Jusuf Kalla Soal Keponakannya Dukung Prabowo-Sandi: Kalau Dia Minta Izin, Saya Tidak Kasih
Nasional

Jusuf Kalla mengaku bahwa keponakannya, Erwin Aksa, tak meminta izin kala hendak mendukung Prabowo-Sandi.

WowKeren - Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, mengaku bahwa keponakannya, Erwin Aksa, tak meminta izin kala hendak mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut Jusuf Kalla, Erwin hanya memberitahu saja bahwa dirinya mendukung Prabowo-Sandi.

"Ya, kalau Erwin punya sikap begitu, ya saya hargai sikap itu, walaupun dia tidak minta izin, dia cuman kasih tahu," jelas Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Selasa (26/3). "Kalau itu levelnya minta izin, saya tidak kasih izin."

Meski demikian, Jusuf Kalla mengaku dapat memaklumi Erwin yang mementingkan persahabatannya dengan Sandi di Pilpres 2019 ini. Bahkan, Jusuf Kalla telah sering mengajarkan kepada anggota keluarganya untuk lebih mementingkan persahabatan ketimbang relasi politik.

"Saya sering ajarkan ke keluarga, kemenakan saya juga," tutur Jusuf Kalla. "Bahwa persahabatan seumur hidup, tapi politik hanya lima tahun bisa berubah-ubah sikap."

Menurut Jusuf Kalla, salah satu contohnya adalah sikap Partai Golkar yang mendukung Prabowo-Hatta Rajasa dalam Pilpres 2019. Namun, seperti diketahui, Golkar justru berubah arah mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla di tengah perjalanan.


"Kan lima tahun saja, sedangkan persahabatan seumur hidup. Jadi jangan rusak persahabatan itu hanya gara-gara lima tahun," jelas Jusuf Kalla. "Ya, kalau ingin persahabatan dengan Sandi langgeng silakan saja, ini demokrasi dan saya yang ajarkan persahabatan ini penting dari pada politik."

Diketahui, Erwin Aksa telah mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo-Sandi. Menyadari pilihannya tak sejalan dengan Partai Golkar yang mengusungnya, Erwin pun memilih untuk nonaktif sementara dari kepengurusan partai.

Di sisi lain, Erwin sudah pernah mengungkapkan reaksi Jusuf Kalla saat tahu dirinya mendukung Prabowo-Sandi. Menurut Erwin, sang paman hanya bisa tertawa menanggapi pilihannya.

Erwin sendiri mengaku bahwa perbedaan pilihan politik memang sudah biasa ditemui dalam keluarganya. Ia mengaku bahwa keputusannya mendukung Sandi telah dibuat sejak jauh-jauh hari.

"Dukungan jalan terus, saya kira momen ini adalah salah satu momen di mana teman pengusaha ingin menyampaikan sikap tegas, yang lebih clear," tutur Erwin. "Saya kira dukungan itu diberikan oleh teman pengusaha."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait