Roy Marten Sebut Para Artis Kesulitan Bayar Pajak, Pertanyakan ini kepada Pemerintah
Instagram
Selebriti

Para selebriti merupakan masyarakat Indonesia yang tidak terlepas dari kewajiban membayar pajak. Roy Marten lantas mengungkapkan keluhan membayar pajak yang berlaku pada akhir tahun.

WowKeren - Pemerintah telah mengumumkan laporan pembayaran pajak dapat dilakukan hingga akhir Maret. Pajak berlaku untuk masyarakat Indonesia, tidak terkecuali para figur publik juga ikut melakukan kegiatan tersebut.

Aktor senior Roy Marten mengaku dirinya termasuk dalam kegiatan tersebut dan menceritakan bagaimana suka dukanya membayar pajak. Bagi Roy, kalangan artis lebih suka membayar pajak yang dilakukan pada awal periode. Alasannya menurut Roy karena para selebriti memiliki kebutuhan hidup yang tidak menentu.

"Para artis ini lebih nyaman dipotong lebih besar tapi di depan, daripada di belakang, karena artis kehidupannya tidak menentu," ucap Roy Marten di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur pada Rabu (11/3) dilansir dari Kumparan.com.

Roy menjelaskan ketika pajak dibayarkan pada akhir tahun misalnya, ia menyebut banyak artis kebingungan untuk membayar pajak. Sebab, honor yang mereka terima biasanya telah habis terlebih dahulu sebelum akhir tahun.


"Ketika kami menerima honor sekian-sekian kemudian di-tag satu tahun lagi. Kemungkinan besar uangnya sudah tidak ada. Itu kesulitan," ungkap Roy.

Ayah dari Gading Marten ini mengungkapkan alasan sejumlah artis kesulitan untuk membayar pajak. Alasan itu karena para selebriti sudah merasa membayar pajak melalui perusahaan tempat mereka mendapatkan honor.

"Setiap pemain sinetron merasa dirinya sudah kena pajak dari perusahaan, jadi semua membayar, tapi ternyata harus membayar pajak lagi karena itu aturannya. Tapi, artis merasa 'kan, sudah bayar, belum masih ada pajak progresif yang jumlahnya jauh lebih besar. Itu yang harus kita bayar. Masalahnya, itu uangnya sudah habis," terang Roy

Roy mengaku merasa bingung saat harus membayar pajak. Ia menjelaskan bahwa artis bukanlah profesi yang masa tuanya mendapatkan tunjangan seperti layaknya pekerja lain. Dengan tegas, Roy juga ingin menanyakan pemerintah untuk peduli dengan kelangsungan hidup para artis.

"Saya 45 tahun di dunia seni, berapa pajak yang kami hasilkan dari film-film besar banget, kami bayar pajak puluhan tahun. Pertanyaan saya, ketika saya tidak punya kontrak, saya tidak punya penghasilan, apakah pemerintah peduli?" pungkas Roy.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait