Saingi Zoom, WhatsApp Hingga LINE Siap 'Angkut' Ratusan Orang di Fitur Video Konferensi
Tekno

LINE dan WhatsApp siap meramaikan 'bursa' aplikasi video konferensi, menyaingi Zoom yang hingga kini masih menjadi primadona. Bahkan kedua aplikasi mengklaim siap menampung hingga ratusan pengguna.

WowKeren - Pandemi COVID-19 mengharuskan adanya sejumlah penyesuaian, termasuk untuk mengakomodir kebutuhan pertemuan. Bila sebelumnya pertemuan, seperti misalnya rapat, dilakukan secara offline, kini karena pandemi harus dilaksanakan secara daring dengan fitur telekonferensi.

Aplikasi "Zoom" pun menjadi salah satu yang paling dijagokan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sayangnya beberapa waktu belakangan nama Zoom agak tercoreng berkaitan dengan kesiapan aplikasi tersebut dalam melindungi data penggunanya.

Kapasitas Zoom memang besar, hingga mencapai ribuan peserta, namun masalah keamanan ini membuat banyak pihak berlomba-lomba untuk menjadi saingannya. Beberapa diantaranya termasuk WhatsApp dan Line.

Belum lama ini, WhatsApp versi web sudah didesain agar semakin menyerupai Zoom. Dilansir dari WABetaInfo, WhatsApp Web akan dilengkapi dengan shortcut untuk bisa mengakses layanan video konferensi berkapasitas hingga 50 orang milik Messenger Rooms Facebook.

WhatsApp dan Facebook yang berada dalam naungan perusahaan yang sama pun memudahkan pengembangan ini. Dan seperti Zoom, Messenger Rooms yang terkoneksi dengan WhatsApp Web ini juga menggunakan tautan atau link untuk mengundang peserta.


Menariknya lagi, fitur ini bisa diakses oleh siapapun kendati tak memiliki aplikasi WhatsApp ataupun Messenger Rooms. Pengguna yang "diundang" dalam video konferensi cukup menekan tautan yang dibagikan dan bisa tersambung dengan fitur tersebut.

Aplikasi obrolan LINE pun tak mau kalah dengan pengembangan WhatsApp tersebut. LINE Group Call mengklaim fiturnya kini bisa menampung hingga 200 orang secara bersamaan, baik dengan panggilan mobile maupun lewat PC.

"Panggilan konferensi cukup dilakukan langsung dari aplikasi LINE," tulis LINE dalam keterangannya, Rabu (13/5). "Dan disediakan secara gratis."

LINE Group Call pertama kali diluncurkan pada Maret 2016 dan hanya dibekali kemampuan panggilan suara. Namun kini fitur itu sudah dikembangkan dan mengkomodir panggilan video sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan pertemuan daring.

Lantas bagaimana cara mengakses fitur-fitur baru ini? Untuk aplikasi LINE Group Voice Call harus memenuhi syarat minimum yakni versi iOS 5.11.0, Android 5.1.1.0, atau Desktop (Windows/macOS) 4.5.0.

Sedangkan untuk LINE Group Video Call membutuhkan versi minimal iOS 6.9, Android 6.9.2, atau Desktop (Windows) 5.0.0. Sedangkan untuk WhatsApp masih dalam tahap pengembangan alias beta version.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts