Poyuono Ajak Tak Bayar Pajak, Sri Mulyani: Parpol Juga Dapat APBN Jangan Lupa
Instagram/kemenkeuri
Nasional

Menanggapi ajakan Poyuono, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyinggung penggunaan pajak yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bagi partai politik.

WowKeren - Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono menyerukan pada pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk tidak membayar pajak kelak. Hal tersebut dinilainya sebagai bentuk penolakan terhadap hasil resmi pemilu yang ditetapkan KPU.

Menanggapi ajakan Poyuono, Menteri Keuangan Sri Mulyani pun buka suara. Menteri yang akrab disapa Ani tersebut menjelaskan bahwa masalah perpajakan sudah diatur dalam Undang-Undang. Apabila mau menjaga Indonesia, setiap warga negara tentu harus menjalankan kewajiban.

"Sebenarnya negara ini negara kita sendiri yang kita cintai bersama, masalah perpajakan juga sudah diatur oleh konstitusi, oleh Undang-Undang," jelas Ani di Kementerian Keuangan Jakarta pada Kamis (16/5). "Jadi kalau mau menjaga negara ini bersama kita harus menjalankan kewajiban."

Menurut Ani, tentu kita boleh meminta hak, namun kewajiban juga harus berjalan. Selain itu, keseimbangan Negara harus dijaga bersama-sama.


"Kita boleh meminta haknya tapi juga kewajiban dilakukan," tutur Ani. "Karena pada dasarnya harus menjaga kebersamaan di dalam penyelenggaraan negara, dalam pemerintah, perekonomian, dan dari sisi jasa kemasyarakatan."

Ani pun lantas menjelaskan bahwa uang pajak digunakan untuk banyak hal, seperti pembangunan infrastruktur. Ani bahkan menyinggung penggunaan pajak yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bagi partai politik (parpol).

"Kalau Anda tanya uang pajak untuk apa, untuk segala macam. Dari mulai jalan raya, sekolah, rumah sakit, kita bicara air, listrik, tentang seluruh aparat termasuk DPR. Partai politik pun juga mendapat APBN jangan lupa, karena mereka mendapatkan per kepala," ungkap Ani. "Jadi kalau enggak mau membayar pajak, masa negaranya enggak jalan."

Meski demikian, Ani mengaku tidak merasa khawatir dengan ajakan tak bayar pajak Poyuono. "Enggak, kan kalau kita lihat di antara teman-teman politisi sudah berkomentar. Saya tetap berharap masih banyak yang memiliki cara pendekatan kenegarawanan yang baik," pungkas Ani.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru