Wuhan Diisolasi Gegara Virus Corona, Jeritan Pilu Warga Bikin Nyesek
Dunia

Kota Wuhan, Tiongkok, diisolasi oleh pemerintah usai virus Corona yang berasal dari daerah itu mewabah ke berbagai wilayah. Situasi semakin pelik hingga membuat warga merasa dunianya seperti berakhir.

WowKeren - Pemerintah Tiongkok memutuskan untuk mengisolasi Kota Wuhan usai wabah virus Corona menjangkiti wilayah tersebut. Sebagai pengingat, virus Corona yang beberapa waktu belakangan membuat waswas negara di berbagai penjuru dunia memang berasal dari Wuhan.

Kota dengan 11 juta penduduk itu pun dikarantina oleh otoritas setempat. Akses menuju dan keluar dari kota itu dibatasi. Kota-kota terdekat pun diberi pengamanan berlebih demi melindungi diri dari potensi infeksi yang terjadi.

Di Wuhan sendiri supermarket dan pasar sudah hampir tak beroperasi. Warga memborong kebutuhan yang mereka butuhkan dan mengunci diri di rumah masing-masing. Apotek pun mengaku sudah kehabisan stok masker lantaran diborong oleh penduduk setempat.

Mirisnya lagi, kejadian luar biasa ini terjadi menjelang Tahun Baru Cina alias Imlek yang akan jatuh beberapa waktu lagi. Banyak warga yang membatalkan rencana kepergian mereka, terutama untuk berkumpul dengan keluarga masing-masing, demi melindungi diri dari gempuran virus mematikan tersebut.

Namun kebanyakan dari mereka menyayangkan pemerintah yang terkesan lamban dalam mengatasi situasi yang ada. Warga menilai mewabahnya infeksi itu tak lepas dari sikap pemerintah yang awalnya terkesan menggampangkan situasi.


"Ketika aku melihat berita (isolasi Wuhan), aku merasa hampir gila. Sekarang sudah sedikit terlambat sebenarnya. Pemerintah kurang bergerak cepat," ujar Xiao (26), seorang guru SD setempat.

Penduduk lain pun ikut membagikan kondisi terkini mereka berada dalam kungkungan wilayah yang terinfeksi penyakit berat namun bak tak mendapat solusi. Mereka memotret deretan makanan instan yang dibeli, persiapan untuk mengunci diri beberapa waktu ke depan.

"Aku tak akan keluar (dari rumah), jadi aku tidak akan tertular," tulis seorang warganet di media sosialnya. "Semoga Wuhan bisa mendapat bantuan pemerintah segera."

Namun yang lebih memilukan, warga mengaku khawatir akan kondisi mereka ke depan. Bukan hanya karena ancaman virus Corona, masalah ketersediaan pangan pun membuat mereka khawatir. Situasi yang mereka hadapi ini bahkan dianalogikan seperti akhir dunia.

"Kami secara sadar menghindari pergi keluar, melakukan disinfeksi pada diri sendiri secara rajin dan memakai masker," ujar seorang warga. "Tapi ada kekurangan pangan dan disinfektan, dan kami butuh lebih banyak sumber daya. Kami harap semua orang bisa memahami bahwa kami sekarang merasa seperti inilah akhir dunia."

"Warga terinfeksi bisa saja berada di sekitarmu dan kamu tak mengenalinya. Itu yang membuat situasi makin buruk," imbuh Xiao lagi, dikutip dari The Guardian.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru