Birthday Spotlight: Happy Dahyun Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight pekan ini mengulas tentang salah satu member Twice, Kim Dahyun yang berulang tahun pada 28 Mei kemarin. Penyanyi cantik itu berusia 22 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas salah satu member girl grup Twice, Dahyun yang berulang tahun pada 28 Mei kemarin. Tim WowKeren akan membahas secara mendalam tentang perjalanan karir penyanyi cantik ini.

Kim Dahyun atau yang akrab dipanggil Dahyunadalah penyanyi sekaligus rapper Twice. Penampilannya bersama Twice sukses menarik perhatian. Terbukti, hanya beberapa saat usai debut pada 2015 lalu, ia sukses memukau baik lewat karya maupun pesona para anggotanya.


Dahyun menjadi salah satu member yang paling dinantikan debut. Bukan tanpa alasan, cewek kelahiran tahun 1998 ini sudah malang melintang di berbagai kompetisi. Bagaimanakah perjalanan karir sosok yang satu ini? Yuk intip ulasan yang telah tim WowKeren rangkum berikut!

(wk/putr)

1. Pra Debut


Pra Debut

Dahyun lahir di Seongnam, provinsi Gyeonggi, pada 28 Mei 1998. Dahyun pertama kali menarik perhatian sebagai siswa kelas enam di sekolah dasar dengan tarian gereja bernama "tarian elang" yang ia posting di YouTube. Dahyun kemudian direkrut untuk menjadi trainee di JYP Entertainment setelah seorang pencari bakat melihat penampilannya di sebuah festival menari.

Tak disangka, pada saat itu Dahyun juga mengikuti audisi untuk agensi lain, yakni SM Entertainment dan YG Entertainment di saat yang bersamaan. Hebatnya lagi, 3 agensi terbesar di Korea itu seluruhnya menerima Dahyun untuk dijadikan sebagai trainee. Tapi, akhirnya Dahyun menjatuhkan pilihannya ke agensi JYP Entertainment.

Dahyun kemudian berlatih bersama rekan trainee lainnya selama lebih dari tiga tahun. Pada 2015 Dahyun berkompetisi di "Sixteen", sebuah acara televisi realitas yang dibuat untuk memilih anggota girl grup baru JYP Entertainment. Dahyun kemudian dipilih untuk bergabung dengan Twice, sebagai salah satu dari sembilan peserta yang berhasil dalam kompetisi.

2. Debut


Debut

Pada Oktober 2015, Twice secara resmi memulai debutnya dengan merilis mini-album pertama mereka, "The Story Begins". Dalam album debut ini, Dahyun dan Twice berpromosi dengan lagu utama berjudul "Like Ooh-Ahh".

Selain menyanyi biasa, Dahyun berperan sebagai salah satu rapper Twice, bersama dengan sesama anggota grup Chaeyoung. Kepopuleran Dahyun makin meningkat cepat pasca debut. Terbukti, dalam jajak pendapat musik tahunan Gallup Korea untuk 2017, Dahyun sukses terpilih sebagai idola ketujuh belas paling populer di Korea Selatan.

Selain itu Dahyun juga merupakan member yang multitalenta dan pintar memainkan alat musik termasuk piano. Dahyun juga mengakui kalau dia sangat suka memainkan piano. Menurutnya Dahyun, ketika ia memainkan piano maka ia bisa lebih rileks.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Puncak karir Dahyun diraih saat ia berpromosi bersama Twice. Pada tanggal 9 April 2018, Twice merilis album kelima mereka bertajuk "What Is Love?" dengan single dengan nama yang sama yang diproduksi oleh Park Jin-young. Album itu terjual 335.235 keping pada bulan pertama dan menjadikan Twice menjadi artis wanita pertama untuk mendapatkan sertifikasi Platinum oleh Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA), untuk penjualan lebih dari 250.000 album.

Twice juga membuat sejarah sebagai aksi K-pop wanita pertama yang mengadakan dome tur Jepang, bernama "Twice Dome Tour 2019: #Dreamday". Tur ini mengumpulkan total penonton 220.000 selama lima pertunjukan di Osaka, Tokyo dan Nagoya, dan diadakan pada bulan Maret dan April 2019.

Semua 220.000 tiket terjual habis dalam satu menit setelah penjualan tiket dimulai. Pada 22 April 2019, mereka merilis album ketujuh mereka bertajuk "Fancy You". Video musik "Fancy", yang mengumpulkan lebih dari 42,1 juta tampilan dalam satu hari, juga mencapai posisi ketujuh dalam daftar debut terbesar YouTube selama 24 jam pertama.

Perilisan "Fancy You" juga menjadikan Twice sebagai girl grup Korea terlaris sepanjang masa dengan total 3.750.000 keping terjual dari dua belas album Korea mereka. Hal ini melampaui rekor girl grup senior mereka, S.E.S yang berusia dua puluh tahun.

4. Aktivtas Solo


Aktivtas Solo

Sebelum debut bersama Twice, Dahyun kerap menjalani aktivitas solo meski statusnya masih menjadi trainee. Bersama dengan member Twice lain yakni Momo, Chaeyeong dah Tzuyu, Dahyun pernah tampil dalam MV GOT7 yang bertajuk "Stop Stop It".

Saat sudah debut pun, Dahyun juga kebanjiran job solo seperti menjadi MC beberapa acara. Dahyun diketahui ikut ambil bagian dalam "Idol Star Athletics Championship" ("ISAC") edisi spesial Imlek 2020. Namun bukan sebagai peserta, member Twice itu didapuk menjadi MC bersama Jun Hyun Moo dan Leeteuk Super Junior.

Dahyun sendiri merupakan member yang paling sering diundang di acara variety show lainnya. Bahkan, karena kepribadiannya yang supel dan kocak, ia pernah menjadi MC pengganti untuk acara "Weekly Idol".

5. Kontroversi


Kontroversi

Memiliki pekerjaan sebagai publik figur, kehidupan Dahyun tentu tak luput dari beberapa kontroversi. Pada November 2018, anggota parlemen Jepang sayap kanan Masaru Onodera mengkritik Dahyun karena mengenakan kaus yang dibuat oleh Marymond. Marymond sendiri merupakan sebuah organisasi yang mengumpulkan dana untuk membantu wanita penghibur, korban perbudakan seksual oleh Tentara Jepang Kekaisaran selama Perang Dunia II.

Dalam Tweet-nya, Onodera Masaru menuding Dahyun menggunakan kaus Marymond itu dengan tidak tepat. Keuntungan yang didapat dari penjualan kaus itu, telah digunakan untuk mendanai gerakan aktivis anti-Jepang. Tweet Onodera Masaru itu diketahui telah 15 ribu kali di-retweet. Buntutnya, media-media Jepang mulai mengkritik aksi Dahyun yang mengenakan kaus Marymond yang mereka nilai sebagai bentuk dukungan terhadap para korban wanita penghibur.

Menurut mereka, Dahyun telah mencemooh sikap baik Jepang yang telah membuatnya bersama TWICE, tampil di ajang Kohaku Uta Gassen. TWICE sendiri diketahui sebagai satu-satunya kelompok vokal asal Korea yang menerima 'kehormatan' bisa tampil di ajang konser musik terbesar tahunan di Jepang itu, dua kali. Setelah kejadian itu, The Korea Times mengkritik Park Jin Young selaku pendiri JYP Entertainment, karena gagal berbicara dalam pembelaannya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Dahyun sendiri saat ini sedang sibuk mempersiapkan proyek masa depan bersama grupnya, Twice. Seperti yang diketahui Twice dijadwalkan untuk menghibur penggemar dengan album baru yang bertajuk "More & More". Album ini dijadwalkan untuk rilis pada 1 Juni mendatang dengan lagu utama yang juga bertajuk "More & More".

Album ini sendiri nantinya akan terdiri dari 7 lagu secara total. Tujuh lagu itu termasuk lagu utama "More & More", "Oxygen", "Firework", "Let Me Go", "Shadow", "Don't Call Me Again" dan "Sweet Summer Day". Yang menarik perhatian, lagu utama Twice kali ini kembali ditulis oleh sang bos JYP Entertainment, Park Jin Young.

Terlihat, bahwa selain diproduksi oleh Park Jin Young, "More & More" juga ditulis, disusun, dan diproduksi oleh tim all-star talenta internasional, penyanyi R&B Korea BIBI, produser Inggris Uzoechi 'MNEK' Emenike, penyanyi-penulis lagu Amerika Justin Tranter dan Julia Michaels, dan bintang pop Swedia Zara Larsson.

Yang menarik perhatian lain adalah lagu yang bertajuk "Make Me Go". Terungkap bahwa salah satu membernya yakni Nayeon ikut menulis lirik lagu tersebut. Sementara itu member lain yakni Jungyeon dan Chaeyoung juga diketahui berpartisipasi sebagai penulis lirik untuk "Sweet Summer Day".

You can share this post!

Related Posts