Dianggap Mumpuni Soal Budaya, Megawati Tunjuk Risma Jadi Ketua DPP PDIP
Nasional

Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saeful Hidayat menilai bahwa Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memang memiliki kecakapan menggeluti masalah kebudayaan.

WowKeren - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah melantik jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat PDIP periode 2019-2024. Salah satunya adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mendapat kehormatan untuk menjabat sebagai Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP.

Namun sayangnya, Risma tak terlihat hadir dalam pengukuhan itu di Kongres V PDIP di Grand Inna Bali Beach Hotel, Bali. "Untuk bidang kebudayaan hari ini mohon maaf (tak bisa hadir). Karena sedang bongkar sekolah katanya, Bu Tri Rismaharini," ujar Megawati.

Sebelumnya, Risma sempat menghadiri acara pembukaan kongres di hari sebelumnya, Kamis (8/8). Kehadiran Risma ini sempat mengundang perhatian lantaran ia datang dengan naik ojek online demi menghindari macet.

Seperti diketahui sebelumnya, Risma merupakan salah satu kader PDIP namun ia tidak memegang posisi struktural dalam PDIP maupun DPD. Sementara itu, Ketua DPP PDIP bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saeful Hidayat menilai bahwa Risma memang cocok untuk menduduki jabatan tersebut.


Sebab, Risma dianggap memiliki kecakapan yang diharapkan untuk menggeluti masalah kebudayaan. "Karena persoalan persoalan intoleransi, persoalan perpecahan bangsa ini potensinya salah satu caranya adalah dengan pendekatan kebudayaan," kata Djarot di Bali, Sabtu (10/8).

Selain itu, posisi Ketua DPP yang dijabat oleh Risma ini juga bisa dibilang masih baru. Pada format kepengurusan periode 2015-2020, PDIP membentuk dua struktural yang menyentuh sektor kebudayaan. Yang pertama adalah Ketua bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diberikan kepada Andreas Hugo Pareira serta Ketua bidang Pendidikan dan Kebudayaan yang ditempati I Made Urip.

Dalam pelantikan tersebut, Megawati juga mengukuhkan Hasto Kristiyanto sebagai Sekretaris Jenderal untuk periode berikutnya. Hal ini merupakan sejarah baru mengingat Hasto sudah pernah menjabat Sekjen di periode sebelumnya.

"Jadi sekretaris jenderal adalah Hasto Kristiyanto," kata Megawati. "Jadi saya kan mikir, si Hasto ini, bosen juga ya."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru