Menlu AS Mike Pompeo Desak Tiongkok Izinkan Penyelidikan di Lab Virus Wuhan
Getty Images
Dunia

Pompeo enggan menuduh virus corona tersebar dari laboratorium di Kota Wuhan. Namun ia menegaskan bahwa Tiongkok belum membagikan contoh virus corona yang berhasil dideteksi hingga kini.

WowKeren - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, mendesak Tiongkok untuk mengizinkan adanya inspeksi ke laboratorium virus di Wuhan. Dalam keterangannya, Mike Pompeo mengaku cemas dengan kondisi keamanan dunia akibat pandemi COVID-19 yang sempat dirumorkan bersumber dari laboratorium di Wuhan.

Kendati demikian, Pompeo enggan menuduh virus mematikan tersebut tersebar dari laboratorium di Kota Wuhan, yang menjadi episentrum wabah corona. "Kalian harus ingat, laboratorium tersebut masih beroperasi di Tiongkok, laboratorium tersebut menyimpan patogen rumit yang sedang dipelajari. Itu bukan hanya Institut Virologi Wuhan," kata Pompeo dalam jumpa pers di Washington pada Rabu (22/4) waktu setempat.

"Sangat penting memastikan bahwa materi tersebut (patogen kompleks) ditangani dengan benar dan sesuai prosedur keselamatan seperti tidak terjadinya penyebaran yang tidak disengaja," lanjut Pompeo.

Menlu AS tersebut lantas mengambil contoh sejumlah fasilitas nuklir di berbagai tempat di dunia juga diperiksa oleh para ahli demi alasan keamanan. Dia lantas mengulang kembali bahwa Tiongkok sampai saat ini belum membagikan contoh virus corona yang berhasil dideteksi.

"Kami tetap belum mendapat contoh virus tersebut, bahkan dunia juga belum bisa mengakses ke dalam fasilitas atau tempat lain di mana virus tersebut diduga berasal dari Wuhan," kata Pompeo.


Di sisi lain, sumber sebenarnya dari virus corona yang telah menginfeksi jutaan orang di dunia dan menewaskan lebih dari 177 ribu orang secara global ini memang masih menjadi misteri hingga kini.

Rumor sebelumnya menyebut bahwa virus corona berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, Institut Virologi Wuhan. Namun bukan diciptakan sebagai senjata biologis, melainkan lebih sebagai bagian dari upaya Tiongkok untuk menunjukkan kemampuannya mengidentifikasi dan memerangi virus setara atau lebih hebat dari kemampuan AS.

Laporan ini dan sejumlah laporan lainnya mengindikasi bahwa laboratorium di Wuhan yang menjadi lokasi eksperimen virus dan lemahnya standar keamanan di sana, telah memicu seseorang terinfeksi dan muncul di pasar seafood Huanan, tempat virus corona mulai menyebar.

Akan tetapi, pemerintah Tiongkok dilaporkan kerap melakukan sensor terhadap pemberitaan tentang virus corona, termasuk menahan pihak-pihak yang mengungkap. Selain itu, banyak pihak juga mempertanyakan standar keamanan di laboratorium Wuhan yang khusus untuk mempelajari virus tersebut.

Namun Institut Virologi Wuhan sendiri telah menepis rumor yang menyebut virus corona disintesis secara buatan di salah satu laboratorium mereka.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait