Susul Oscar, Ajang Penghargaan Golden Globes 2021 Ikut Mundur Akibat Pandemi Corona
Getty Images
Film

Golden Globe Awards biasanya diadakan pada hari Minggu pertama pada Januari sebagai awal dari musim penghargaan di Hollywood. Namun akibat pandemi corona, ajang penghargaan ini diundur hingga akhir Februari.

WowKeren - Hollywood Foreign Press Association (HFPA) menyebutkan bahwa ajang penghargaan Golden Globes 2021 akan digelar pada 28 Februari mendatang, atau mundur nyaris dua bulan dari tanggal semestinya.

Seperti yang diketahui, Golden Globe Awards biasanya diadakan pada hari Minggu pertama pada Januari sebagai awal dari musim penghargaan di Hollywood. Mestinya, Golden Globe 2021 digelar 3 Januari mendatang. Namun akibat adanya pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia membuat produksi film dan televisi tertunda.

Dengan lumpuhnya industri sinema, maka sudah tentu tak ada katalog film selama pandemi berlangsung. Banyak rumah produksi yang memilih memundurkan jadwal tayangnya hingga tahun depan yang mana membuat box office tahun ini jadi lebih sepi dari biasanya, sehingga ajang penghargaan pun turut diundur.

"Untuk mengakomodir produksi film dan televisi baik domestik dan internasional, HFPA akan menyediakan panduan lebih lanjut terkait pendaftaran, periode voting, dan waktu pengumuman nominasi hasil revisi dalam beberapa minggu ke depan," kata perwakilan HFPA, dikutip dari Variety pada Selasa (23/6).


Jadwal baru Golden Globe 2021 ini merupakan tanggal asli penyelenggaraan Oscar 2021 yang kini telah mundur ke 25 April. Tanggal baru Golden Globe 2021 ini juga berarti bahwa hasil dari Golden Globe bisa memengaruhi nominasi Oscar, karena proses pemilihan nominasi Oscar 2021 tak akan dimulai hingga pekan pada 5 Maret.

Sebelumnya, Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar lebih dulu mengumumkan pengunduran ajang bergengsi tersebut. Oscar 2021 diundur dari 28 Februari menjadi 25 April untuk memberikan waktu bagi para sineas yang terkena dampak pandemi COVID-19. Melalui sebuah pernyataan resmi, Presiden AMPAS David Rubin dan CEO Dawn Hudson juga mengumumkan kelonggaran syarat film yang layak ikut serta dalam Oscar.

Sebelumnya, AMPAS sebagai pihak penyelenggara menetapkan bahwa satu film harus sudah dirilis paling lambat 31 Desember 2020 jika ingin berlaga di Oscar. Namun kini, satu film panjang masih bisa ikut serta di ajang Oscar jika dirilis dalam rentang waktu 1 Januari 2020 sampai 28 Februari 2021. Meski demikian, semua film kategori umum harus sudah didaftarkan selambat-lambatnya pada 15 Januari 2021.

Kabar mengenai rencana penundaan Oscar ini sudah beredar sejak akhir Mei lalu. Kala itu, seorang sumber mengatakan bahwa pihak Academy sedang mempertimbangkan untuk memundurkan acara penganugerahan. Pertimbangan ini mencuat karena sederet film terpaksa tunda tayang karena bioskop di Amerika Serikat tutup demi mencegah penyebaran virus corona.

Pada bulan April lalu, AMPAS juga sudah mengubah aturan kelayakan untuk Oscar 2021 setelah pandemi virus corona membawa dampak ke industri perfilman. Mereka menangguhkan sementara syarat penayangan film di bioskop untuk kelayakan lolos seleksi, dan ingin menunda ajang tersebut selama sekitar empat bulan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait