Saksikan Ngembak Geni dan Omed-Omedan Setelah Nyepi
SerbaSerbi

Nah, meski Bali akan sepi bahkan tidak ada kegiatan apapun saat Nyepi, kalian masih dapat menyaksikan berbagai upacara keagamaan hingga tradisi unik, lho.

WowKeren - Prosesi Nyepi akan diakhiri dengan dua upacara yakni ngembak geni dan omed-omedan pada keesokan harinya. Pasa ngembak geni, umat Hindu akan bersilaturahmi sebagai bentuk permohonan maaf bila ada kesalahan yang diperbuat dan telah direnungkan saat catur brata penyepian.

Lalu ada omed-omedan, upacara yang sudah menjadi turun-temurun dan menarik banyak minat wisatawan. Tradisi ini akan diikuti oleh pemuda dan pemudi yang belum menikah. Setelah sembahyang bersama, mereka akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni laki-laki dan perempuan. Mereka nantinya digendong dan saling berhadapan.

Setelah diberi aba-aba, kedua kelompok saling berdekatan, kemudian dua peserta yang digendong akan berpelukan, ciuman dan disiram. Kemudian ditarik oleh peserta lain. Tradisi ini bukan untuk mengumbar nafsu birahi, ya. Acara tersebut menunjukkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang erat.

Tradisi ini ditonton ratusan orang yang rela basah-basahan. Mereka yang menyaksikan hanya dapat tertawa lepas karena keseruan yang dihadirkan. Nah, kalian juga enggak boleh ketinggalan menyaksikan tradisi ini, ya!

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait