Jangan Disia-Siakan, Ini 7 Fungsi Fitur NFC di Smartphone yang Wajib Kamu Manfaatkan
Instagram/autonomicsweb
Tekno

NFC menjadi salah satu fitur dengan banyak kegunaan namun jarang dimanfaatkan oleh sebagian orang. Jika smartphone milikmu memiliki fitur ini, sebaiknya ketahui beragam manfaatnya berikut ini.

WowKeren - Perkembangan teknologi mendatangkan sejumlah manfaat baik dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah kehadiran fitur NFC yang memiliki banyak kegunaan namun jarang diketahui oleh pemiliknya.

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, suatu teknologi yang memungkinkan smartphone milikmu berinteraksi dengan alat elektronik lain dalam jarak dekat. NFC cukup mirip dengan Bluetooth, Infrared dan WiFi, namun fitur ini lebih mengutamakan kepraktisan dan keamanan.


NFC juga tergolong praktis karena bisa digunakan dengan cara apapun, asal kedua perangkat yang dihubungkan berada dalam jarak yang tepat. Selain itu, NFC juga tidak memerlukan sumber daya dari baterai dan dapat diintegrasikan dengan Bluetooth maupun WiFi.

Setelah mengetahui penjelasan singkat tentang NFC, sebaiknya pahami juga berbagai fungsinya agar bisa kalian manfaatkan dengan baik. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mengirim Data dengan Lebih Mudah


Mengirim Data dengan Lebih Mudah
Pexels/Castorly Stock

NFC memungkinkanmu untuk mengirim data dengan lebih mudah dan cepat. Saat berbagi data ke sesama smartphone NFC, pengguna umumnya diminta untuk menempelkan bagian belakang dua perangkat yang berstatus sebagai pengirim dan penerima data.

Selain smartphone, kamu juga bisa memindahkan data ke laptop yang juga dilengkapi dengan fitur NFC. Dengan teknologi ini, kamu bisa langsung memindahkan foto maupun data ke laptop tanpa harus menyambung kabel atau menyalakan bluetooth.

2. Melakukan Pembayaran


Melakukan Pembayaran
Pexels/Karolina Grabowska

Salah satu fungsi NFC yang paling dikenal adalah kemudahannya dalam melakukan transaksi pembayaran. Saat berbelanja di pusat perbelanjaan, menggunakan kartu debit atau kredit bisa menjadi pilihan terbaik karena kamu tidak perlu pusing antre di ATM untuk mengambil uang.

Namun, akan lebih praktis jika kartu debit atau kredit tersebut dihubungkan ke smartphone yang memiliki fitur NFC. Untuk memanfaatkan fitur ini, kamu hanya perlu menempel atau mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu tekan tombol "Bayar".

3. Mempermudah Koneksi dengan WiFi


Mempermudah Koneksi dengan WiFi
Pxhere/mohamed hassan

Di sejumlah tempat seperti hotel, biasanya disediakan sebuah alat yang dinamakan dengan WiFi porter. Jika ponselmu dilengkapi dengan fitur NFC, kamu bisa memanfaatkan alat tersebut tanpa harus memasukkan kata sandi.

Caranya cukup sederhana dan mudah. Kamu hanya perlu menempelkan smartphone ber-NFC pada alat tersebut, lalu koneksi WiFi akan tersambung secara otomatis. Menarik banget kan?

4. Merekomendasikan dan Menjalankan Aplikasi di Smartphone Lain


Merekomendasikan dan Menjalankan Aplikasi di Smartphone Lain
Pxhere

Kelebihan berikutnya dari fitur NFC adalah dapat digunakan untuk merekomendasikan aplikasi. Misalnya, kamu bisa meminta temanmu merekomendasikan sebuah aplikasi saat sedang berkumpul bersama. Setelah dia menyarankannya dengan ponsel ber-NFC, kamu akan langsung diarahkan menuju link download tanpa harus mengetiknya secara manual di Google Play.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkanmu untuk menjalankan aplikasi di smartphone lain. Syaratnya, tentu saja kedua perangkat tersebut harus memiliki aplikasi yang sama. Setelah menghubungkan smartphone yang satu dengan yang lain, kamu langsung bisa menjalankannya sesuai kemauan.

5. Pengisian Daya Nirkabel


Pengisian Daya Nirkabel
Pixabay/Pexels

Fitur NFC di smartphone juga memungkinkanmu untuk melakukan pengisian daya nirkabel atau secara induksi. Sederhananya, daya akan dikirimkan dengan menempelkan dua perangkat yang dilengkapi dengan fitur NFC.

Meski perangkat aktif pada NFC dapat menghantarkan daya pada perangkat pasif, perlu diketahui bahwa kemampuan dayanya belum besar. Namun tidak menutup kemungkinan jika di masa depan para ahli akan menghadirkan ponsel dengan dukungan pengisian nirkabel via NFC.

6. Emulasi Kartu Akses


Emulasi Kartu Akses
Pexels/Pixabay

Sejumlah perkantoran, hotel hingga apartemen modern beralih ke kartu akses untuk menggantikan kunci konvensional. Menariknya, data yang tersimpan dalam kartu akses tersebut bisa kita pindah ke smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC.

Dengan begitu, kamu bisa membuka kunci kantor, hotel atau apartemen menggunakan ponselmu. Cara ini tentu akan sangat berguna jika kamu lupa membawa kartu akses tersebut saat bepergian.

7. Koneksi Speaker Bluetooth


Koneksi Speaker Bluetooth
Pexels/Burst

Selain beberapa fungsi di atas, fitur NFC juga bisa digunakan untuk menyalakan speaker berbasis bluetooth. Cara ini disebut-sebut lebih mudah, cepat dan tidak harus melibatkan banyak langkah seperti koneksi bluetooth pada umumnya.

Setelah mengetahui informasi di atas, sebaiknya mulai manfaatkan fitur tersebut secara maksimal ya. Pantau juga pemberitaan WowKeren untuk mengetahui berbagai informasi menarik lainnya!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait