8 Perpustakaan dengan Desain Unik di Dunia, dari Indonesia Juga Tak Kalah Keren
archdaily.com
Travel

Perpustakaan dengan desain keren ini bakal bikin kalian kagun dengan bangunannya.

WowKeren - Perpustakaan merupakan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual (Sulistyo, Basuki ; 1991). Lokasi ini menjadi tempat yang pas untuk menuntut ilmu.

Semakin berkembangnya zaman, perpustakaan tak hanya menjadi tempat menyimpan buku dengan rak-rak tinggi yang berbaris. Desain gedung dan fasilitas perpustakaan semakin keren dan lengkap banget. Bahkan banyak perpustakaan yang menyediakan fasilitas warung internet.

Nah, berikut terdapat 8 perpustakaan di dunia termasuk Indonesia yang punya desain keren abis. Intip di bawah ini.

(wk/nris)

1. Perpustakaan Universitas Teknologi Delft di Belanda


Perpustakaan Universitas Teknologi Delft di Belanda

Universitas Teknologi Delft memiliki bangunan yang luar biasa kerennya. Perpustakaan universitas yang dibangun pada tahun 1997 dirancang oleh Delf berbasis Mecanoo biro arsitektur. Hal yang membuat mulut otomatis menganga saat melihat bangunannya adalah atap perpustakaan yang ditutupi dengan rumput.

Tak hanya sebagai hiasan, rumput tersebut dapat diinjak bahkan kalian bisa berdiskusi sambil bersantai di sana. Selain itu, bagian atas perpustakaannya berbentuk kerucut yang tentu menarik perhatian. Nah, bagian atas ini dirancang untuk membiarkan matahari masuk ke ruangan dalam perpustakaan. Fitur bangunannya juga sangat mencolok dengan dinding terbuat dari kaca yang memiliki tinggi 150 kaki. Perpustakaan ini memiliki 1000 ruang belajar dan 300 terminal komputer yang disediakan.

2. Book Mountain Library di Belanda


Book Mountain Library di Belanda

Masih di Belanda, terdapat perpustakaan yang punya desain super unik yakni Book Mountain. Perpustakaan ini dirancang oleh perusahaan arsitektur bernama MVRDV dengan berbentuk seperti gunungan. Perpustakaan ini juga memiliki bangunan luar yang menyerupai piramida yang terbuat dari kaca. Hal ini berguna untuk mengurangi penggunaan listrik di siang hari.

Book Mountain dikenal sebagai lingkungan untuk pusat pendidikan dan pernah menjadi perpustakaan terbaik di Belanda dan memenangkan sejumlah penghargaan lainnya seperti Red Dot Design 2013 dan Dutch Wood Award 2012. Siapa yang tertarik berkunjung ke sini?

3. Vennesla Library and Culture House di Norwegia


Vennesla Library and Culture House di Norwegia

Vennesla Library and Culture House merupakan perpustakaan umum yang berada di Norwegia. Perpustakaan satu ini mengusung tema modern minimalin yang mengutamakan kenyamanan pengunjung. Perpustakaan yang didominasi dengan warna putih dan krem ini bikin kalian merasa santai layaknya membaca buku di rumah.

Tak hanya deretan rak buku, Vennesla Library and Culture House juga memiliki fasilitas kafe, tempat pertemuan dan daerah administratif. Konsepnya unik dapat menghemat penggunaan ruangan yakni dengan menggunakan 27 rangka kayu yang secara langsung terintegrasi dalam bentuk rak buku dan juga bangku. Perpustakaan ini juga memiliki jendela super besar untuk memaksimalkan cahaya pada siang hari.

4. Perpustakaan Kota Stuttgart di Jerman


Perpustakaan Kota Stuttgart di Jerman

Perpustakaan Kota Stuttgart merupakan perpustakaan yang diremsikan pada 2011 silam. Perpustakaan yang tergolong baru ini didesain oleh arsitek dari Korea, Eun Young Yi. Ia menciptakan struktur monolitik mencolok dari blok kaca beton dan buram, dengan lapis di atas dan dua lantai bawah tanah.

Uniknya, Perpustakaan Kota Stutgart ini memiliki tangga yang enggak beraturan penempatannya. Hal ini membuatnya terkesan tidak kaku. Warna-warni dari sampul buku terlihat indah dan mencolok berkat bangunan yang didominasi warna putih. Belajar di Perpustakaan Kota Stuttgart ini dijamin enggak akan bosan.

5. Perpustakaan Universitas Indonesia di Depok


Perpustakaan Universitas Indonesia di Depok

Pindah ke Tanah Air, Universitas Indonesia juga memiliki desain yang tak kalah kerennya. Dengan luas 2,5 ha, perpustakaan UI bakal bikin iri mahasiswa dari universitas lainnya, nih. Perpustakaan satu ini juga memiliki atas yang ditutupi rumput, lho.

Berkunjung ke Perpustakaan Universitas Indonesia kalian akan merasa berada di sebuah mall. Mereka memiliki gerai Starbucks di dalamnya, Gold's Gym, Theater dan Books & Beyond. Selain itu, terdapat sekitar 186 unik iMac dari Apple untuk membantu kegiatan akademik.

6. Perpustakaan Universitas Malahayati di Bandar Lampung


Perpustakaan Universitas Malahayati di Bandar Lampung

Perpustakaan memang kebanyakan membosankan. Namun berbeda dengan Perpustakaan Universitas Malahayati yang memiliki desain unik dan menarik. Perpustakaan ini dirancang layaknya berada di pinggir sungai. Di dalamnya memang terdapat sungai buatan yang berisi ikan mas yang mengelilingi rak-rak buku.

Di bagian kanan Perpustakaan Universitas Malahayati terdapat sebuah ruang baca berbentuk kubus dengan dinding pembatas setinggi orang dewasa. Di dalamnya disediakan sofa-sofa panjang sebagai tempat berdiskusi beramai-ramai.

7. Microlibrary Taman Bima di Bandung


Microlibrary Taman Bima di Bandung

Perpustakaan selanjutnya adalah Microlibrary yang terletak di Taman Bima, Bandung. Perpustakaan ini merupakan prototipe pertama dari serangkaian perpustakaan kecil yang akan dibangun di Indonesia dalam lokasi yang berbeda-beda. Perpustakaan yang dirancang oleh SHAU Architecture & Urbanism dengan konsep ramah lingkungan.

Perlu kalian ketahui bahwa dinding di lantai dua dibangun dari ember es krim bekas yang kemudian dilubangi agar udara tetap sejuk. Jika dilihat dari luar, ember es krim tersebut membentuk pola dalam binary code yang jika dibaca berisi pesan "Buku adalah Jendela Dunia."

8. Taman Baca dan Poligigi 'Amin', Perpustakaan dari Kontainer di Batu


Taman Baca dan Poligigi 'Amin', Perpustakaan dari Kontainer di Batu

Taman Baca dan Poligigi 'Amin' merupakan salah satu lokasi wisata yang patut dikunjungi jika kalian berada di Batu, Malang, Jawa Timur. Perpustakaan ini dibangun dari kontainer yang membentuk bangunan unik. Lokasinya yang berada tepat di gerbang pintu masuk wahana wisata Jawa Timur Park 1 ini membuat perpustakaan tersebut ramai dikunjungi.

Tujuh kontainer warna-warni tersebut menampung 6.000 koleksi buku yang bisa dibaca oleh masyarakat setempat secara gratis. Setiap kontainer memiliki fungsi sendiri-sendiri, lho. Kontainer biru untuk ruang buku-buku populer. Sementara kontainer kuning adalah ruangan baca khusus perempuan, sedangkan yang merah untuk buku-buku sains dan teknologi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait