Prabowo Masih Masuk Bursa Capres 2024 Walau Sudah Kalah 3 Kali
Instagram/prabowo
Nasional

Namun demikian Prabowo diimbau untuk di balik layar saja pada Pilpres 2024. Ia pun mengusulkan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai calon penerus Prabowo.

WowKeren - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 memang baru saja berakhir. Namun masyarakat Indonesia rupanya sudah menyimpan nama yang dijagokan dalam Pilpres lima tahun mendatang. Hal ini dibuktikan melalui survei yang digelar oleh lembaga survei LSI Denny JA.

Menariknya hasil survei menunjukkan nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali muncul dalam bursa Calon Presiden (Capres) 2024. Padahal Prabowo sendiri punya catatan kekalahan dalam Pilpres sebanyak tiga kali berturut-turut, yakni pada 2009, 2014, dan 2019.

"Tingkat kedikenalan menurut acuan kami nama Pak Prabowo masih di atas 25 persen dari dua ribu responden nasional," kata peneliti LSI Denny JA Rully Akbar ketika ditemui di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (2/7). "Tapi memang secara kontestasi dan kajian amatan kami seharusnya tidak layak lagi untuk maju."

Walaupun Prabowo ingin maju kembali, Rully merasa tak sependapat bila mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus TNI AD itu dapat langgeng menuju kursi RI 1. Sebab Rully menilai rekam jejak Prabowo di militer serta kekalahan tiga kali beruntun menjadi pendahulu yang kurang baik di mata publik.


"Memang periode ini dapat 40 persen sekian, tapi apabila nyalon lagi bisa segitu? Belum tentu," ujar Rully, dilansir oleh Liputan6, Rabu (3/7). "Dinamikanya pasti berbeda."

Oleh karena itu, sebagai analis politik ia menyarankan Prabowo untuk berada di balik layar saja pada Pilpres 2024 mendatang. Ia pun mengimbau supaya Gerindra bisa segera melakukan kaderisasi terhadap calon penerusnya.

"Regenerasi politik menuju salah satu orang yang bisa maju ke the next Capres (harus dilakukan)," kata Rully. "Tapi apakah itu akan memiliki chance yang sama seperti Prabowo? Itu harusnya dibentuk sejak dini."

Terkait dengan nama calon penerus Prabowo, Rully menyebutkan dua nama yang potensial. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. "Jadi harusnya mereka yang disiapkan untuk the next Capres dan jadi figur Gerindra."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait