Es Cendol, Minuman Segar Nikmat yang Populer Lewat Lagu
Kuliner

Indonesia memiliki banyak minuman khas yang nikmat dan segar. Di antaranya, juga ada beberapa yang berkhasiat baik untuk tubuh. Mau tahu apa saja itu? Simak artikelnya berikut ini.

WowKeren - Minuman khas Indonesia berikutnya yang nikmat dan segar adalah Es Cendol atau Dawet Ayu. Minuman yang berasal dari Banjarnegara ini sangat terkenal hingga mudah ditemui di mana saja. Minuman satu ini bahkan sudah berhasil go internasional. Contohnya di Singapura, Es cendol disebut dengan Lortchorng.

Es ini sendiri terbuat dari tepung beras, es yang diparut, gula merah cair dan juga santan. Karena itu, es ini sangat tepat dinikmati untuk menghilangkan dahaga pada hari yang panas.

Selain itu, es cendol juga memiliki sisi menariknya tersendiri loh. Pasalnya, minuman satu ini dipopulerkan lewat lagu "Dawet Ayu Banjarnegara" yang diciptakan oleh seniman asal Banjarnegara yang bernama Bono. Lalu pada tahun 1980 lagu ini kembali dipopulerkan oleh Grup Seni Calung yang terkenal di Karesidenan Banyumas pada era 1970-1980an. Sejak saat itu, nama es cendol menjadi terkenal di mana-mana.

(wk/eval)

You can share this post!

Related Posts