Birthday Spotlight: Happy Daniel Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas tentang Kang Daniel yang berulang tahun pada 10 Desember. Mantan member Wanna One ini berusia 23 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas perjalanan karier penyanyi tampan Kang Daniel yang berulang tahun pada Selasa, 10 Desember 2019.

Kang Daniel terlahir dengan nama Kang Eui Geon di Busan, Korea Selatan. Namanya mulai dikenal saat menjadi peserta di ajang survival Mnet "Produce 101" Season 2. Setelah memenangkan ajang ini, dia berhasil menjadi center Wanna One dan berpromosi dengan grup populer itu selama satu setengah tahun. Kang Daniel juga dikenal sebagai penyanyi, dancer dan rapper yang baik.

Yuk intip seperti apa perjalanan karier Kang Daniel sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Sebelum meraih kesuksesan besar seperti saat ini, Kang Daniel telah melalui banyak sekali masa-masa sulit. Kehidupan keluarga Kang Daniel pun cukup sulit. Ia merupakan anak tunggal yang dibesarkan oleh ibunya setelah orangtuanya bercerai. Dia juga sangat jarang bertemu dengan sang ayah.

Daniel pernah beberapa kali bercerita kalau dia memiliki kehidupan yang sulit sejak kecil. Setelah bisnis kecil-kecilan sang ayah terpuruk, keluarganya harus tinggal di sebuah ruangan sempit dan bau. Tidak hanya itu, Daniel yang dulunya bertubuh gemuk sering dibully teman-temannya. Atas saran sang ibu, Daniel mulai melakukan push up hingga 100 kali sehari sampai berhasil membentuk tubuh bagus seperti saat ini.

Sejak SMP dia melatih dan memperdalam kemampuannya dalam melakukan B-Boy hingga menjuarai kompetisi B-Boy di Busan. Daniel juga pernah putus sekolah saat SMA karena kondisi finansial keluarganya yang sulit, padahal nilai-nilainya bagus.

Setelah putus sekolah, Daniel mendapat kesempatan untuk mengikuti audisi sebagai penyanyi pada usia 19 tahun (20 tahun umur Korea). Ia akhirnya menjadi trainee agensi kecil bernama B2M Entertainment yang tidak memiliki fasilitas memadai. Selama menjadi trainee, ia tidak pernah mendapat pelatihan menari. Hingga akhirnya agensi tersebut diambil alih oleh MMO Entertainment.

Menjalani kehidupan sebagai trainee selama lebih dari 2 tahun, Kang Daniel sempat putus asa hingga berniat melarikan diri ke Kanada. Namun niat itu dia batalkan setelah pihak agensi menawarkan kesempatan untuk menjadi kontestan "Produce 101" Season 2.

Melalui ajang survival Mnet ini, Kang Daniel semakin dikenal banyak orang. Meski awalnya berada di peringkat agak bawah, kerja keras, kemampuan dan sikapnya berhasil membuatnya dicintai banyak orang. Hingga akhirnya peringkat Daniel perlahan naik dan dia berhasil menjuarai ajang yang tayang pada tahun 2017 ini.

2. Debut


Debut

Setelah memenangkan "Produce 101", Daniel secara otomatis masuk ke dalam barisan debut yang bernama Wanna One. Karena meraih peringkat pertama, dia juga menjadi center grup beranggotakan 11 orang ini.

Wanna One sendiri resmi debut pada Agustus 2017. Mereka merilis album mini debut yang bertajuk "1×1=1 (To Be One)" dengan single utama yang berjudul "Energetic".

Sehari sebelumnya mereka menggelar showcase debut di Gocheok Sky Dome, Seoul. Pertunjukan ini dihadiri oleh sekitar 20 ribu orang, tiketnya pun sangat diperebutkan. Wanna One menjadi grup idol pertama yang melakukan debut di venue terbesar di Korea Selatan ini. Sebelumnya artis besar seperti EXO dan Bangtan Boys (BTS) juga pernah melakukan konser di tempat ini, namun tidak saat debut mereka.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Puncak karier Kang Daniel dimulai begitu Wanna One debut. Lagu dan album debut mereka berhasil mencuri hati banyak orang. Lagu "Energetic" berhasil menduduki posisi pertama seluruh tangga lagu di layanan streaming Korea Selatan begitu dirilis.

Tidak hanya itu, MV "Energetic" bahkan telah ditonton sebanyak 4 juta kali dalam sehari penayangan. Perolehan ini sekaligus mencatat rekor sebagai MV debut paling banyak disaksikan. Penjualan album debut mereka juga lebih dari satu juta copy. Karena berbagai pencapaiannya ini, Wanna One sampai disebut sebagai grup K-Pop pertama di abad ke-21 yang album debutnya terjual satu juta keping.

Setelah itu perjalanan Daniel bersama Wanna One terbilang sangat gemilang. Grup mereka memenangkan banyak sekali penghargaan. Setiap lagu comeback-nya juga kerap menduduki posisi pertama dalam tangga lagu.

Pada tahun 2017 lalu, Wanna One memenangkan tiga penghargaan dalam acara Asia Artist Award: Rookie Award 2017, Super Rookie Samsung Pay Award 2017, dan Popularity Award 2017. Ini adalah prestasi yang luar biasa, mengingat mereka saat itu baru debut selama beberapa bulan.

Setelah itu Wanna One memenangkan banyak sekali penghargaan. Selama satu setengah tahun berpromosi bersama, mereka menerima total 101 penghargaan untuk karya-karyanya. Piala-piala penghargaan tersebut termasuk yang mereka terima dalam program musik mingguan dan penghargaan yang mereka terima dalam acara penghargaan. Sungguh jumlah yang luar biasa untuk grup yang promosi sangat singkat.

Wanna One mengakhiri masa promosinya pada tanggal 31 Desember 2018. Mereka mengadakan konser terakhirnya yang bertajuk "Therefore" di Gocheok Sky Dome pada 24-27 Januari 2019.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Saat masih menjadi member Wanna One, Kang Daniel sering sekali melakukan aktivitas solo. Ia kerap diundang sebagai bintang tamu dalam beberapa acara televisi. Daniel bahkan menjadi member tetap dalam variety show selama karier awalnya, yakni "It's Dangerous Beyond The Blankets" dan "Master Key".

Selain itu, dia juga kerap ditunjuk sebagai model berbagai produk, mulai dari produk makanan hingga kecantikan. Kebanyakan produk yang dimodelinya langsung habis terjual hanya dalam beberapa saat. Tidak hanya itu, Daniel juga pernah menjadi model MV Davichi yang berjudul "Days Without You".

Untuk penghargaan pribadi, idol asal Busan ini juga telah mengantongi sejumlah trofi. Mulai dari Rookie Award (Variety) di SBS Entertainment Awards 2017, CJ Awards 2017 Male Idol of The Year di CJ E&M America 2017, Rissing Star di Fashionista Awards 2017, Best Male CF Model 2018 dalam Winner Brand Of The Year, Rookie Award (Variety) dalam MBC Entertainment Awards 2018, Grand prize (Audience) dalam MTN Broadcast Advertising Festival serta Best Magazine Cover Award dalam Elle Style Awards 2018.

Di tahun 2019 setelah Wanna One bubar, Daniel harus menghadapi konflik pelik dengan agensinya selama berbulan-bulan. Namun ia akhirnya mendirikan agensinya sendiri yang bernama Konnect Entertainment.

Di bawah naungan agensinya tersebut, Daniel resmi debut solo pada 25 Juli 2019 lewat lagu solo yang berjudul "What Are You Up To". Album debutnya yang bertajuk "Color On Me" dirilis beberapa hari kemudian, tepatnya pada 29 Juli 2019. Album debutnya ini terjual hingga 342.218 copy dalam sehari. Atas pencapaian ini, Kang Daniel memecahkan rekor sebagai penyanyi solo dengan album yang paling banyak terjual dalam waktu sehari.

Belum lama ini Daniel melakukan comeback dengan merilis single digital baru bertajuk "Touchin". Lagu ini mengusung genre pop ala era 80 dan 90-an yang dibaur dengan elemen EDM, rock, pop dan dance yang lebih modern. Lirik lagu ini mengisahkan pertemuan pertama karakter-karakter di sebuah film.

5. Kontroversi


Kontroversi

Perjalanan Kang Daniel sebagai idol tidak mulus-mulus saja. Dia juga pernah terlibat dalam beberapa kontroversi. Pada tahun 2018 saat masih melakukan promosi dengan Wanna One, beredar video saat para member berbicara kasar. Video itu tanpa sadar terekam saat para member sedang bercanda. Beberapa anggota mengungkapkan komplain atas pekerjaannya. Atas kejadian ini, para anggota mendapat banyak komentar jahat. Mereka kemudian mengeluarkan permintaan maafnya.

Kontroversi berikutnya yang melibatkan Kang Daniel berhubungan dengan rapper wanita bernama Yook Ji Dam. Rapper kelahiran 1997 ini mengatakan kalau dia pernah menjalin hubungan asmara dengan Daniel dan hubungan mereka berakhir sebelum Kang Daniel mengikuti "Produce 101" Season 2. Kontroversi ini sukses menggegerkan banyak orang karena Yook Ji Dam dinilai sangat agresif. Agensi Wanna One saat itu yakni YMC Entertainment menjelaskan jika kabar Kang Daniel dan Yook Ji Dam pacaran tidak benar.

Setelah Wanna One bubar, Kang Daniel yang sebelumnya dinaungi MMO Entertainment, jadi anak asuh LM Entertainment per 1 Februari 2019. Namun dia harus berselisih dengan agensinya tersebut selama berbulan-bulan. Awalnya LM membantah tengah berselisih dengan Kang Daniel, namun Daniel memberikan klarifikasi dan menyatakan sebaliknya.

Salah satu isu yang ia sebut mengenai akun Instagram miliknya yang ditahan oleh pihak agensi. Meski Kang Daniel berkali-kali meminta akses terhadap akun media sosialnya, LM mengabaikannya. Karena itu penggemar bertanya-tanya kenapa Daniel yang sebelumnya sangat aktif di media sosial tidak memberikan kavar atau unggahan apapun, padahal ia sangat bersemangat menjelang debut solo yang sebelumnya dijadwalkan pada bulan April. Kang Daniel akhirnya membuat akun Instagram baru bernama @daniel.k.here untuk berkomunikasi dengan penggemarnya.

Pada bulan Mei, pengadilan secara resmi membatalkan kontrak eksklusif Kang Daniel dengan LM Entertainment. Tak butuh waktu lama, Kang Daniel bahkan mendirikan agensinya sendiri dengan nama KONNECT Entertainment. Sejak saat itu dia fokus dengan persiapan debut solonya yang dilakukan pada bulan Juli.

Kontroversi berikutnya yang melibatkan Kang Daniel adalah tentang skandal kencannya dengan Jihyo Twice. Pada awal Agustus Dispatch merilis beberapa foto kencan keduanya di rumah Kang Daniel di kawasan Hannam-dong. Keduanya dilaporkan telah berpacaran sejak awal tahun 2019 ini. Kabar kencan dua idol papan atas ini pun langsung dibenarkan oleh agensi masing-masing tidak lama setelahnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/1theK

Pada awal Desember lalu, Kang Daniel memposting serangkaian pesan di Fancafe yang membuat para penggemar khawatir. Dia mengungkapkan bagaimana komentar jahat haters telah membuatnya sangat tertekan dan mengalami depresi.

Banyak yang menduga jika depresi Daniel bertambah parah setelah dia mendapat komentar keraguan atas kemenangannya di acara musik "The Show" pada Selasa (3/12). Banyak haters yang menudingnya curang, namun hal itu telah dibantah oleh pihak "The Show" yang didukung oleh laporan eksklusif Dispatch. Mereka menegaskan kalau kemenangan Daniel di acara tersebut memang benar adanya, bukan karena disebabkan oleh manipulasi.

Pada Rabu (4/12), Sports Seoul melaporkan bahwa Kang Daniel telah didiagnosis menderita depresi pada awal tahun ini. Gejala depresi yang dialaminya semakin parah menyusul beberapa kejadian, salah satunya kasus hukum dengan LM Entertainment.

Di hari yang sama KONNECT Entertainment selaku agensi merilis pernyataan resmi yang membenarkan kalau Daniel memang menderita depresi dan gangguan panik. Karena itulah Kang Daniel akan fokus untuk memulihkan kesehatannya dan membatalkan sejumlah penampilannya di berbagai acara.

Pada Senin (9/12), sebuah laporan eksklusif menyatakan bahwa Kang Daniel tidak akan berpartisipasi dalam kegiatan promosi dalam sisa akhir tahun 2019 ini. Hal ini berarti Kang Daniel akan absen dari berbagai festival musik akhir tahun dan rencana masa depannya belum dapat dipastikan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru