Demi Keamanan Nasional, Zakir Naik Akhirnya Dilarang Ceramah di Seluruh Malaysia
Nasional

Sebelumnya, sudah ada tujuh negara bagian Malaysia yang telah mengeluarkan larangan terhadap Zakir Naik untuk memberikan ceramah saat ia tengah menjadi sorotan terkait pernyataan rasis.

WowKeren - Kontroversi yang melibatkan penceramah kondang Zakir Naik di Malaysia memasuki babak baru. Seperti diketahui sebelumnya, Zakir ramai menjadi sorotan usai mengeluarkan pernyataan kontroversial yang dianggap menyinggung etnis tertentu di negeri jiran tersebut.

Pemerintah Malaysia akhirnya memutuskan untuk melarang Zakir memberikan ceramah di seluruh wilayah. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan Malaysia.

Dilansir dari Malay Mail, Zakir dilarang menyampaikan ceramah ke publik di seluruh negara bagian. Perintah ini sudah beredar dan dikonfirmasi kebenarannya oleh Juru Bicara Polisi Diraja Malaysia, Datuk Asmawati Ahmad.

"Ya. Perintah itu telah diterbitkan kepada semua kepolisian," kata Asmawati dilansir dari Malay Mail, Selasa (20/8). "Dan ini telah dilakukan demi kepentingan keamanan nasional dan untuk menjaga harmoni rasial."


Sebelumnya, sudah ada tujuh negara bagian yang melarang Zakir untuk memberikan ceramah. Larangan tersebut dikeluarkan saat Zakir tengah menjadi sorotan akibat pernyataannya yang kontroversial terkait etnis minoritas di Malaysia.

Ketujuh negara bagian yang melarang Zakir tersebut terdiri atas Melaka, Johor, Selangor, Penang, Kedah, Perlis, dan Sarawak. Larangan tersebut dikeluarkan pemerintah Malaysia untuk menghindari isu-isu yang bisa memicu ketegangan antar ras di masyarakat. Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Menteri Melaka Adly Zahari.

Kepolisian Malaysia tengah menyelidiki Zakir terkait komentar yang dianggap tidak menghormati etnis Tiongkok dan minoritas Hindu di Malaysia. Atas perbuatannya itu, ia diselidiki atas dugaan melanggar Pasal 504 UU Pidana Malaysia, yang mengatur soal tindak penghinaan secara sengaja dengan niat memprovokasi untuk merusak perdamaian.

Sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menilai bahwa Zakir tengah berupaya untuk melakukan campur tangan di ranah politik Malaysia. Mahathir menilai isi ceramah Zakir, yang menyinggung soal etnis Tionghoa dan India di Malaysia, bersifat menghasut.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait