Sandiaga Beri Sinyal Tetap di Oposisi: Berjuang Tak Harus Dari Dalam Pemerintahan
Instagram/sandiuno
Nasional

Ia menilai berperan sebagai oposisi dapat menjadi mitra penyeimbang dengan menilai dan mengontrol kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan ke depan.

WowKeren - Pemerintahan Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin untuk lima tahun ke depan disebut berpotensi menjadi pemerintahan tanpa oposisi. Pasalnya sejumlah pihak yang semula mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terus memberi sinyal akan beralih ke koalisi Jokowi-Ma'ruf.

Bahkan beberapa nama besar di kubu 02 seperti Prabowo dan Sandiaga sendiri dikabarkan akan merapat. Prabowo dikabarkan akan menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sementara Sandiaga disebut ditawarkan posisi sebagai menteri.

Menanggapi isu tersebut, Sandiaga akhirnya angkat bicara. Melalui video yang diunggahnya di akun Instagram-nya, @sandiuno, Sandiaga memberi sinyal kuat akan tetap bertahan di kubu oposisi. Dalam kolom caption-nya ia pun menegaskan bahwa memperjuangkan kemajuan Indonesia tak harus dari dalam pemerintahan.

Sandiaga menilai kekecewaan seluruh pendukung Pasangan Calon (Paslon) 02 sebagai hal yang wajar. Ia menyebut kekecewaan tersebut merupakan wujud kesungguhan pendukungnya dalam mencintai Indonesia. Oleh karenanya ia meminta kekecewaan itu menjadi motivasi bagi setiap pihak untuk terus mewujudkan cita-cita Indonesia.


"Saya ingin mengajak seluruh pendukung paslon 02, dan mengajak seluruh rakyat Indonesia memaknai kekecewaan itu sebagai wujud kesungguhan dalam mencintai negara dan bangsa kita," tulis Sandiaga. "Karena kita sungguh-sungguh ingin berperan dalam membangun dan memajukan bangsa, maka wajar saja kalau kita kecewa."

"Perjuangan kita tidak berhenti sampai di sini. Perjuangan memajukan bangsa dan negara, tidak harus selalu dilakukan dari dalam struktur pemerintahan," imbuhnya. "Ikhtiar untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat dilakukan dengan banyak cara."

Hal yang sama juga Sandiaga ungkit dalam videonya. Ia menyebut pihak oposisi merupakan mitra penyeimbang untuk jalannya pemerintahan ke depan.

"Yang tidak terpilih akan berperan sebagai mitra penyeimbang untuk menjaga jalannya pemerintahan ke depan," ujarnya. "Bila ada mekanisme saling cek, saling kontrol, saling menjaga, dan saling mengingatkan, maka insya Allah jalannya pemerintahan akan baik."

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga meminta masyarakat untuk kembali bersatu. Ia menyebut perbedaan politik tak seharusnya membuat bangsa terpecah.

"Setelah keputusan ini, saya harap seluruh komponen bangsa harus kembali bersatu, bekerja sama bahu membahu untuk memajukan bangsa ini," tulisnya. "Perbedaan politik tidak harus membuat kita bermusuhan."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru