Jokowi Bakal Bangun 4.000 BTS Percepat Koneksi Internet: Paling Banyak di Indonesia Timur
Nasional

Pembangunan 4.000 Base Transceiver Station (BTS) akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang. Hal itu sebagai kelanjutan komitmen untuk menghadirkan internet cepat di seluruh Indonesia.

WowKeren - Pemerintah terus berupaya mewujudkan komitmen untuk menghadirkan internet cepat yang merata di seluruh Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan diresmikannya "tol langit" Palapa Ring pada hari ini, Senin (14/10).

Pembangunan infrastruktur internet cepat tak berhenti sampai di situ. Presiden Joko Widodo alias Jokowi berencana membangun 4.000 Base Transceiver Station (BTS) pada 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan video conference bersama sejumlah negara. Video conference tersebut dilakukan dengan memanfaatkan jaringan Palapa Ring untuk menguji kualitas video.

Dikatakan Jokowi, pembangunan BTS itu akan lebih difokuskan di wilayah Indonesia bagian Timur. "Tahun depan kita akan bangun 4.000 BTS lagi, mungkin paling banyak di Indonesia timur," ungkap Jokowi, Senin (14/10).

Jokowi melanjutkan bahwa pembangunan BTS tersebut bertujuan untuk semakin mempercepat koneksi internet di Indonesia. Ia bersyukur bahwa upaya menyambung jaringan internet dari Indonesia barat ke timur sudah berhasil dilakukan dengan Palapa Ring.


"Kita bangun lagi infrastruktur untuk mempercepat internet kita," tutur Jokowi. "Tapi yang paling penting, Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur sudah tersambung 100 persen."

Dengan diresmikannya tol langit tersebut, Jokowi berharap bisa menghadirkan keadilan yang merata bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Ia ingin memberikan kesempatan yang sama bagi warga yang ada tinggal di wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan timur untuk mendapatkan akses internet cepat.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan agar masyarakat bisa menggunakan akses internet cepat dengan bijak. Ia tak ingin jika kemajuan ini justru disalahgunakan untuk menyebarkan berita hoaks.

"Ujaran kebencian, enggak, enggak boleh dipakai untuk ini," kata Jokowi. "Ini bukan untuk hal itu, fitnah enggak, untuk hoaks enggak, untuk fake news enggak. Ini yang harus dicegah."

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara menegaskan bahwa dengan diresmikannya Palapa Ring, 500 lebih kabupaten di Indonesia dipastikan sudah terhubung dengan internet. "Dengan peresmian ini, maka 514 kabupaten kota sudah tidak ada yang tidak terhubung dengan jalan tol," kata Rudiantara.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait