Marshanda Bicara Soal Kegagalan Rumah Tangga hingga Rencana untuk Menikah Lagi
Instagram/cecepreza_
Selebriti

Marshanda blak-blakan soal kehidupannya yang kerap dipandang berbeda oleh publik kepada Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama, terutama soal perceraiannya dengan Ben Kasyafani.

WowKeren - Vlog milik Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama belakangan mencuri perhatian publik karena mengundang sejumlah bintang tamu dengan pembahasan topik-topik menarik. Salah satunya Marshanda yang menjadi bintang tamu konten terbaru "Basa-Basi".

Dalam kesempatan tersebut, Marshanda bercerita tentang perceraiannya dengan Ben Kasyafani. Kendati bercerai, Marshanda mengaku tak merasa gagal dalam hidup. Marshanda pun telah siap membuka hati untuk menjalani rumah tangga baru.

"Ada (keinginan menikah), tapi belom sih. Cuma enggak trauma, yang enggak mau nikah lagi ah," ujar Marshanda. "Ini satu statement yang aku percaya banget. Perceraian bukanlah kegagalan buat Marshanda. Maaf kalau banyak yang marah. Maaf kalau ada agama yang menganggap itu salah."

Lebih lanjut, Marshanda menjelaskan perjalanan hidupnya bak manusia sejak bayi yang berjalan merangkak, melangkah, hingga berlari. Kegagalan rumah tangganya dengan Ben hanya dianggap Marshanda sebagai salah satu "jatuh" dalam proses hidup.

"Bayi dari bayi sampai umur 3 tahun itu ada proses merangkak, dititah, sampai bisa jalan sama lari. Dia enggak akan ke level lari kalau enggak jatuh-jatuh," ungkap Marshanda. "Ya udah perceraian itu kayak waktu aku jatuh kayak anak bayi yang mau tumbuh jadi orang yang lebih bermanfaat bagi dirinya dan orang lain."


"Kalau misalkan lu mau nikah lagi, lu merasa harus ada yang diubah dari diri lu atau lu hanya perlu menemukan orang tepat yang bisa nerima diri lu?" tanya Andhika. Mendengar pertanyaan tersebut, Marshanda mengaku tak akan memaksa pasangannya kelak menerima kondisinya saat ini.

"Buat aku, dari yang aku pelajarin, kalau orang lain mau itu pacar, mau itu suami, mau itu anak, mau itu staf, mau itu partner kerja, mau itu pembantu di rumah kita, mau itu supir, kalau mereka buat salah sama kita, itu tanggung jawab aku untuk membuat mereka mengerti," jelas Marshanda. "It's my responsibility untuk membuat orang-orang di sekeliling aku mengenal aku sehingga mereka bisa memperlakukan aku dengan respect."

Oleh sebab itu, Marshanda menganggap perceraiannya dengan Ben merupakan kesalahan mereka bersama. Marshanda bahkan membantah ketika teman-temannya menyalahkan sikap Ben sebagai penyebab perceraian mereka.

"Jadi kalau buat aku, porsi kesalahan atau porsi tanggung jawab itu ada di kedua belah pihak dan dua-duanya sama besar," pungkas Marshanda. "Jadi kalau dulu ada temen-temen aku yang nganggep 'Gila ya setelah gue denger cerita lo, kok ternyata suami lo gitu ya'. Aku bilang 'No, I let that happen. Saya yang punya kuasa atas ke-disfungsionalan yang ada di pernikahan saya."

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru