Suka Minum Sambil Berdiri? Jangan Dibiasakan, Karena 8 Bahaya Ini Akan Mengintaimu
Health

Terkadang kita meremehkan kebiasaan minum sambil berdiri dan menganggapnya normal-normal saja. Namun perlu diketahui jika minum sambil berdiri rupanya memiliki banyak dampak buruk pada kesehatan seperti berikut ini.

WowKeren - Minum air putih merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Hal ini disebabkan karena air merupakan kunci agar manusia tetap terhidrasi dengan baik. Dan jika seseorang kekurangan cairan, dia berisiko terserang berbagai penyakit. Idealnya, setiap orang hendaknya minum hingga delapan gelas air setiap hari.

Namun tanpa disadari ada beberapa kebiasaan minum yang salah tapi sering kita lakukan, yakni minum sambil berdiri. Beberapa faktor mungkin bisa kita jadikan alasan, namun sebaiknya perilaku ini mulai kita tinggalkan.


Pasalnya, minum sambil berdiri selain tidak dianjurkan oleh ajaran agama maupun etika, hal ini rupanya juga berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring yang disebut dengan sfringer, yaitu kumpulan serabut otot yang bekerja untuk membuka dan menutup jalur alamiah pada tubuh.

Nah, mau tahu bahaya apa saja yang bisa kamu dapatkan jika memiliki kebiasaan minum sambil berdiri? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Awas, Minum Sambil Berdiri Bisa Merusak Sistem Pencernaan dan Menyebabkan Gangguan Pada Perut


Awas, Minum Sambil Berdiri Bisa Merusak Sistem Pencernaan dan Menyebabkan Gangguan Pada Perut

Ketika seseorang minum sambil berdiri, tenggorokan akan mengalami penyempitan dan berkerut. Lalu air akan masuk ke dalam tubuh dengan cepat tanpa melewati dinding usus dan menciprat ke dinding perut.

Cipratan ini bisa menyebabkan rusaknya sistem pencernaan dalam jangka panjang. Hal ini akan menyulitkan makanan untuk diproses dengan lancar pada jaringan pencernaan. Akibatnya, seseorang akan merasakan nyeri pada bagian perut, sehingga perut jadi kembung, mual dan merasa kurang nyaman.

2. Lambung Akan Sangat Terdampak Jika Kita Minum Sambil Berdiri


Lambung Akan Sangat Terdampak Jika Kita Minum Sambil Berdiri

Saat kita minum sambil berdiri, lambung adalah organ tubuh yang paling terpengaruh dampak buruk. Hal ini disebabkan karena tekanan air yang diminum saat berdiri akan mengejutkan bagian saluran (spincter) yang menuju ke lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang biasa disebut dengan kenaikan asam lambung.

Asam dalam lambung yang seharusnya dapat diencerkan justru akan tercampur naik, sehingga akan menyebabkan sensasi panas di bagian perut. Selain itu, jika seseorang minum sambil berdiri, dinding lambung akan terkikis dan terluka. Padahal, lambung merupakan bagian yang sangat penting dalam pencernaan. Sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian lambung, hal ini bisa membahayakan sistem pencernaan lainnya.

3. Jika Minum Sambil Berdiri, Kamu Berisiko Terkena Artritis Loh


Jika Minum Sambil Berdiri, Kamu Berisiko Terkena Artritis Loh

Dampak buruk selanjutnya yang bisa kamu dapatkan jika terlalu sering minum sambil berdiri adalah risiko terkena artritis. Artritis sendiri adalah peradangan pada salah satu atau lebih dari satu sendi. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dan kekakuan yang bisa memburuk seiring dengan bertambahnya usia.

Pertanyaannya, kenapa minum sambil berdiri bisa menyebabkan artritis? Karena minum sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh, karena air yang masuk akan tersebar dan tidak disalurkan secara merata, termasuk ke bagian sendi.

Akibatnya, akan terjadi penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh yang kemudian menyebabkan artritis. Dan jika sudah terkena artritis, seseorang akan kesulitan untuk bergerak dengan bebas.

4. Hati-Hati, Saluran Kemih Bisa Terganggu Jika Terlalu Sering Minum Sambil Berdiri


Hati-Hati, Saluran Kemih Bisa Terganggu Jika Terlalu Sering Minum Sambil Berdiri

Minum air sambil berdiri ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Hal ini disebabkan karena minum sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal menjadi tidak normal.

Air yang mengalir langsung ke sistem pencernaan dapat menyebabkan tumpukan kotoran di ginjal dan kandung kemih. Akibatnya, saluran kemih akan mengalami gangguan. Jika kondisi ini dibiarkan saja dalam jangka panjang, ginjal bisa mengalami kerusakan permanen.

5. Jangan Dibiasakan, Minum Sambil Berdiri Bisa Mempengaruhi Kesehatan Jantung!


Jangan Dibiasakan, Minum Sambil Berdiri Bisa Mempengaruhi Kesehatan Jantung!

Tanpa kita sadari, saraf tubuh bisa menegang ketika kita minum sambil berdiri. Hal ini disebabkan karena terjadi refleksi saraf yang disebabkan oleh reaksi tiba-tiba dari saraf kelana yang tersebar di hampir semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan organ usus kecil dan besar.

Selain itu, sistem saraf simpatik akan aktif untuk menahan semua otot dan menjaga keseimbangan. Saraf kelana dan saraf simpatik sendiri adalah sistem saraf yang berhubungan dengan jantung. Jika kedua saraf ini berefleksi, maka akan berpengaruh juga pada detak jantung kita. Karena itu, jika kamu sering minum sambil berdiri, kamu berisiko terserang penyakit jantung.

6. Kesehatan Ginjal Juga Bisa Terpengaruh Jika Kamu Minum Sambil Berdiri


Kesehatan Ginjal Juga Bisa Terpengaruh Jika Kamu Minum Sambil Berdiri

Minum sambil berdiri ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan minum sambil berdiri bisa membuat ginjal tidak menyaring air yang masuk ke dalam tubuh dengan benar.

Sebab aliran air dari tubuh ke ginjal dalam tekanan tinggi akan membuat kinerja dan beban ginjal semakin berat. Akibatnya, kotoran cenderung tertahan di dalam kandung kemih. Dan kondisi ini bisa memicu kerusakan permanen dan masalah serius pada organ ginjal. Jadi jangan dibiasakan minum sambil berdiri ya.

7. Kamu Sering Minum Sambil Berdiri? Awas, Keseimbangan Tubuhmu Bisa Terganggu Loh


Kamu Sering Minum Sambil Berdiri? Awas, Keseimbangan Tubuhmu Bisa Terganggu Loh

Dampak buruk berikutnya yang bisa kita dapatkan jika terlalu sering minum sambil berdiri adalah terganggunya keseimbangan tubuh. Hal ini disebabkan karena minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras untuk menstabilkan kondisi tubuh yang tegang.

Akibatnya, saraf-saraf tubuh akan berada dalam kondisi stres yang bisa memicu munculnya disfungsi saraf. Kondisi ini bisa berpengaruh pada keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh kita.

8. Haus Akan Susah Hilang Jika Kamu Terus Minum Sambil Berdiri


Haus Akan Susah Hilang Jika Kamu Terus Minum Sambil Berdiri

Jika kamu terus-menerus minum sambil berdiri, kamu akan tetap merasa haus meskipun minum dalam jumlah banyak. Hal ini disebabkan karena air akan menyebar kemana-mana dan tidak terserap dengan sempurna oleh tubuh. Selain itu, air juga tidak akan menyumbang nutrisi dan vitamin yang dapat memuaskan dahaga dalam tubuh.

Karena itu, sebaiknya kita minum sambil duduk, karena organ pencernaan maupun saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk. Karena itu, jika kamu terbiasa minum sambil berdiri, mulai tinggalkan kebiasaan ini ya, daripada berisiko terserang berbagai penyakit di atas.

Demikian delapan bahaya yang bisa kamu dapatkan jika terlalu sering minum sambil berdiri. Simak juga artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, kamu juga hendaknya berhati-hati pada delapan kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan otak seperti berikut ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...