Jarang Disadari, 8 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur Ini Ternyata Bisa Memicu Timbulnya Jerawat
Lifestyle

Ada beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur yang sering kita sepelekan namun akhirnya memicu pertumbuhan jerawat. Mau tahu apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

WowKeren - Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang mulus dan bebas dari jerawat. Untuk itu, mereka kerap melakukan perawatan rutin dan senantiasa menjaga kebersihan wajah.

Meski telah melakukan hal itu, faktanya tidak sedikit wanita yang masih saja berjerawat. Kondisi ini sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti asupan makanan yang dikonsumsi, perubahan hormon hingga faktor genetik.


Namun ada juga beberapa kebiasaan buruk yang memicu timbulnya jerawat, termasuk kebiasaan buruk yang dilakukan para wanita sebelum tidur. Sayangnya, ada banyak orang yang justru menyepelekan kebiasaan itu dan menganggapnya normal. Alhasil, jerawat akan terus muncul dan sulit dihilangkan.

Kira-kira kebiasaan sebelum tidur apa saja sih yang bisa memicu tumbuhnya jerawat? Simak informasi berikut ini agar dapat kamu hindari.

(wk/eval)

1. Menggunakan Hand Cream


Menggunakan Hand Cream

Menggunakan hand cream atau krim tangan rupanya dapat memicu kemunculan jerawat di wajah. Mungkin kamu bertanya-tanya apa hubungan menggunakan hand cream dengan munculnya jerawat. Hal ini disebabkan karena ada beberapa orang yang kerap menyenderkan wajahnya di tangan saat tidur.

Padahal kandungan yang ada di dalam hand cream biasanya diformulasikan khusus untuk tangan, beberapa produk bahkan mengandung pewangi yang berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Karena itulah jika kamu terbiasa menggunakan hand cream sebelum tidur dan tanpa sadar menggunakan tangan sebagai sandaran, jangan kaget jika tiba-tiba muncul jerawat keesokan harinya. Tak mau hal itu terjadi? Sebaiknya mulai sekarang jangan gunakan hand cream sebelum tidur ya.

2. Stres yang Berlebihan Sebelum Tidur


Stres yang Berlebihan Sebelum Tidur

Tidak sedikit orang yang memikirkan dan mengkhawatirkan banyak hal sebelum tidur. Entah itu memikirkan pekerjaan, masalah pribadi maupun berbagai beban hidup lainnya yang dapat memunculkan stres. Perlu diketahui bahwa stres dapat meningkatkan produksi minyak di kulit dan meningkatkan peradangan sehingga memicu timbulnya jerawat.

Untuk mencegah hal itu, sebaiknya lakukan berbagai kegiatan yang menenangkan sesaat sebelum tidur. Seperti mendengarkan musik, meditasi maupun mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa membuat mood balik lagi dan menghilangkan stres.

3. Makan Atau Ngemil di Atas Kasur


Makan Atau Ngemil di Atas Kasur

Jika kamu terbiasa makan atau ngemil di atas kasur sebelum tidur, sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Remahan makanan yang tertinggal akan menyebabkan kasur kamu cepat kotor. Saat tidur, wajah kamu bisa saja bersentuhan dengan remahan tersebut yang kemudian memicu munculnya jerawat.

Selain itu jika kamu juga suka ngemil di tengah malam, kadar gula darah akan meningkat yang bisa menyebabkan peradangan dan membuat jerawat semakin memburuk. Apalagi jika kamu sertai dengan begadang hingga larut malam atau dini hari, jangan heran jika tiba-tiba kamu memiliki banyak jerawat. Sebab semakin sedikit waktu tidur, tubuh akan semakin banyak mengeluarkan glukokortikoid steroid yang membuat jerawat semakin parah.

4. Bermain Ponsel dan Menggunakan Remote TV


Bermain Ponsel dan Menggunakan Remote TV

Ponsel adalah salah satu barang yang paling sering kita gunakan, karena itulah tidak heran jika di permukaannya terdapat banyak bakteri, virus maupun kuman. Sehingga jika kita langsung tidur setelah bermain ponsel tanpa mencuci tangan terlebih dulu, kemungkinan muncul jerawat keesokan harinya tidak dapat dihindari. Karena itulah sebaiknya rajin bersihkan ponselmu agar terhindar dari virus, kuman maupun bakteri dengan beberapa tips ini.

Selain ponsel, sebaiknya hindari juga menyentuh remote TV sesaat sebelum tidur. Sama halnya dengan ponsel, remote TV juga dapat ditempeli oleh berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa dengan mudah berpindah ke wajah lewat tangan sehingga memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu jika kamu terlanjur menyentuh remote TV dan ponsel sebelum tidur, sebaiknya segera mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih.

5. Terlalu Banyak Menyentuh dan Memencet Jerawat


Terlalu Banyak Menyentuh dan Memencet Jerawat

Sebelum tidur beberapa wanita terkadang iseng menyentuh dan memencet jerawatnya. Kebiasaan buruk ini tak hanya memperparah jerawat, tapi juga akan menimbulkan bekas pada keesokan harinya.

Alih-alih menyentuh dan memencetnya saat terasa gatal, sebaiknya kompres jerawatmu dengan air hangat lalu oleskan krim atau obat jerawat, Kamu juga bisa menggunakan pengering atau produk perawatan yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida atau sulfur yang dapat membuat jerawat mengering.

6. Tidur dengan Rambut yang Kotor


Tidur dengan Rambut yang Kotor

Jika kamu langsung tidur tanpa keramas padahal baru saja dari luar dan rambut terkena polusi serta kotoran, jangan heran jika tiba-tiba muncul jerawat di wajah keesokan harinya. Bukan tidak mungkin rambutmu yang kotor akan bersentuhan dengan wajah saat kamu sedang tidur. Oleh karena itu, usahakan untuk keramas secara rutin atau ikat longgar rambutmu agar tak menempel pada wajah saat kamu sedang tidur.

7. Menggunakan Sarung Bantal dan Sprei yang Kotor


Menggunakan Sarung Bantal dan Sprei yang Kotor

Sarung bantal dan sprei yang kotor tentunya ditempeli oleh banyak kuman, virus maupun bakteri. Karena itulah jika kamu bersandar di atasnya, kotran-kotoran tersebut akan ikut menempel di wajahmu yang kemudian memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti sprei dan sarung bantal secara rutin minimal dua minggu sekali agar tidak ada kotoran yang menumpuk dan menyebabkan jerawat.

Tapi ingat, saat mencuci sarung bantal atau sprei, usahakan jangan terlalu banyak menggunakan deterjen. Pasalnya hal ini akan meninggalkan residu pada kain dan sprei yang bila terkena kulit bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, saat mencuci sarung bantal dan sprei pastikan kamu sudah membilasnya hingga benar-benar bersih.

8. Tidur di Ruangan yang Panas


Tidur di Ruangan yang Panas

Jika kamu tidur di ruangan yang panas, pori-pori di dalam kulit akan berkontraksi dan mengembang. Saat keringat masuk, pori-pori yang terbuka akan tersumbat yang bisa memicu munculnya jerawat dan komedo pada keesokan harinya.

Oleh karena itu usahakan untuk tidur di ruangan yang dingin dan sejuk setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa memperkecil kemungkinan pori-pori membesar yang bisa tersumbat keringat sehingga menimbulkan jerawat.

Demikian delapan kebiasaan buruk sebelum tidur yang ternyata bisa memicu munculnya jerawat. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan dalam mencuci wajah yang bisa memicu tumbuhnya jerawat. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait