Penjelasan Lion Air Soal Pesawatnya yang Kembali Mendarat Setelah 30 Menit dan Bikin Panik
Nasional

Pihak Lion Air menjelaskan bahwa langkah yang diambil oleh pesawat dengan rute Makassar-Palu tersebut sudah sesuai prosedur.

WowKeren - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-780 dikabarkan kembali mendarat setelah 30 menit mengudara pada Selasa (12/2) kemarin. Hal tersebut pun menimbulkan kepanikan dan ketakutan penumpang.

Menanggapi kabar tersebut, pihak Lion Air akhirnya buka suara. Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan bahwa langkah yang diambil oleh pesawat dengan rute Makassar-Palu tersebut sudah sesuai prosedur.

"Penerbangan Lion Air JT-780 pada (12/ 02) telah dipersiapkan dengan baik," tutur Danang dalam keterangan tertulis, Kamis (14/2). "Pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGY sebelum diberangkatkan menuju Palu sudah menjalani pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang."

Menurut Danang, pesawat tersebut diberangkatkan sesuai jadwal, yaitu pada pukul 21.28 WITA. Kala itu, Lion Air JT-780 membawa 7 kru dan 149 penumpang.

Setelah mengudara, ternyata ada kendala teknis yang membutuhkan pengecekan di darat. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, pilot pun memutuskan untuk melakukan pendaratan di bandara asal setelah 30 menit mengudara.


"Pesawat mendarat secara normal di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 22.24 WITA," terang Danang. "Sesaat setelah mendarat dan posisi pesawat sudah sempurna di landas parkir, seluruh penumpang diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu keberangkatan, guna mendapatkan informasi lebih lanjut dan pelayanan terbaik."

Pihak Lion Air juga mengaku telah menginformasikan penundaan keberangkatan kepada seluruh penumpang. Para penumpang juga dialihkan untuk terbang menggunakan pesawat lainnya.

Maskapai penerbangan tersebut juga memberikan fasilitas terhadap permintaan penumpang sesuai ketentuan. Seperti pengembalian dana (refund), atau perubahan jadwal penerbangan (reschedule).

Penumpang Lion Air JT-780 diterbangkan kembali satu jam setelahnya, yaitu pada 23.35 WITA. Penerbangan dialihkan menggunakan armada lain, yaitu Boeing 737-900ER registrasi PK-LGP. Pesawat tersebut sampai di Palu dengan selamat pada pukul 00.35 WITA.

Sebelumnya, beberapa penumpang menceritakan kepanikan yang terjadi kala pesawat terpaksa melakukan return to base (RTB). Salah satu penumpang bernama Muhammad Arief mengaku bahwa mesin pesawat seolah mati saat tengah berada di udara.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru