Alasan Live-Action 'Mulan' Tak Tampilkan Karakter Mushu Terungkap
Film

Dalam versi live-action, karakter Mushu memang dihilangkan dan diganti dengan Phoenix. Kini, sutradara Niki Caro menjelaskan alasan kenapa karakter favorit tersebut harus absen dari 'Mulan'.

WowKeren - Sejak menggarap live-action "Mulan", Disney memang diketahui tidak akan menampilkan salah satu karakter favorit penggemar, Mushu. Dalam versi animasi, Mushu digambarkan sebagai naga Tiongkok, wali yang ditunjuk menjaga dan membantu Hua Mulan.

Karakter ini dikenal karena cara bicaranya yang cepat dan mementingkan diri sendiri. Sebelumnya, karakter ini disuarakan oleh komedian Eddie Murphy dalam film asli 1998. Meskipun karakter ini begitu populer, namun Disney memilih untuk tak menampilkannya dan menggantinya dengan karakter Phoenix.

Kini, alasan di balik absennya karakter Mushu dalam "Mulan" akhirnya terungkap. Dilansir Digital Spy pada Rabu (22/1), hal ini diungkapkan secara langsung oleh sutradara Niki Caro. "Aku pikir kita semua setuju kalau Mushu tidak tergantikan," tutur sang sutradara.

Photo-INFO

Niki Caro lantas menyebutkan kalau selama ini karakter utama dalam film-film Disney juga selalu didampingi oleh "teman binatang". Seperti "Aladdin" dengan si monyet Abu, lalu Ariel "The Little Mermaid" dengan si ikan Flounder. Namun, Niki Caro memiliki pendapat lain soal menggabungkan versi cerita animasi "Mulan" dengan mitos di Tiongkok. Ia juga menyebut kalau Phoenix bukanlah pengganti Mushu.

"Dalam film ini, ada perwakilan makhluk – representasi spiritual dari leluhur, dan yang paling khusus tentang hubungan Mulan dengan ayahnya," lanjutnya. "Tapi tidak dengan pengganti Mushu."

Photo-INFO


Niki Caro lantas menjelaskan simbolisme burung Phoenix dalam mitos Tiongkok, sehingga ia memilihnya sebagai sosok wali Mulan dalam versi live-action. "Jadi, di sebelah kiri dan kanan kaisar ada naga dan phoenix. Naga itu mewakili maskulin, dan phoenix mewakili feminin. Dalam sebuah film, dalam sebuah kisah yang begitu banyak mengeksplorasi fluiditas gender, aku pikir itu cara yang sangat bagus dan pantas untuk hal ini," terangnya.

Di sisi lain, absennya Mushu bukanlah satu-satunya elemen penting yang dirombak dalam versi live-action ini. Diketahui, proyek yang dibintangi oleh Liu Yifei ini akan menampilkan penjahat baru, seorang penyihir bernama Xian Lang, yang berbeda dari versi animasinya.

Bukan itu saja, Mulan juga memiliki seorang saudara perempuan, padahal di versi animasinya ia adalah anak tunggal. Dan yang paling penting adalah perubahan love-interest Mulan, mengingat karakter Kapten Li Shang tak ditampilkan dalam live-action ini.

Meski banyak melakukan perombakan, namun film "Mulan" versi live-action sebisa mungkin akan mengadaptasi kisah aslinya tentang legenda Hua Mulan. Cerita ini berawal ketika Kaisar Tiongkok mengeluarkan dekrit bahwa seorang lelaki di tiap keluarga harus bertugas di Angkatan Darat Kekaisaran untuk mempertahankan negara dari penjajah Utara.

Hua Mulan, putri tertua seorang prajurit terhormat, mengambil langkah menggantikan ayahnya yang sakit. Menyamar sebagai seorang pria, Hua Jun, ia pun diuji di setiap langkahnya untuk menjadi seorang prajurit sejati.

Selain Liu Yifei, "Mulan" juga dibintangi oleh Jason Scott Lee yang berperan sebagai pimpinan musuh, Komandan Tung yang diperankan oleh Donnie Yen serta penyihir jahat yang diperankan oleh Gong Li. Tak lupa, ada Jet Li yang akan tampil sebagai Kaisar Tiongkok dalam film live-action ini.

Diarahkan oleh sutradara Niki Caro, rencananya film ini siap menyapa penggemar pada 27 Maret 2020 mendatang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru