'Berkah' Pandemi Virus Corona, Kartel Narkoba di AS Mulai Berguguran
Dunia
Pandemi Virus Corona

Nyatanya masih ada poin positif yang bisa dipetik dari wabah virus Corona. Termasuk diantaranya kartel narkoba yang mulai berguguran karena tak lagi bisa bergerak bebas dalam menjalankan bisnisnya.

WowKeren - Pandemi virus Corona tentu merupakan situasi pelik yang sulit untuk dihadapi sebagian besar masyarakat dunia. Pasalnya tak hanya berdampak terhadap aspek kesehatan, sektor kehidupan lain seperti sosial dan ekonomi ikut dibuat hancur oleh pandemi penyakit pernapasan ini.

Namun nyatanya masih ada poin positif yang bisa dipetik dari pandemi ini. Yakni perihal bergugurannya bisnis obat terlarang sebagai dampak dari lockdown.


Dilansir dari NBC News, sepanjang 1 Maret hingga 8 Mei 2020, Drug Enforcement Adminstration (DEA) Amerika Serikat mengklaim berhasil mengamankan transaksi ilegal 2 kali lebih banyak daripada biasanya. Total yang berhasil diamankan meningkat dari USD 4,5 juta pada 2019 menjadi USD 10 juta untuk tahun ini.

Lantas darimana saja uang ini berasal? Dilansir dari rilis pers resmi DEA, kebanyakan transaksi ilegal ini tercatat di Long Beach, Cerritos, Anaheim, dan Wildomar.

"Saat ini kartel narkoba dan para pencuci uang menghadapi risiko besar (untuk melakukan bisnisnya)," ujar Bill Bodner, salah satu petugas di DEA Los Angeles, dikutip dari News 18, Kamis (28/5). "Di situlah kami bisa mengambil peran."

Hasil yang didapat di New York City pun tak kalah mengejutkan. Tercatat ada peningkatan sampai 180 persen dalam tahun ini, kebanyakan tercatat setelah sejumlah besar wilayah dunia memberlakukan lockdown demi mengatasi wabah virus Corona.

Sebagai informasi, biasanya kartel narkoba akan melibatkan transaksi global untuk memastikan bisnis mereka tetap lancar. Bandar narkoba dari Asia biasanya membeli barang dari AS dengan uang hasil jual obat terlarang.

Barang itu kemudian dipaketkan ke Tiongkok. Barang itu kemudian diterima oleh bandar-bandar lain dan dikembalikan dalam bentuk uang tunai ke Meksiko.

Namun karena kebijakan lockdown tentu menyebabkan transaksi, terutama antar negara seperti ini, semakin sulit dilakukan. Oleh karenanya banyak transaksi ilegal nan mencurigakan yang berhasil ditangkap oleh polisi.

Selain perkara kartel narkoba, rupanya ada poin-poin positif lain dari pandemi virus Corona. Seperti misalnya terjadi perbaikan kualitas lingkungan karena masyarakat yang didorong untuk lebih banyak beraktivitas dari dalam rumah.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts