Berbahaya! 10 Makanan Ini Rupanya Dapat Memicu Usus Buntu
Health

Jika dikonsumsi berlebihan, 10 makanan ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, yakni usus buntu.

WowKeren - Usus buntu merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Usus buntu adalah organ berbentuk kantor kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.

Ketika usus buntu terjadi, penderita akan merasa nyeri di perut kanan bagian bawah. Jika terlambat ditangani, infeksi dapat menjadi serius dan menyebabkan usus buntu pecah sehingga menimbulkan keluhan rasa nyeri hebat hingga membahayakan nyawa.


Rasa nyeri tersebut mulanya berasal dari pusar, lalu bergerak ke bagian kanan bawah perut. Posisi nyeri sendiri dapat berbeda-beda tergantung dengan usia dan posisi dari usus buntu itu sendiri.

Perlu kalian tahu bahwa makanan bisa menjadi salah satu pemicu munculnya usus buntu. Mau tahu apa saja jenis makanan tersebut? Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Permen Karet Bisa Menimbulkan Usus Buntu


Permen Karet Bisa Menimbulkan Usus Buntu

Apa kalian pernah mendengar bahwa permen karet membutuhkan waktu 7 tahun agar dapat dicerna sempurna? Hal tersebut ternyata keliru, hanya saja permen karet yang ditelan memang mampu menimbulkan masalah pencernaan. Apalagi jika dibarengi dengan konsumsi makanan yang sulit dicerna seperti biji-bijian keras.

Hal satu ini membahayakan usus buntu bahkan dapat menyebabkan peradangan. Nah, maka dari itu, sebaiknya anak-anak di bawah 5 tahun tidak diperbolehkan mengunyah permen karet karena rentan tertelan.

2. Alkohol Jadi Pemicu Usus Buntu


Alkohol Jadi Pemicu Usus Buntu

Siapa diantara kalian yang doyan minum alkohol? Nah, alkohol bisa menjadi pemicu radang usus buntu. Alkohol akan menyebabkan dehidrasi dan akan memperlambat pencernaan dan mengiritasi usus. Hal ini dapat memperburuk gejala sembelit dan memicu radang usus buntu.

Sebaiknya, ganti kebiasaan minum alkohol dengan air mineral. Dengan mengonsumsi air mineral, kalian akan terhindar dari dehidrasi berikut juga usus buntu.

3. Daging Instan Seperti Kornet atau Sosis


Daging Instan Seperti Kornet atau Sosis

Kornet, sosis dan nugget merupakan daging instan yang menggunakan bahan pengawet dan bahan perasa buatan yang akan meningkatkan kadar karsinogen dalam tubuh. Selain itu, daging instan tersebut diolah bersama dengan bahan makanan lain yang tidak diketahui. Hal ini yang membuat daging instan bisa menyebabkan usus buntu.

4. Makanan yang Mengandung Vetsin dan Kandungan Garam Tinggi


Makanan yang Mengandung Vetsin dan Kandungan Garam Tinggi

Selain daging instan, mie instan juga tidak baik untuk usus. Mie instan mengandung banyak penyedap rasa dan bumbu instan. Kandungan garam yang tinggi dapat membuat lambung menjadi iritasi.

Tak hanya itu, vetsin dan penyedap yang terdapat dalam makanan ini diduga akan mendatangkan penyakit berbahaya lainnya. Jadi, sesibuk apapun kalian, sebaiknya hindari mie instan dan makanan lainnya yang mengandung vetsin dan garam tinggi.

5. Usus Buntu Bisa Disebabkan Karena Makanan Cepat Saji


Usus Buntu Bisa Disebabkan Karena Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng memiliki kandungan lemak yang tinggi. Kandungan tersebut akan memperlambat proses pencernaan. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan rutin akan menyebabkan konstipasi yang berujung pada radang usus buntu.

Maka dari itu, hindari konsumsi makanan cepat saji, ya. Kalian dapat menggantinya dengan burger atau kentang goreng yang dibuat sendiri di rumah. Bahan pengawet dan kandungan lemaknya dapat kalian kontrol.

6. Konsumsi Makanan Pedas dapat Sebabkan Usus Buntu


Konsumsi Makanan Pedas dapat Sebabkan Usus Buntu

Mengonsumsi makanan pedas dengan cabai yang banyak tentu kalian juga akan menelan bijinya. Biji cabai yang tidak hancur memang dapat menyumbat usus dalam jangka waktu panjang dan akhirnya menyebabkan radang usus buntu. Namun, makanan pedas bukan jadi pemicu utama, kok.

Selain usus buntu, makanan pedas seperti cabai, paprika pedas atau saus sambal yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan ini dapat menyebabkan rasa sakit parah di daerah antara tulang dada dan pusar yang juga disertai mual.

7. Makanan yang Rendah Serat


Makanan yang Rendah Serat

Apa kalian tahu bahwa makanan yang rendah serat dapat meningkatkan resiko radang usus buntu? Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap hampir dua ribu orang anak di Yunani, ditekankan bahwa anak-anak dengan radang usus buntu memiliki asupan serat yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memilikinya.

Studi kasus lain di Amerika Serikat, menemukan anak-anak yang memiliki persentase asupan serat lebih dari 50% memiliki resiko 30% lebih rendah terkena radang usus buntu, dibandingkan dengan anak yang jarang makanan serat. Maka dari itu, konsumsi banyak buah-buahan agar pencernaan menjadi sehat.

8. Bahaya Pisang Muda untuk Usus Buntu


Bahaya Pisang Muda untuk Usus Buntu

Pisang merupakan makanan yang baik untuk pencernaan. Namun, tidak untuk pisang muda yang malah bisa menyebabkan konstipasi dan memicu radang usus buntu. Pisang yang belum masak ini memiliki kandungan zat tepung yang sulit dicerna. Tak hanya itu, pisang muda mengandung serat pectin yang akan menyerap air dalam saluran cerna dan menyebabkan sembelit yang juga akan berefek pada usus buntu.

9. Kopi dan Teh Sebabkan Usus Buntu


Kopi dan Teh Sebabkan Usus Buntu

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh secara tidak langsung berpotensi menyebabkan radang usus buntu. Sebenarnya, kafein merupakan stimulan yang dapat membuat seseorang menjadi sering buang air besar atau diare. Tetapi, jika dalam kondisi dehidrasi, kafein akan memicu sembelit karena membentuk feses yang keras. Nah, hal ini juga yang akan menyebabkan usus buntu.

10. Kesemek Memicu Usus Buntu


Kesemek Memicu Usus Buntu

Kesemek merupakan buah unik yang cukup populer di Asia. Kesemek yang masih asam karena buah ini dapat memperlambat pergerakan makanan pada usus. Buah ini akan menyebabkan sembelit pada awalnya. Jika tidak segera diobati, hal ini akan menyebabkan usus buntu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait