Diragukan BPN Prabowo-Sandiaga Jadi Moderator Debat, Najwa Shihab: Saya Junjung Tinggi Independensi
Instagram/najwashihab
Nasional

Najwa menegaskan bahwa sebagai seorang moderator, dirinya mampu bersikap netral dan independen.

WowKeren - Nama Najwa Shihab diusulkan sebagi moderator untuk acara debat Capres putaran berikutnya. Ada pihak yang mendukung usulan ini dan ada juga yang kurang setuju.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menolak usulan tersebut lantaran Najwa dinilai tak netral. Sedangkan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyambut baik usulan itu mengingat profesionalitas presenter kondang ini yang tak lagi diragukan.


Terkait hal ini, Najwa angkat bicara. Sebagai seorang presenter berita, dirinya memang dituntut untuk bisa bersikap kritis kepada setiap narasumbernya. Meski demikian, ia menegaskan bawha dirinya selalu menjunjung tinggi independensi.

"Saya sebetulnya tidak dalam posisi menjawab apa pun karena ini bukan hajatan saya, kata Najwa dilansir detikcom pada Selasa (22/1). "Sebagai host memang kritis pada semua tokoh, tetapi selalu menjaga independensi."

Najwa kemudian menyinggung soal debat Pilgub DKI beberapa waktu lalu yang disiarkan di acara "Mata Najwa". Saat itu, ada juga pihak yang meragukan netralitasnya.

"Kalau teman-teman semua masih ingat, saat Pilgub DKI, yang dikatakan juga bahwa saya tidak netral," lanjut Najwa. "Kedua Paslon di putaran ke-2 selalu datang kalau kami undang."

Pada waktu itu debat menghadirkan calon gubernur Basuki T Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan. Najwa menuturkan bahwa objektivitas selalu dijunjung tinggi selama debat berlangsung.

"Mereka berdua merasakan bahwa sepanjang debat kita menjunjung tinggi objektivitas," tegas Najwa. "Silakan cek ulang saja soal ini."

Wanita yang akrab disapa Nana itu juga menyinggung soal tokoh-tokoh dari kubu Prabowo yang bersedia hadir di acaranya. Selain Anies, ada juga Sandiaga yang kerap datang di acara "Mata Najwa".

"Saat Mas Anies dan Mas Sandi sudah terpilih, keduanya tampil pertama di acara saya," lanjut Najwa. "Setelah itu pun, beberapa kali keduanya kerap hadir di Mata Najwa."

Sehingga ia meminta kepada semua pihak untuk tidak meragukan independensinya sebagai seorang moderator. Kepada semua pihak, saya akan terus menjunjung tinggi independensi," ujar Najwa.

You can share this post!

Related Posts
Loading...