Punya Kebiasaan Jarang Mandi Mirip Anya Geraldine? Siap-siap 8 Efek Buruk Ini Bakal Mengintai Kalian
Instagram/anyageraldine
Health

Beberapa waktu lalu, selebgram Anya Geraldine sempat membuat heboh netizen karena blak-blakan menyebut dirinya jarang mandi. Padahal jarang mandi memiliki dampak buruk akan senantiasa menanti kalian loh.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, selebgram kenamaan Indonesia Anya Geraldine sempat membuat heboh netizen. Pasalnya selebgram berparas cantik nan seksi itu secara blak-blakan menyebut dirinya memiliki kebiasaan jarang mandi.

Hal ini pertama kali disebutkan pada program TV "Tonight Show". Dalam acara tersebut Anya secara terang-terangan mengaku bahwa saking malasnya, ia bisa hanya seminggu sekali mandi. Tak perlu ditanya lagi, pengakuan Anya tersebut langsung menghebohkan warganet hingga menjadi trending topik di berbagai media sosial.


Kebiasaan buruk jarang mandi ini mungkin tak hanya dimiliki oleh Anya saja. Nyatanya banyak sekali orang yang menyepelekan persoalan mandi ini. Padahal mandi memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita. Sebaliknya, jika diabaikan, beberapa dampak buruk akan senantiasa menanti kalian yang jarang mandi.

Efek negatif jarang mandi ini tak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja. Beberapa efek negatif ini bahkan juga bisa mempengaruhi hal lain termasuk Psikologis. Penasaran apa saja efek buruk dari kebiasaan jarang mandi? Berikut 8 efek negatif jarang mandi yang berhasil tim WowKeren rangkum.

1. Jarang Mandi Tentunya Bakal Bikin Bau Badan Yang Enggak Sedap


Jarang Mandi Tentunya Bakal Bikin Bau Badan Yang Enggak Sedap

Efek pertama yang bakal kalian hadapi saat malas mandi tentunya adalah persoalan bau badan. Kalian mungkin selama ini selalu mengira berkeringat adalah hal yang menyebabkan bau badan padahal hal ini ternyata enggak benar.

Bau badan sebenarnya dihasilkan dari gas yang dikeluarkan oleh bakteri karena mereka mengkonsumsi protein tubuh dan asam lemak. Saat kita jarang mandi, otomatis bakteri jahat yang menghasilkan bau badan akan tetap berada di tubuh dan bahkan makin berkembang. Semakin banyak bakteri, maka semakin tak sedap aroma tubuh kalian.

2. Jarang Mandi Juga Bakal Bikin Daya Tahan Tubuh Kalian Makin Menurun


Jarang Mandi Juga Bakal Bikin Daya Tahan Tubuh Kalian Makin Menurun

Kalian mungkin selama ini kamu masih beranggapan bahwa mandi tidaklah penting. Padahal, mandi sebenarnya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian loh. Berbagai kuman yang ada di permukaan tubuh bisa hilang karena guyuran air dan sabun. Tubuh lemas yang tersiram air dingin bisa memicu aktivitas sel darah putih lebih meningkat.

Peningkatan aktivitas sel darah putih ini bisa membantu kalian memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Hasilnya daya tahan tubuh kalian bisa menjadi lebih baik dan enggak mudah sakit lagi. Pertahanan tubuh yang minim dan kondisi yang tidak bersih juga bisa membuat virus flu gampang menempel. Akibatnya tertular flu menjadi lebih gampang terjadi.

3. Iritasi Kulit Bakal Sering Terjadi Jika Kalian Malas Banget Mandi


Iritasi Kulit Bakal Sering Terjadi Jika Kalian Malas Banget Mandi

Jarang mandi berarti makin banyak kotoran dan minyak yang menempel pada kulit kalian. Meskipun tak kasat mata, namun minyak berlebih yang terdapat pada kulit akan makin bertumpuk dan akan diperparah dengan debu. Apalagi lubang pori-pori di permukaan kulit adalah sarang yang nyaman bagi kuman, bakteri jahat, debu, minyak, dan kotoran.

Akibatnya pori-pori yang tersumbat bisa menyebabkan berbagai masalah kulit termasuk iritasi kulit. Iritasi ini mungkin bisa menyebabkan masalah lain yakni gatal-gatal, eksim, serta infeksi bakteri dan jamur. Jadi mulai sekarang rajinlah mandi agar kesehatan kulit selalu terjaga ya.

4. Malas Mandi Bahkan Bisa Membuat Kesuburan Berkurang Loh


Malas Mandi Bahkan Bisa Membuat Kesuburan Berkurang Loh

Enggak hanya berpengaruh pada kesehatan luar tubuh saja, namun rupanya mandi juga bisa mempengaruhi kesuburan seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan di London, mandi dengan air dingin di waktu pagi bisa meningkatnya produksi hormon testosteron bagi pria serta hormon estrogen pada wanita.

Seperti yang diketahui bahwa hormon testoteron dan estrogen ini adalah salah satu hormon kunci kesuburan seseorang. Ketika kadar hormon testosteron menurun, pria akan mengalami gejala yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti ketidaksuburan. Begitu pula dengan hormon estrogen yang secara khusus berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan organ seksual wanita.

5. Tidur Sering Tak Nyenyak? Bisa Jadi Akibat Kebiasaan Jarang Mandi


Tidur Sering Tak Nyenyak? Bisa Jadi Akibat Kebiasaan Jarang Mandi

Kalian sering enggak nyenyak saat tidur? Atau bahkan sering mimpi buruk? Cobalah untuk menyempatkan diri mandi sebelum tidur untuk mengatasinya. Mandi nyatanya bisa menjadi jurus ampuh untuk memperlancar peredaran darah, apalagi jika kamu mandi dengan air hangat.

Dengan mandi air hangat sebelum tidur, maka otak kalian terpicu untuk menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi dalam siklus harian tubuhmu dan menghasilkan sensasi relaksasi yang membuat tidurmu lebih nyenyak. Jadi, jangan malas mandi ya jika ingin kualitas tidur kalian jadi lebih baik.

6. Hati-hati Wajah Rentan Mengalami Penuaan Dini Jika Kalian Jarang Mandi


Hati-hati Wajah Rentan Mengalami Penuaan Dini Jika Kalian Jarang Mandi

Seperti halnya manusia, kulit juga membutuhkan asupan air untuk melembabkan dirinya sendiri. Orang yang jarang mandi akan rentan mengalami penuaan dini termasuk kerutan dan keriput. Hal ini karena kulit yang jarang tersiram air bakal menyebabkannya menjadi mudah kering dan berkerut.

Air yang terguyur ke tubuhmu akan membuat kulit kalian jadi lebih lembab dan terlihat cerah. Ion oksigen yang terserap ke pori-pori kulit juga bakal membuat kulit jadi lebih indah dan sehat. Dengan begitu, penampilan kalian akan terlihat lebih menawan dan segar kapan saja.

7. Susah Konsentrasi Ternyata Juga Bisa Disebabkan Karena Jarang Mandi


Susah Konsentrasi Ternyata Juga Bisa Disebabkan Karena Jarang Mandi

Kondisi tubuh yang kotor dan lesu mengakibatkan otakmu tak bekerja dengan baik dan bahkan menimbulkan rasa kantuk yang dalam. Sebaliknya, mengosokkan sabun ke tubuh dengan wewangian bisa membuat otak dan tubuhmu menjadi lebih relaks. Inilah alasan mengapa kalian jadi lebih segar saat mandi di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah atau kantor.

Selain itu, mandi juga bisa meningkatkan daya ingat kalian loh. Beberapa aroma herbal pada sabun juga bisa mempertajam ingatan, menenangkan pikiran, dan bahkan mendongkrak mood kalian jadi lebih baik. Jadi pastikan kalian mandi dengan menggunakan sabut yang wanginya menyengangkan agar hari jadi lebih ceria ya.

8. Waspadai, Jarang Mandi Bahkan Bisa Bikin Stress Makin Bertumpuk


Waspadai, Jarang Mandi Bahkan Bisa Bikin Stress Makin Bertumpuk

Enggak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, jarang mandi juga bisa mempengaruhi kesehatan psikologis kalian. Jika kalian sedang dirundung masalah dan bahkan mengalami stress akhir-akhir ini, cobalah tenangkan pikiran dengan mandi air hangat dan sabun beraroma terapi.

Mandi air hangat dapat memberikan sensasi relaksasi yang bisa membuat pikiran harian jadi lebih jernih. Selain itu, aroma wangi sabun mandi juga bisa membuat kalian jadi lebih bersemangat dan membuat pikiran jernih kembali. Setelah pikiran jadi jernih kalian jadi bisa menyelesaikan masalah kalian dengan baik. Jangan lupa simak juga kebisaan buruk saat mandi di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...