Minta Dipanggil BTP Usai Bebas 24 Januari, Ini Arti Nama Julukan 'Ahok' Sebenarnya
Instagram
Nasional

Sebelumnya, Ahok dikabarkan mantap meminta dipanggil BTP dan membuat akun YouTube khusus menyiarkan kebebasannya.

WowKeren - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan segera bebas. Ahok rencananya akan dibebaskan dari Mako Brimob pada Kamis (24/1) esok. Namun, usai bebas nanti, Ahok tak lagi ingin dipanggil dengan nama julukannya itu.

Dalam surat pribadinya jelang bebas, Ahok meminta kepada masyarakat untuk dipanggil dengan namanya sendiri, yakni Basuki Tjahaja Purnama. Ia meminta masyarakat untuk tak lagi memanggil dengan nama julukannya, yakni Ahok. Sebenarnya apa arti dari julukan Ahok tersebut?

Dilansir dari Kompas, Ahok sendiri pernah menjelaskan mengenai arti namanya itu. Pada saat itu, ada seorang anak SD yang bertanya kepadanya. Dengan spontan Ahokpun menjelaskan arti dari nama julukannya tersebut. "Anak Hoki," terang Ahok.

Selain itu, Ahok juga menjelaskan julukan lain yang disematkan sang ayah kepadanya, yakni "Ban Hok". "Ban" memiliki makna puluhan ribu, sedangkan "Hok" berarti belajar. Orangtua Ahok tampaknya ingin sang anak menjadi sosok yang selalu ingin belajar.


"Lalu kalau orang kampung diganti A depannya, jadi Ahok. Bisa singkatan dari 'aku harapan orang kampung'," jelas Ahok. "Jadilah aku dipanggil Ahok dari kecil."

Ahok menyatakan bahwa dirinya tak lagi dipanggil Ahok melainkan Basuki saat SMA. Tak disangka, nama Ahok kembali muncul saat dirinya mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Ahok mendekam di penjara Mako Brimob sejak 9 Mei 2017 yang lalu. Ia divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta atas kasus penodaan agama.

Menjelang bebas, Ahok sempat menuliskan beberapa surat dan pesan kepada para pendukungnya. Selain itu, mantan suami Veronica Tan ini juga santer diisukan akan segera menikah lagi dengan seorang Bripda bernama Puput Nastiti Devi. Bahkan, ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi turut mengungkap tanggal bahagia itu, yakni 15 Februari. Namun, kabar pernikahan ini belum mendapatkan tanggapan dari Ahok sendiri.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait