10 Cara Terbaik dan Makanan yang dapat Mencegah Penyakit Ginjal
Health

Pasien yang mengalami penyakit ginjal akan menghadapi pengobatan berupa cuci darah seumur hidup atau transplantasi ginjal. Nah, kalian tidak ingin mengalami hal itu, kan? Simak di sini cara mencegahnya!

WowKeren - Penyakit ginjal merupakan gangguan yang terjadi pada organ ginjal, dua buah organ berbentuk seperti kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk. Gangguan pada ginjal akan mempengaruhi kinerja tubuh dalam mencuci darah, yakni menyaring limbah tubuh dan cairan berlebih yang akan menjadi urine.

Ketika fungsi ginjal terganggu, zat sisa limbah tubuh dan cairan yang menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan gejala berupa pembengkakan pada pergelangan kaki, mual, muntah, lemas dan sesak napas. Pasien yang mengalami mengalami penyakit ginjal akan menghadapi pengobatan berupa cuci darah seumur hidup atau transplantasi ginjal.


Penyebab penyakit ginjal sendiri beragam. Mulai dari diabetes 1 atau tipe 2, tekanan darah tinggi, glomerulonefritis, kurangnya aliran darah ke ginjal, penyumbatan urin dari ginjal dan masih banyak lagi.

Tentu kalian tidak ingin berhadapan dengan alat cuci darah seumur hidup, kan? Nah, simak 10 cara mencegah penyakit ginjal di sini.

1. Jangan Menahan Kencing


Jangan Menahan Kencing

Fungsi utama yang dilakukan oleh ginjal adalah penyaringan darah. Saat terjadi proses penyaringan, maka jumlah kelebihan cairan limbah yang disimpan di dalam kandung kemih perlu segera dibuang. Meskipun kandung kemih dapat menampung lebih banyak urine, namun rasa ingin buang air kecil dirasakan saat sudah terisi dengan 120-150 ml urine.

Ketika kalian mulai mengabaikan dorongan untuk buang air kecil, kandung kemih akan membentang lebih dari kapasitasnya. Hal tersebut akan mempengaruhi proses filtrasi ginjal. Selain itu, menahan buang air kecil juga dapat menyebabkan infeksi kandung kemih.

2. Konsumsi Air Mineral Setiap Hari


Konsumsi Air Mineral Setiap Hari

Asupan cairan merupakan hal yang penting untuk tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu, air putih juga membantu ginjal untuk membuang semua racun dari dalam tubuh. Air akan membantu tubuh untuk mempertahankan volume dan konsentrasi darah.

Dengan konsumsi air putih rutin setiap hari, pencernaan dan suhu tubuh juga dapat dikontrol. Air putih juga akan meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, meningkatkan energi serta otot dan masih banyak lagi. Nah, ketahui waktu yang tepat untuk minum air putih di sini.

3. Jangan Konsumsi Obat Tanpa Saran Medis


Jangan Konsumsi Obat Tanpa Saran Medis

Kalian pasti tahu bahwa mengonsumsi obat untuk menyembuhkan penyakit tidak boleh sembarangan. Apapun jenis obat-obatan yang kalian konsumsi harus melewati ginjal untuk dilakukan penyaringan.

Penambahan dosis atau minum obat-obatan tanpa kalian sadari dapat meningkatkan beban racun pada ginjal. Nah, hal ini alasan mengapa kalian harus mengonsumsi obat dengan resep dan dosis yang diberikan dokter.

4. Lakukan Olahraga Rutin untuk Mencegah Penyakit Ginjal


Lakukan Olahraga Rutin untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Para ahli mengatakan bahwa obesitas menjadi salah satu faktor terkait dengan masalah kesehatan yang berhubungan dengan ginjal. Kelebihan berat badan akan menghadirkan resiko masalah ginjal dua kali lipat.

Maka dari itu, kalian wajib menjaga berat badan tetap ideal dan normal dengan rajin berolahraga. Kegiatan olahraga juga akan membuat kalian merasa segar dan aktif. Ketahui jenis olahraga yang paling banyak membakar lemak di sini.

5. Hentikan Konsumsi Alkohol


Hentikan Konsumsi Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang merusak kesehatan ginjal. Kelebihan asupan alkohol dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan pengendalian hormonal yang mempengaruhi fungsi ginjal.

Selain alkohol, merokok pun secara tidak langsung dapat menyebabkan penyakit ginjal. Merokok secara signifikan memiliki efek buruk pada kesehatan jantung yang selanjutnya dapat memperburuk masalah ginjal.

6. Kayu Manis Bermanfaat untuk Mencegah Penyakit Ginjal


Kayu Manis Bermanfaat untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Kayu manis merupakan bumbu dapur yang diketahui memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengatur kadar glukosa dalam darah dan memberi perlindungan tubuh dari gangguan gula darah. Sebuah studi dari menegaskan bahwa kayu manis dapat digunakan sebagai suplemen tanpa memperhatikan peningkatan resiko oksalat yang dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.

Perlu kalian tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dapat menambah berat beban kerja ginjal. Oleh karena itu, kelebihan glukosa yang dihasilkan dari penyakit diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

7. Kumis Kucing Sebagai Tanaman Herbal


Kumis Kucing Sebagai Tanaman Herbal

Kumis kucing sudah dikenal lama sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk ginjal. Mengonsumsi ekstrak kumis kucing dapat mendukung fungsi ginjal, yaitu menyeimbangkan dula dalam darah, menjaga tekanan darah dan memberikan antioksidan bagi tubuh.

Selain baik untuk ginjal, kumis kucing umumnya juga dijadikan obat herbal untuk melawan infeksi bakteri, seperti pada luka di kulit atau gusi yang bengkak. Sejumlah penelitian medis bahkan membuktikan tanaman ini baik untuk obat infeksi saluran kencing berkat efek diuretiknya.

8. Konsumsi Bawang untuk Mencegah Penyakit Ginjal


Konsumsi Bawang untuk Mencegah Penyakit Ginjal

Bawang mengandung quercetin yang membantu mencegah kerusakan terhadap ginjal bagi perokok. Bumbu dapur ini dapat digunakan sebagai rempah-rempah untuk menambahkan rasa sehingga mengurangi penggunaan garam.

Perlu kalian tahu bahwa penggunaan garam yang berlebihan dalam makanan akan memperberat kerja ginjal. Tak hanya itu, bawang juga mampu mencegah berbagai jenis kanker, simak di sini.

9. Manfaat Apel untuk Cegah Penyakit Ginjal


Manfaat Apel untuk Cegah Penyakit Ginjal

Makanan selanjutnya adalah apel. Satu buah apel berukuran sedang dengan kulit memiliki 158 mg potasium dan 10 mg fosfor. Buah ini tinggi akan serat dan memiliki senyawa antiradang yang bisa membantu memperbaiki fungsi ginjal.

Apel merupakan buah yang baik untuk ginjal lantaran rendah kalium sehingga ginjal tidak berat bekerja untuk memproses kalium saat kalian mengonsumsinya. Nah, tak hanya untuk kesehatan, apel juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, simak di sini.

10. Semangka dapat Cegah Penyakit Ginjal


Semangka dapat Cegah Penyakit Ginjal

Semangka memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu membersihkan ginjal dari racun yang menumpuk dalam tubuh. Nah, hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

Cara paling sehat untuk mengonsumsinya adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Hal ini berguna agar dapat diserap ke dalam jaringan dan aliran darah yang selanjutnya akan menstimulasi fungsi ginjal dengan baik.

You can share this post!

Related Posts
Loading...