Menteri Luhut Pandjaitan Ungkap Alasan Dibalik Sikap Jokowi Peduli Rakyat
Instagram/kemenkomaritim
Nasional

Komentar itu merupakan buntut dari kunjungan rahasia Jokowi ke Tambak Lorok yang bahkan ditiru oleh Fadli Zon.

WowKeren - Belum lama ini Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan kunjungan rahasia ke Tambak Lorok dengan ditemani supirnya. Kunjungan tersebut "dicontek" oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yang sebelumnya sempat mencibir. Tentu saja, hal tersebut memancing komentar dari pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

Rupanya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ikut angkat bicara mengenai hal ini. Luhut menyatakan bahwa gaya blusukan Jokowi seperti itu memang sudah ada sejak dulu. Sejak menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi memang dikenal kerap "mendekat" kepada rakyat. Sifat tersebut terbawa hingga Capres 01 tersebut menjabat presiden.

"Dan dia selalu bilang bukan orang kaya juga, dari bawah," di kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/2). "Gayanya begitu dari dulu, di Solo juga begitu, waktu gubernur juga begitu. Sekarang presiden sama aja."


Menurut Luhut, Jokowi merupakan presiden yang memang berasal dari "orang bawah" sehingga mantan Walikota Solo tersebut tahu seluk beluk rakyat dan apa yang menjadi permasalahan mereka. Oleh sebab itu, Jokowi sudah tidak perlu lagi diajari masalah kemiskinan sebab itu sudah menjadi bagian dari pengalaman hidupnya. Luhut juga bercerita bahwa Jokowi pernah tinggal di daerah terpencil di Aceh setelah menikah dengan Ibu Iriana.

"Ini menurut saya, karena beliau itu bilang, 'Pak Luhut, saya itu orang miskin, jadi kalau orang ngajarin-ngajarin saya soal miskin, soal apa, ya ndak usah lah'," jelas luhut menirukan ucapan Jokowi. "'Saya berapa kali pindah tempat, saya setelah nikah dengan Ibu (Iriana) kan di Aceh, di daerah terpencil, jadi saya paham betul'."

Latar belakang Jokowi yang demikian, dikatakan Luhut menjadi alasan mengapa presiden sangat memahami masalah rakyat kecil. Sehingga, tak heran jika Jokowi sangat peduli terhadap rakyat kecil. Oleh sebab itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut selalu gencar menggalakkan dana desa.

"Makanya Presiden selalu ngotot dengan dana desa" tutur Luhut. "Jadi, kalau orang bicara masalah tadi, harga pangan, mengenai kemiskinan, presiden tu pernah ngalamin. Jadi dia sangat care dengan itu."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru