Marshanda Ungkap Kondisi Terkini Pasca Jalani Pengobatan Bipolar Selama Hampir 10 Tahun
Instagram/marshanda99
Selebriti

Marshanda didiagnosis mengalami gangguan jiwa bipolar oleh dokter usai mengunggah video kemarahan serta kesedihan pada 2009 silam. Kala itu, Marshanda mengaku depresi hingga halusinasi.

WowKeren - Pada 2009 silam, Marshanda sempat meluapkan kesedihan dan kemarahannya lewat YouTube. Beberapa tahun kemudian, aktris yang akrab disapa Caca itu mengaku depresi, halusinasi hingga tak bisa tidur. Mantan istri dari Ben Kasyafani itu didiagnosa mengalami gangguan jiwa bipolar oleh dokter.

Selama hampir 10 tahun, Caca berusaha menyembuhkan penyakitnya. Perempuan yang melejit berkat perannya dalam sinetron "Bidadari" ini mengungkap hampir sembuh dari penyakit gangguan jiwa itu.

"Hampir sembuh ya Insyaallah," kata Caca saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Jumat (15/11) seperti dilansir dari Suara. "Boleh deh kalau dibilang begitu (sembuh), kan doa kan ya."

Caca mengungkap kini perlahan sudah mulai mengurangi obat-obatan medis. Menurut ibu dengan 1 orang anak ini, seseorang yang menderita bipolar akan kembali kambuh bila berhenti mengonsumsi obat-obatan.


"Iya (mengurangi obat), alhamdulillah banget. Jujur, aku tadinya masih miss," sambung Caca. "Karena katanya kalau turun obat kan harus pelan-pelan, bisa jadi kalau orang secara psikologis belum sanggup dia akan musti banyak minum obat."

Beruntungnya saat mengurangi konsumsi obat-obatan medis tersebut, ia tak merasakan kembali gejala-gejala gangguan bipolar. Walau mengurangi obat medis, perempuan kelahiran 1989 ini mengimbanginya dengan obat-obatan herbal.

"Aku melihat sampai sekarang, 'oh alhamdulillah, aku baik-baik aja'. Aku tuh nungguin, gejala-gejala yang negatif tuh keluar, tapi nggak datang-datang," lanjut Caca. "Dan mungkin karena itu juga aku ganti alternatif yang herbal."

Bukan hanya pengobatan herbal, Caca menjalani sederet kegiatan penyembuhan lainnya. Ia melakukan meditasi serta membuat laporan tertulis untuk penyakit bipolarnya itu.

"Tapi aku disipilin. Tiap hari aku minum, jam tidur cukup, aku meditasi lah," tutur Caca. "Terus aku juga banyak healing-healing program lainnya yang aku lakukan secara konsisten. Dan selalu dua minggu sekali buat laporan tertulis, semuanya itu kayak ngerjain pr gitu."

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru