Kate Middleton Ternyata Bakal Rebut Gelar Putri Diana dan Camilla Sekaligus Jika William Naik Takhta
Getty Images
Selebriti

Pakar Kerajaan menyebut Kate akan mendapatkan gelar Princess of Wales milik Putri Diana dan Duchess of Cornwall milik Camilla jika William naik takhta. Begini penjelasannya.

WowKeren - Sudah menjadi rahasia umum kalau sang Duchess of Cambridge, Kate Middleton, menjadi salah satu bangsawan favorit rakyat Inggris. Bahkan tak jarang, istri Pangeran William tersebut dianggap memiliki kemiripan dengan mendiang Putri Diana dan dinilai jauh lebih layak menjadi Ratu Inggris selanjutnya dibandingkan Camilla, istri Pangeran Charles.

Terkait masalah ini, rupanya laporan terbaru menyebut bahwa nantinya Kate kemungkinan akan merebut gelar milik Putri Diana dan Camilla sekaligus. Pakar Kerajaan menyebut Duchess of Cambridge ini akan mendapatkan gelar Princess of Wales milik Diana dan Duchess of Cornwall milik Camilla jika William naik takhta.

Dilansir dari Express.co.uk, Pangeran William diketahui menjadi pewaris takhta kedua di garis keturunan Kerajaan Inggris setelah ayahnya, Pangeran Charles. Jika nanti Charles menjadi Raja Inggris dan menggantikan Ratu Elizabeth II, maka William akan menerima gelar yang kini dipegang oleh sang ayah, yaitu Prince of Wales.

Dengan begitu, istri Pangeran William, Kate Middleton akan menggantikan posisi Putri Diana sebagai Princess of Wales. Situasi ini tentunya mau tak mau membuat Kate menjadi bangsawan pertama yang akan mewarisi gelar Putri Diana. Pasalnya, Camilla selaku istri kedua Charles dilarang menggunakan gelar tersebut.

Camilla diberikan gelar yang jauh lebih rendah daripada Pangeran Charles, yakni Duchess of Cornwall. Menurut aturan Kerajaan, gelar Princess of Wales tak boleh dipakai lagi karena berkaitan dengan istri pertama Charles. Kecuali jika Charles mewariskan gelar Prince of Wales miliknya pada penerusnya. Sedagkan bagi Kate Middleton, gelar Princess of Wales tersebut masih bisa memungkinkan dimilikinya apabila suaminya naik menjadi putra mahkota.

Sementara itu, menurut pakar Kerajaan MacMarthanne yang menulis disertasi doktoral terkait monarki Inggris, ada kemungkinan Kate menerima gelar Duchess of Cornwall. Pasalnya, nanti William akan menerima gelar Duke of Cornwall serta Duke of Rothesay jika menjadi putra mahkota. Dan sebagai pasangannya, Kate tentu akan menerima gelar Duchess of Cornwall serta Duchess of Rothesay.


"Ketika Charles mewarisi takhta, Duke of Cambridge otomatis menjadi Duke of Cornwall dan Duke of Rothesay, dibanding gelar-gelar lain untuk putra mahkota," katanya. "Istrinya, Catherine (Kate) akan menjadi Duchess of Cornwall dan Duchess of Rothesay. Gelar kebangsawanan itu akan menjadi tambahan pada Cambridge yang telah diberikan pada mereka."

Namun perlu dicatat, gelar Prince of Wales sendiri tidak secara otomatis akan jatuh pada William. Pemberian gelar tersebut sepenuhnya akan tergantung pada keputusan Pangeran Charles jika naik takhta nanti.

"Gelar Prince of Wales tak bisa langsung diasumsikan secara otomatis pada putra mahkota dan tetap menjadi hadiah dari monarki," jelas pakar Kerajaan tersebut. "Misalnya dalam kasus Charles, ibunya Ratu Elizabeth II lah yang memberikan gelar Pangeran Wales pada tahun 1958."

"Ketika Duke of Cambridge diganti Prince of Wales, Catherine akan otomatis menjadi Princess of Wales," imbuhnya lagi. "Begitu juga, dengan suksesi William (menggantikan Charles), Catherine akan menjadi permaisuri."

Adapun untuk Camilla sendiri, nantinya ia tak akan menyandang gelar Ratu meskipun nantinya suaminya diangkat sebagai Raja Inggris. Pihak Istana sebenarnya sudah mengumumkan bahwa sang Duchess of Cornwall tak akan mendapatkan gelar Ratu seperti yang seharusnya. Disebutkan bahwa Camilla akan menyandang gelar Princess Consort (Putri Permaisuri) jika Charles menjadi Raja Inggris nanti.

Bukan tanpa alasan, rupanya gelar ini diberikan lantaran Kerajaan Inggris tak mau menimbulkan masalah berkepanjangan, baik di kalangan bangsawan lain maupun publik. Seperti yang diketahui, sampai saat ini mayoritas rakyat Inggris belum bisa menerima Camilla sepenuhnya usai kematian tragis yang menimpa mendiang istri Pangeran Charles sebelumnya, Putri Diana.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts