Marvel Ternyata Pernah Bangkrut Sebelum Sukses Lewat 'Iron Man' Hingga 'Avengers: Endgame'
Marvel Studios
Film

Jauh sebelum merilis 'Iron Man' sebagai proyek pertama MCU, Marvel pernah membuat film 'Howard the Duck' yang penghasilannya bahkan kurang dari separuh biaya produksi.

WowKeren - Rasanya tak berlebihan apabila Marvel Studios dibilang sebagai salah satu studio raksasa yang selalu berhasil meluncurkan film-film blockbuster dengan keuntungan fantastis. Namun tahukah kamu kalau Marvel Studios pernah mengalami kebangkrutan sebelum era "Iron Man" dimulai?

Usut punya usut, "Iron Man" yang dirilis pada tahun 2008 silam bukanlah film debut pertama Marvel Studios. Film yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. tersebut memang menjadi proyek Marvel Cinematic Universe (MCU) pertama mereka, yang sekaligus mengubah identitas Marvel sebagai studio yang khusus membesut franchise superhero.


Namun jauh sebelumnya, Marvel pernah merilis film bertajuk "Howard the Duck" pada tahun 1986. Sesuai dengan judulnya, film tersebut bercerita tentang karakter Howard si bebek yang berasal dari Duckworld. Ia mendarat ke Bumi untuk membantu menghentikan serbuan pasukan alien berbahaya dengan bantuan seorang penyanyi rock.

Kala itu, "Howard the Duck" tercatat menghabiskan biaya produksi sebesar USD 37 juta. Namun sayangnya, film ini hanya mampu menghasilkan keuntungan kurang dari separuhnya, yaitu sekitar USD 15 juta. Alhasil, ini menjadi kegagalan besar bagi Marvel Studios.

Di akhir tahun 1980-an hingga awal 1990-an, Marvel Comics menjadi salah satu komik yang sangat populer dan melejit di pasaran. Tepatnya saat Ron Perelman mengambil alih Marvel dan membuat perusahaan ini melantai di bursa saham.

Namun Marvel kembali terpuruk pada tahun 1995, ketika Ron memilih untuk membeli saham Toybiz, yaitu sebuah perusahaan mainan anak-anak. Pembelian ini bertujuan sebagai selebrasi agar superhero di bawah naungan Marvel bisa tayang di layar kaca. Akan tetapi keputusan ini justru membuat Marvel mengalami masalah finansial hingga tahun 1996.

Pada tahun 1998, proyek pertama Marvel Studios, "Blade", dirilis. Dengan biaya produksi sebesar USD 45 juta, Marvel perlahan bisa menutupi kebangkrutan mereka perlahan lantaran film ini meraih keuntungan sebesar USD 70 juta.

Setelahnya, Marvel lebih percaya diri merilis film-film superhero lainnya, tak terkecuali "Iron Man" yang menandai era kebangkitan Marvel Studios. Diketahui, film yang disutradarai oleh Jon Favreau ini menghasilkan laba bersih sebesar USD 1 miliar.

Setelah kesuksesan "Iron Man", Marvel pun kemudian melakukan promosi besar-besaran dan terbukti menghasilkan film-film unggulan di box office. Hingga kini, ada sekitar 22 film superhero yang sudah dirilis Marvel Studios dalam kurun waktu 10 tahun belakangan.

Mulai dari seri "Iron Man" sendiri yang berkembang menjadi trilogi, kemudian seri "Thor", seri "Captain America: The First Avenger", seri "The Avengers", seri "Guardians of the Galaxy", seri "Ant-Man", seri "Spider-Man: Homecoming", hingga "Doctor Strange", "Black Panther", maupun "Captain Marvel".

Bahkan seri terakhir "The Avengers", yakni "Avengers: Endgame", tercatat memecahkan rekor sebagai film terlaris sepanjang masa. Sepanjang pemutarannya sejak April lalu, film ini sudah mengumpulkan keuntungan global hingga USD 2,790 juta.

You can share this post!

Related Posts
Loading...