Jusuf Kalla Prediksi Indonesia Baru Bisa Normal Kembali Dalam Waktu Minimal 3 Tahun
Nasional

Menurut Jusuf Kalla, kondisi Indonesia menjadi abnormal kala dilanda pandemi corona. Ia menyebut bahwa Indonesia akan memasuki fase new normal dan meminta agar masyarakat bersiap menghadapinya.

WowKeren - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memperkirakan kapan kondisi Indonesia dapat kembali normal semenjak dihantam pandemi corona (COVID-19). Menurut Jusuf Kalla, perlu waktu minimal 3 tahun untuk dapat mengembalikan kondisi Tanah Air seperti sedia kala karena masih dibutuhkan waktu untuk menemukan vaksin corona.

"Itu minimum 3 tahun. Ngitungnya gimana? Kalau vaksin ditemukan paling cepat Februari (2021), setelah itu mesti produksi. Kalau penduduk (dunia) 7 miliar, kira-kira 5 miliar harus divaksin," ungkap Jusuf Kalla dalam diskusi bertema "The New Normal Indonesia: Apa Maksudnya, Sudah Waktunya, Apa Agenda Semestinya?" pada Sabtu (30/5) hari ini. "Kalau penduduk Indonesia 270 (juta), mungkin 250 (juta) harus vaksin."

Menurut Jusuf Kalla, kondisi Indonesia menjadi abnormal kala dilanda pandemi corona. Ia menyebut bahwa Indonesia akan memasuki fase new normal dan meminta agar masyarakat bersiap menghadapinya.

Dalam fase ini, masyarakat diharapkan terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan juga mencuci tangan. "Jadi new normal itu menyesuaikan kehidupan dengan kondisi kewaspadaan," tutur Jusuf Kalla.


Lebih lanjut, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut juga menjelaskan bahwa penerapan new normal dapat berbeda-beda di setiap daerah. Hal tersebut tergantung pada kesiapan dan syarat yang dipenuhi daerah.

"Saya hitung ini kalau kita masuk new normal ini berbeda-beda. Mungkin new normal di Jakarta mungkin bulan depan Juli," jelas Jusuf Kalla. "Tapi Surabaya bisa bulan berikutnya. Atau di tempat lain beda lagi. Karena itu sesuai perhitungan perhitungan epidemiologi dan sebagainya."

Selain itu, Jusuf Kalla juga kembali mengingatkan bahwa kemungkinan kondisi normal masih akan membutuhkan waktu. Negara-negara lain kini juga masih menunggu adanya vaksin corona.

"Jadi siap-siaplah Bapak-bapak ini siapkan masker 3 tahun. Siapkan jarak 3 tahun," pungkas Jusuf Kalla. "Itung-itungan new normal setelah vaksin itu ditemukan. Ya lama-lama juga tidak terasa lah."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru