Indira Kalistha dan Utap Ngaku Introvert, Psikolog Ungkap Fakta Sebenarnya
Instagram/gustafode
Selebriti
Kontroversi Corona Indira Kalistha

Indira Kalistha dan sang suami, Utap, mengaku sebagai introvert saat meminta maaf terkait kasus viralnya yang meremehkan pandemi Covid-19. Menanggapi pernyataan mereka, psikolog pun ikut buka suara.

WowKeren - Baru-baru ini, Indira Kalistha dan sang suami, Utap menyatakan permintaan maaf terkait kontroversi yang mereka buat karena diduga meremehkan pandemi Covid-19. Permintaan maaf tersebut disampaikan lewat video di channel YouTube Deddy Corbuzier. Sayangnya, permintaan maaf keduanya masih kurang diterima dengan baik oleh masyarakat.

Salah satunya, soal pernyataan Indira dan Utap yang mengaku sebagai introvert di awal video tersebut. Hal itu diungkap Indira saat bercerita mengenai awal mula video kolaborasinya dengan Gritte Agatha yang akhirnya berujung hujatan publik.


“Karena aku sebenarnya introvert. Pas diajak kolab yang serius-serius, ngobrol-ngobrol serius aku sebenarnya sudah ragu mau ambil apa enggak. Aku tahu kalau ngomong, kadang ngomong dulu baru mikir,” ujar Indira Kalistha dalam video di channel YouTube Deddy.

Pengakuan Indira sebagai seorang introvert rupanya kembali menuai protes dari publik. Netizen awam hingga sejumlah selebriti terlihat tidak setuju dengan penafsiran Indira soal orang introvert. Seorang psikolog pun mencoba menjelaskan soal definisi seorang introvert.

Dilansir dari Liputan6.com, psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. Psi., pun mencoba untuk membahas definisi introvert yang sebenarnya. Ia menjelaskan, seseorang yang introvert lebih tertarik pada proses mental dirinya sendiri atau lebih ke arah intrapersonal. Lebih suka mendalami pemikirannya sendiri. Seringkali tampil sebagai sosok yang pendiam, tenang, dan penyendiri.

"Tidak nyaman berada di tengah keramaian namun bukan berarti tidak bisa. Jika bisa memilih, ia akan memilih sendirian atau berada bersama orang-orang yang mereka rasa nyaman saja. Introvert merupakan preferensi bukan gangguan. Beda dengan pemalu atau social phobia," terang Vera.

Vera kemudian ikut mengkritik penjelasan Indira soal introvert terkait bicara ceplas-ceplos dulu baru kemudian dipikirkan. Menurut Vera, hal tersebut sama sekali tidak mencerminkan ciri-ciri pribadi seorang introvert.

"(Seorang) introvert bisa-bisa saja kok bicara lancar di depan umum karena mereka punya kemampuan (komunikasi) yang sama banyak (dengan yang extrovert). Bicara kacau atau panik karena diminta bicara di depan publik bukan ciri introvert," Pungkas Vara.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts