah sebelum infeksi menyerang tubuh kita.

Dalam sebuah penelitian, wanita dengan riwayat ISK diminta untuk mengonsumsi jus Cranberry sebanyak 400 ml setiap hari dalam 24 minggu. Hasilnya, penderita ISK yang minum jus cranberry lebih cepat sembuh daripada yang tidak.

Untuk mendapatkan manfaanya, kalian dapat mengonsumsi cranberry dengan cara di jus. Jangan tambahkan pemanis buatan pada jus tersebut, ya. Kalian juga bisa membeli suplemen cranberry yang banyak dijual di pasaran.

3. Kunyit Dapat Menyembuhkan Infeksi Saluran Kencing


Kunyit Dapat Menyembuhkan Infeksi Saluran Kencing

Kunyit diketahui sebagai bahan alami yang mengandung kurkumin. Senyawa ini memiliki sifat anti jamur, anti inflamasi dan anti bakteri. Sifat tersebut membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran semua jenis mikroba sehingga kunyit sangat baik untuk mengobati infeksi saluran kencing.

Penggunaan kunyit untuk mengatasi ISK sangat mudah. Kalian hanya perlu memasukkan bubuk kunyit ke dalam susu. Selain itu, konsumsi air rebusan kunyit secara teratur setiap hari.

4. Minum Jahe untuk Mengobati Infeksi Saluran Kemih


Minum Jahe untuk Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Tak hanya kunyit, jahe juga mengandung sifat anti bakteri karena memiliki senyawa gingerol di dalamnya. Senyawa ini mampu melawan aktivitas bakteri di dalam ginjal sehingga dapat menyembuhkan infeksi saluran kemih.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, jahe dapat direbus dengan segelas air lalu dikonsumsi secara rutin. Jika kalian tidak tahan dengan rasa pedasnya, tambahkan pemanis alami seperti madu atau gula merah pada air rebusan jahe.

5. Infeksi Saluran Kemih Dapat Disembuhkan dengan Air Kelapa dan Lemon


Infeksi Saluran Kemih Dapat Disembuhkan dengan Air Kelapa dan Lemon

Air kelapa dan lemon bermanfaat untuk mengubah lingkungan yang digunakan bakteri dan virus untuk bereproduksi. Campuran keduanya dapat memperkuat pertahanan tubuh. Selain itu, sifat diuretik di dalamnya dapat meningkatkan produksi urin sehingga saluran kencing menjadi bersih.

6. Makanan Fermentasi Seperti Yogurt Sembuhkan Infeksi Saluran Kencing


Makanan Fermentasi Seperti Yogurt Sembuhkan Infeksi Saluran Kencing

Usus secara alami menghasilkan bakteri baik yang menyehatkan serta membantu berbagai fungsi tubuh. Mulai dari mencerna makanan, memperkuat sistem imun hingga menjaga otak dengan baik. Nah, jika tubuh tidak memiliki bakteri baik yang cukup, resiko berbagai penyakit termasuk infeksi saluran kemih pun akan meningkat.

Asupan bakteri baik dapat kalian peroleh dengan mengonsumsi makan hasil fermentasi seperti yogurt, tempe, miso, kefir dan lainnya. Selain itu, kalian bisa menggunakan suplemen probiotik yang akan meningkatkan kesehatan usus.

7. Konsumsi Jus Peterseli untuk Obati Infeksi Saluran Kencing


Konsumsi Jus Peterseli untuk Obati Infeksi Saluran Kencing

Peterseli merupakan bahan alami yang baik untuk membersihkan racun dalam ginjal. Peterseli mengandung sodium, potassium, riboflavin, tiamin, zat tembaga, vitamin A, B dan C. Tanaman ini juga berfungsi sebagai diuretik yang dapat meningkatkan jumlah urin sehingga memungkinkan bakteri keluar dari saluran kemih.

8. Manfaat Jeruk untuk Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih


Manfaat Jeruk untuk Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Saat menderita infeksi saluran kencing, asupan vitamin C sangat dibutuhkan. Hal tersebut lataran vitamin C mampu meningkatkan keasaman urin sehingga dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.

Penelitian pada 2007 membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi 100 mg vitamin C setiap hari mampu mengurangi resiko ISK. Kandungan tersebut bisa kalian dapatkan dalam buah-buahan se[erti jeruk, lemon, kiwi, pepaya dan lainnya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru