Mudah Dilakukan dan Tak Butuh Banyak Biaya, Ini 7 Cara Ampuh untuk Mengontrol Diabetes
Health

Diabetes dikenal sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Karena itulah mengontrol diabetes sangat penting dilakukan untuk menghindari komplikasi. Nah berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol diabetes.

WowKeren - Diabetes dikenal sebagai salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Bahkan data dari WHO menyebut bahwa diabetes telah meningkatkan risiko kematian dini pada seseorang.

Diabetes sendiri merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi insulin, sehingga tubuh tidak bisa menggunakan jumlah insulin yang ada dengan efektif. Padahal insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh. Akibatnya, gula darah akan berlebihan dan memunculkan penyakit diabetes. Diabetes bisa mendatangkan komplikasi kerusakan organ-organ vital dalam tubuh. Seperti menyebabkan kerusakan saraf, ginjal hingga jantung.

Karena itu kita harus bisa mengontrol diabetes dan membuat kadar gula darah berada dalam batas normal. Langkah ini mungkin membutuhkan perjuangan, namun hasilnya tentu akan sepadan untuk kesehatan. Selain itu, kita juga bisa menurunkan risiko terserang berbagai komplikasi diabetes, seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal bahkan kebutaan. Mau tahu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengontrol diabetes? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pertama, Rajin Cek Gula Darah untuk Mengontrol Diabetes


Pertama, Rajin Cek Gula Darah untuk Mengontrol Diabetes

Cara mengontrol diabetes pertama yang harus dilakukan adalah rutin mengecek gula darah. Hal ini perlu dilakukan untuk memantau normal tidaknya kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, langkah ini juga diperlukan untuk membantu Anda menentukan perlu tidaknya melakukan penyesuaian pada konsumsi makanan dan obat harian.

Usahakan untuk mengecek gula darah setiap hari. Jika tak ingin repot pergi ke dokter, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan glucose meter yang banyak dijual di pasaran. Tapi pastikan Anda telah paham dan mengerti betul cara menggunakan alat tersebut.

2. Selalu Menerapkan Pola Makan Sehat Bisa Membantu Mengontrol Diabetes


Selalu Menerapkan Pola Makan Sehat Bisa Membantu Mengontrol Diabetes

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengontrol diabetes adalah menerapkan pola makan sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi jumlah garam dan natrium yang dikonsumsi. Hindari juga makanan berlemak tinggi, makanan olahan maupun kemasan.

Meski terasa sulit jangan mudah menyerah. Lakukan langkah ini secara bertahap dan buatlah kebiasaan makan yang paling mudah dijalani. Kalau perlu, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter atau ahli gizi di rumah sakit terdekat. Dengan begitu Anda akan dibantu dalam menyusun pola makan sehat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

3. Kontrol Diabetes Anda dengan Menghitung Asupan Karbohidrat


Kontrol Diabetes Anda dengan Menghitung Asupan Karbohidrat

Bagi penderita diabetes, karbohidrat bisa diartikan sebagai musuh terbesar mereka. Hal ini disebabkan karena karbohidrat dapat menyebabkan peningkatan dan penurunan gula darah dengan cepat. Karena itulah penting untuk menghitung asupan karbohidrat harian agar Anda bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan menjaganya tetap normal.

Sebagian besar wanita membutuhkan 45 sampai 60 gram karbohidrat per sajian. Sedangkan para pria membutuhkan 60 sampai 75 gram karbohidrat. Nah, dalam 100 gram nasi atau pasta mengandung karbohidrat sebanyak 40 gram. Karena itulah Anda harus pandai-pandai agar tidak mengkonsumsi karbohidrat melebihi batas wajar.

Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda bisa mengkombinasikan asupan karbohidrat dengan protein seperti kacang-kacangan dan sayuran. Perpaduan ketiganya bisa membantu memperlambat sistem pencernaan, sehingga Anda akan merasa kenyang tanpa takut menaikkan gula darah.

4. Hindari Berbagai Hal yang Bisa Menyebabkan Stres untuk Mengontrol Diabetes


Hindari Berbagai Hal yang Bisa Menyebabkan Stres untuk Mengontrol Diabetes

Stres bisa menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kadar gula darah. Stres juga akan membuat Anda ingin terus makan, terutama makanan manis. Karena itulah menghindari berbagai hal yang bisa menyebabkan stres sangat penting untuk dilakukan agar Diabetes tak bertambah parah.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan stres. Misalnya melakukan hobi, mendengarkan musik, bermeditasi, bertemu dengan teman atau pasangan dan berbagai cara ampuh lainnya. Selain itu, kalian juga bisa mempertimbangkan untuk mengunduh delapan aplikasi ini guna mengatasi stres.

5. Olahraga Secara Teratur Bisa Membantu Mengontrol Diabetes Loh!


Olahraga Secara Teratur Bisa Membantu Mengontrol Diabetes Loh!

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, efek olahraga akan hilang dalam seminggu setelah Anda berhenti melakukannya. Karena itulah, lakukan olahraga secara teratur untuk mengontrol diabetes. Meskipun sibuk, usahakan untuk olahraga setidaknya selama 30 sampai 45 menit hingga lima kali dalam seminggu.

Anda bisa melakukan olahraga apapun, karena intinya Anda harus aktif bergerak setiap hari. Sehingga tidak masalah jika Anda hanya sekedar berjalan, bersepeda, berlari atau hanya naik turun tangga. Tapi jika benar-benar sibuk, Anda juga bisa melakukan deretan olahraga ringan ini karena sangat sederhana dan mudah dilakukan.

6. Menghindari Makanan dan Minuman Manis Sangat Ampuh dalam Mengontrol Diabetes


Menghindari Makanan dan Minuman Manis Sangat Ampuh dalam Mengontrol Diabetes

Pasien diabetes tentu harus mengurangi semua jenis makanan dan minuman manis. Hal ini disebabkan karena makanan dan minuman manis bisa meningkatkan kadar gula dalam darah yang akan memperparah kondisi penderita. Jika ingin makan dan minum sesuatu yang manis boleh-boleh saja, tapi sebaiknya makan dengan porsi kecil.

Selain itu, minuman manis juga mengandung glikemik yang tinggi dan meningkatkan risiko diabetes. Bahkan sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang minum satu atau lebih minuman manis per hari memiliki risiko 83 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi banyak minuman manis. Sebagai gantinya, kita bisa mengkonsumsi air putih, jus buah atau teh tanpa banyak gula atau pemanis buatan.

7. Istirahat yang Cukup Juga Bisa Membantu Mengontrol Diabetes


Istirahat yang Cukup Juga Bisa Membantu Mengontrol Diabetes

Nah, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol diabetes adalah beristirahat dengan cukup. Usahakan untuk selalu tidur selama 7 sampai 8 jam per hari agar tubuh selalu terjaga kesehatannya. Tidur larut malam atau bahkan menjelang pagi bisa meningkatkan risiko diabetes dan hipertensi. Selain itu, terlalu sering begadang juga berisiko mendatangkan berbagai bahaya seperti ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru