Momen Haru Ruben Onsu Saat Jalani Upacara Adat Adopsi Anak 'Rusak' Gara-Gara Ayam
Instagram/ruben_onsu
Selebriti

Ruben Onsu menceritakan detail lain dari upacara adat adopsi anak yang baru saja dilakukan olehnya pada Sabtu (5/10) di kampung halaman Betrand Peto. Rupanya ada kejadian yang cukup lucu.

WowKeren - Ruben Onsu baru saja menyambangi kampung halaman Betrand Peto di desa Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melakukan upacara adat adopsi anak. Upacara adat tersebut merupakan simbol penyerahan Betrand dari orangtua kandungnya untuk dididik dan dibesarkan oleh Ruben serta Sarwendah. Upacara ini pun digelar dengan penuh haru.

Tapi siapa sangka, momen haru saat upacara adat adopsi Betrand Onsu sempat diwarnai dengan momen cukup lucu. Di mana ritual dalam upacara adat tersebut menggunakan ayam sebagai sarana upacara. Hal ini jelas membuat Ruben terganggu. Pasalnya kakak Jordi Onsu itu memang diketahui sangat takut ayam.

Ruben mengatakan bahwa dari penyambutan hingga prosesi menyertakan ayam. Presenter acara "Brownis" itu pun mengaku sangat deg-degan lantaran harus berurusan dengan ayam selama menjalani upacara adat. Beruntung Betrand tak takut ayam dan memutuskan untuk menggantikan sang ayah mengambil seekor ayam di awal upacara penyambutan.


"Cuman Ka, dari sambutan awal sampai akhir gue deg-degan, sedih, campur aduk karena semua sambutannya menggunakan ayam," kata Ruben Onsu dilansir dari YouTube ESGE Entertainment, Senin (7/10). "Penerjemah gue kan pakai bahasa sana ya Kak, gue pakai translater, 'Mas Ruben ambil (ayam)'. 'Hah bapak kan tahu saya enggak pernah berani sama ayam, enggak mau, enggak mau'. Terus dia (Betrand) dengan jantannya bilang, 'Udah ayah, kakak yang ambil'. Katanya gitu."

Ruben kemudian menceritakan detail-detail lain soal upacara adat penyerahan Betrand dari kedua orangtuanya. Diantaranya, Ruben mengungkap sengaja memilih tanggal 5 Oktober untuk menggelar acara ini untuk menyamakan dengan tanggal lahir kedua anaknya, Thalia dan Thania yang juga tanggal 5.

"Angka baik, hari baik dan semua ada perhitungannya. Saya sama kayak melahirkan anak karena semua anak saya lahir di tanggal 5. Thalia, Thania tanggal 5. Betrand pun kan tanggal 5," jelas Ruben Onsu. "Yang sebenernya banyak orang yang enggak ngeh kenapa saya memilih tanggal 5, ya karena anak saya semua lahir di tanggal 5. Jadi saya sama istri saya sepakat setelah ada hitung-hitungan yang cukup panjang dengan budaya saya, akhirnya tanggal 5 itu untuk memutuskan untuk datang ke NTT."

(wk/nur2)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait