Ampuh Kontrol Diabetes hingga Redakan Cemas, Ini 8 Manfaat Air Rebusan Daun Mangga untuk Kesehatan
Health

Daun mangga memiliki banyak kandungan baik yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mau tahu apa saja manfaat air rebusan daun mangga? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Buah mangga dikenal sebagai salah buah yang memiliki banyak penggemar. Karena selain harganya yang cenderung murah, buah ini juga memiliki rasa yang nikmat dan kaya akan vitamin C.

Pohon buah mangga pun sangat mudah tumbuh, sehingga tidak sedikit orang yang memilikinya di pekarangan rumah. Saat musim panen tiba seperti ini, orang-orang hanya mengambil buahnya saja dan menyingkirkan daunnya karena dianggap tidak berguna. Padahal, daun mangga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.


Hal ini disebabkan karena daun mangga mengandung vitamin A, B, C dan antioksidan termasuk fenol dan flavonoid. Karena itulah daun mangga bersifat anti virus, kardiotonik, hipotensi dan anti inflamasi.

Untuk menjadikannya obat, kita harus merebus daun mangga dengan air atau dibuat seperti minuman teh. Nah, mau tahu manfaat apa saja yang dimiliki daun mangga untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Ingin Mengobatasi Asma dan Masalah Pernafasan Lainnya? Manfaatkan Saja Air Rebusan Daun Mangga


Ingin Mengobatasi Asma dan Masalah Pernafasan Lainnya? Manfaatkan Saja Air Rebusan Daun Mangga

Debu, kotoran, asap kendaraan maupun rokok akan membuat kualitas udara tercemar. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada pernafasan, seperti asma maupun bronkitis. Jika sudah demikian, bernafas pun akan terasa sangat sulit. Nah, jika ingin mengatasi masalah ini kamu bisa memanfaatkan air rebusan daun mangga.

Cara membuatnya sangat mudah. Rebus beberapa lembar daun mangga dengan air dan campur dengan sedikit madu. Rebus hingga benar-benar mendidih lalu minum saat hangat dan rutin sampai sembuh.

2. Musim Pancaroba Rentan Batuk dan Demam? Tenang, Atasi itu dengan Rebusan Air Daun Mangga


Musim Pancaroba Rentan Batuk dan Demam? Tenang, Atasi itu dengan Rebusan Air Daun Mangga

Saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia telah memasuki musim pancaroba. Saat musim pancaroba, kita dipaksa untuk menyesuaikan kondisi udara dan temperatur yang berubah-ubah. Bakteri dan virus juga berkembang biak dengan cepat di musim ini. Sehingga tidak heran seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah akan rentan terserang penyakit di musim pancaroba. Salah satunya adalah batuk dan demam.

Penyakit ini memang tergolong ringan dan cepat sembuh. Namun tidak dapat dipungkiri jika berbagai aktivitas kita akan terganggu karenanya. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkan air rebusan daun mangga untuk mengobati penyakit ini. Karena selain lebih alami, air rebusan daun mangga juga cukup mujarab untuk menyembuhkan batuk dan demam. Caranya pun mudah, cukup minum air rebusan daun mangga secara teratur sampai sembuh.

3. Air Rebusan Daun Mangga Juga Bisa Mengontrol Diabetes Loh!


Air Rebusan Daun Mangga Juga Bisa Mengontrol Diabetes Loh!

Daun mangga mengandung zat tanin dan antocyanin yang bisa mengobati diabetes awal. Selain itu, air rebusan daun mangga juga akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan melancarkan distribusi glukosa yang bisa menstabilkan tingkat gula darah dan mengontrol diabetes.

Sebuah penelitian di Eropa bahkan mengklaim jika teh dari daun mangga mampu memperlambat perkembangan diabetes. Untuk mendapatkan sejumlah manfaat ini, keringkan daun mangga dan jadikan bubuk untuk digunakan sebagai infuse. Selain itu, kamu juga bisa merendam atau merebus daun mangga dengan air lalu konsumsi secara rutin untuk meringankan gejala diabetes.

4. Cegah Demensia dan Tingkatkan Fungsi Kognitif dengan Minum Air Rebusan Daun Mangga


Cegah Demensia dan Tingkatkan Fungsi Kognitif dengan Minum Air Rebusan Daun Mangga

Air rebusan daun mangga juga memiliki manfaat baik bagi pasien diabetes tipe 2. Pasalnya pasien diabetes tipe 2 berisiko mengalami penyakit Alzheimer dan demensia vaskular yang merupakan penyebab paling umum dari demensia. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Brain Pathology, ekstrak daun mangga bisa meningkatkan patologi sentral dan memperbaiki kognitif pada pasien diabetes tipe 2.

5. Mengalami Gangguan Pada Telinga? Obati Saja dengan Air Rebusan Daun Mangga


Mengalami Gangguan Pada Telinga? Obati Saja dengan Air Rebusan Daun Mangga

Ada kalanya kita mengalami gangguan di bagian telinga. Sakit pada telinga sendiri kadang sangat mengganggu, karena bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Jika mengalami hal ini, kamu bisa memanfaatkan air rebusan daun mangga untuk mengobatinya.

Kamu bisa membuat tetes telinga dari ekstrak daun mangga. Caranya pun sangat mudah. Hancurkan daun mangga dengan blender, lalu saring ampasnya. Hangatkan ekstrak daun mangga dengan api kecil. Setelah hangat dan cukup aman, teteskan air itu sedikit demi sedikit ke dalam telinga. Lakukan dengan rutin, maka sakit telinga yang kamu rasakan perlahan berkurang.

6. Apa Kamu Mengalami Cemas Berlebih? Segera Atasi dengan Konsumsi Air Rebusan Daun Mangga


Apa Kamu Mengalami Cemas Berlebih? Segera Atasi dengan Konsumsi Air Rebusan Daun Mangga

Ada banyak hal dalam hidup yang bisa membuat kita cemas secara berlebihan. Jika itu terjadi, aktivitas harian kita pun akan terganggu. Agar kondisi ini tidak semakin memburuk, tentu kita harus segera mengatasinya. Nah, salah satunya adalah dengan menggunakan air rebusan daun mangga.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa air rebusan daun mangga bisa digunakan untuk meredakan gejala cemas berlebihan, tapi cara satu ini memang cukup ampuh. Caranya pun mudah, kamu bisa mengambil segenggam daun mangga lalu cuci bersih dan gunting kecil-kecil. Setelah itu campur potongan daun tersebut pada bak berisi air hangat. Jika sudah, kamu bisa berendam di sana dengan tenang.

7. Air Rebusan Daun Mangga Juga Bisa MenurunkanTekanan Darah Tinggi Loh


Air Rebusan Daun Mangga Juga Bisa MenurunkanTekanan Darah Tinggi Loh

Manfaat lainnya dari air rebusan daun mangga adalah kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena daun mangga memiliki sifat hipotensi. Sehingga daun mangga bisa membantu memperkuat pembuluh darah dan mengobati masalah varises.

Untuk menjadikannya obat tekanan darah tinggi caranya sangat mudah. Rebus beberapa helai daun mangga dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Diamkan air itu semalaman lalu minum keesokan paginya. Minuman ini akan melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah bisa tetap stabil.

8. Sering Mengalami Sakit Perut? Obati Saja dengan Air Rebusan Daun Mangga


Sering Mengalami Sakit Perut? Obati Saja dengan Air Rebusan Daun Mangga

Sakit perut biasanya menimbulkan berbagai sensasi yang cukup menyiksa. Mulai dari kram, kaku hingga perasaan seperti ditusuk-tusuk. Jika sudah demikian, rasanya kita ingin berbaring saja dan aktivitas pun jadi terganggu. Jika kamu sering mengalami ini, sebaiknya manfaatkan air rebusan daun mangga untuk mengobatinya.

Caranya pun sangat mudah. Rebus daun mangga di dalam air hangat, kemudian tutup wadah yang berisi air hangat dan daun mangga lalu biarkan hingga semalaman. Minum air itu di pagi hari ketika perut masih kosong. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Demikian delapan manfaat air rebusan daun mangga untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat ajaib buah nanas untuk kesehatan. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah manfaat baik buah pisang untuk kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait