Dituding Melanggar Hak Cipta Lagu, Nicki Minaj Terancam Dipenjara
Instagram/nickiminaj
Musik

Musisi Tracy Chapman mengklaim bahwa Nicki telah menggunakan lirik dan melodi lagu miliknya, 'Baby Can I Hold You' tanpa izin.

WowKeren - Kasus plagiarisme kembali menyandung musisi papan atas Hollywood. Kali ini, giliran Nicki Minaj yang terancam digugat ke meja hijau atas tuduhan pelanggaran hak cipta.

Dilansir Billboard pada Kamis (25/10), musisi dan penulis lagu Tracy Chapman menggugat Nicki terkait lagu baru sang rapper bersama Nas yang bertajuk "Sorry". Dalam gugatannya, Tracy mengklaim bahwa Nicki telah menggunakan lirik dan melodi lagu miliknya, "Baby Can I Hold You" yang dirilis pada tahun 1988 silam tanpa izin darinya.

Pengacara Tracy Chapman, Lee Phillips, mengatakan bahwa pihak Nicki beberapa kali meminta lisensi untuk lagu itu. Namun Tracy mengungkap bahwa ia telah berulang kali menolak pengajuan izin penggunaan sampel lagunya untuk "Sorry".

"Tracy Chapman sangat melindungi haknya dan dia memiliki hak untuk menolak lisensi ketika diminta," ungkap sang pengacara. "Dalam lagu 'Sorry', Nicki menggunakan lirik lagu sampel Baby Can I Hold You," kata Phillips.

Meskipun "Sorry" akhirnya tidak ada di album "Queen", trek itu secara tidak sengaja bocor dan beredar di internet. Apalagi DJ Funkmaster Flex memutar lagu itu di acara miliknya di stasiun radio Hot 97, New York.


Dalam gugatan yang dilayangkan Tracy, disebutkan bahwa Nicki mengabaikan dan sengaja melanggar hak Tracy di bawah Undang-Undang Hak Cipta setelah timnya tidak memberikan persetujuan untuk menggunakan lagu itu.

Gugatan itu juga menyebutkan bahwa meskipun "Sorry" tidak menggunakan rekaman asli Tracy Chapman, tapi lagu itu memasukkan lirik dan melodi vokal dari komposisi "Baby Can I Hold You". Tuntutan Tracy berisi permintaan untuk melarang lagu untuk dirilis kembali serta kompensasi finansial.

Sebelumnya, Nicki memang sempat mengungkap tentang keinginannya untuk menggunakan sampel lagu Tracy ini sebelum album "Queen" dirilis, bahkan rela memundurkan jadwal rilis album barunya itu. Namun rupanya usahanya gagal, sehingga akhirnya "Queen" pun tidak menyertakan "Sorry" sebagai bagian dari materinya. Menariknya, Tracy sendiri juga sempat dibully oleh para fans Nicki karena tidak bersedia untuk memberikan izin penggunaan "Baby Can I Hold You".

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru